Berbagai Media Sosial DOKU, Ini Alasan Dibedakan

Platform Media Sosial DOKU

Media sosial bisa menjadi saluran pemasaran yang baik untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Seperti data Hubspot, sebanyak 53% pemasar berpendapat bahwa media sosial adalah taktik yang paling efektif untuk menghasilkan prospek. Untuk mencapai tujuan komunikasi perusahaan, maka media sosial juga perlu dibedakan sesuai tujuannya masing-masing. Tidak hanya efektif, media sosial juga merupakan platform dengan biaya pemasaran konten yang lebih murah 62% daripada pemasaran tradisional, untuk itu media sosial merupakan pilihan yang paling strategis bagi perusahaan.

Sebuah konten digital bisa jadi strategi tepat bagi pebisnis di era digital seperti sekarang. Besarnya populasi dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet adalah peluang yang tepat bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis melalui platform media sosial. Dengan adanya media sosial bagi perusahaan, maka bisa digunakan untuk menciptakan publisitas, mengelola hubungan pelanggan maupun stakeholder sehingga mereka bisa mendapatkan feedback dari audience.

Perusahaan umumnya mengelola berbagai platform media sosial untuk memperluas jangkauan dan interaksi dengan audiens mereka. Misalnya, perusahaan di sektor teknologi finansial (fintech) yang memanfaatkan Twitter untuk berkomunikasi secara real-time dengan pengguna mereka. Twitter menjadi saluran efektif untuk menanggapi pertanyaan atau keluhan pelanggan secara cepat, sementara Instagram memberikan peluang untuk berbagi konten visual menarik terkait promosi atau inovasi layanan. 

Di sisi lain, perusahaan di sektor FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) dan marketplace, juga memilih Instagram atau Facebook untuk mempromosikan produk dengan konten yang menarik dan menjangkau audience lebih luas. Dengan pendekatan multiplatform ini, perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran dan komunikasi mereka, serta membangun keberagaman yang strategis dalam berbagai platform media sosial.

Ragam Platform Media Sosial DOKU

DOKU, Perusahaan Fintech Pembayaran yang mengawali bisnisnya sebagai payment gateway untuk enterprise  di Indonesia ini memiliki beberapa akun media sosial di beragam platform yakni Instagram dan Twitter. Setiap akun media sosial DOKU memiliki tujuan, persona dan audience yang berbeda yang tentunya sesuai dengan target market yang dituju. 

1. Instagram @DOKUid 

@DOKUid merupakan Instagram resmi yang memayungi platform media sosial DOKU lainnya. Platform ini merupakan muara dari keseluruhan komunikasi dan keberadaan DOKU di media sosial. Profil followersnya pun beragam, mulai dari tech company, tech worker, enterprise dan masyarakat umum. 

Dengan mengikuti instagram, facebook, LinkedIn dan Youtube @DOKUid, Anda akan selalu mendapatkan wawasan terbaru seputar inovasi terkini dalam industri pembayaran digital dan berita terkini tentang produk dan layanan DOKU hingga aktivitas korporasi yang dilakukan oleh DOKU. 

2. Instagram @DOKUdotpromo

Platform media sosial berikutnya adalah Instagram @DOKUdotpromo. Instagram DOKU yang satu ini dibuat sebagai media aktivasi untuk mempromosikan merchant-merchant DOKU melalui campaign reguler di setiap bulannya. Campaign yang dijalankan oleh DOKU pun cukup beragam sesuai dengan kebutuhan strategi marketing untuk mendukung merchant dalam meningkatkan transaksi sekaligus meningkatkan eksposur produk merchant. 

Melalui instagram resmi DOKU ini, @DOKUdotpromo berkomitmen untuk menyajikan berbagai konten promosi yang informatif dan relevan, sehingga memungkinkan audience yang tertarik untuk selalu mengetahui beragam promosi yang ditawarkan oleh partner DOKU melalui akun @DOKUdotpromo. Melalui visual yang menarik, penawaran eksklusif, dan informasi yang mudah diakses, followers DOKU atau yang biasa disebut Sobat DOKU, dapat merasakan manfaat layanan serta informasi yang beragam setiap bulannya. Upaya DOKU untuk membangun hubungan yang kuat dengan audience media sosial ini diharapkan bisa memberikan nilai tambah, dan tetap menjadi sumber utama informasi yang up to date tentang promosi terbaru dari DOKU dan juga para merchant.

Baca juga:

Tips Personalisasi Akun DOKU e-Wallet yang Sat Set!

8 Strategi Social Media Marketing Untuk Bisnis

Ini Perbedaan DOKU, Juragan DOKU & DOKU e-Wallet

3. Twitter @DOKUid

Twitter @DOKUid merupakan platform media sosial yang dikhususkan untuk penanganan kendala yang dialami oleh pengguna DOKU e-Wallet. DOKU memahami betapa pentingnya layanan pengguna yang responsif dan efisien, itulah sebabnya DOKU menyediakan platform media sosial ini agar pengguna terhubung langsung dengan Tim CARE dari DOKU. Anda bisa menyertakan data verifikasi dan kronologi singkat pengaduan kepada TIM Care untuk bisa ditindaklanjuti.

Twitter @DOKUid tidak hanya menangani keluhan, tetapi juga memberikan solusi cepat dan tepat terhadap pertanyaan atau masalah yang mungkin dialami oleh pengguna terkait layanan DOKU. DOKU percaya dengan menyediakan platform ini, maka dapat memperkuat hubungan dengan pengguna, meningkatkan kualitas layanan, dan menjadikan pengalaman berbisnis dengan DOKU semakin lancar dan terpercaya.

Selain melalui twitter, pusat bantuan DOKU juga tersedia melalui telepon dan email, seperti berikut:

  • Telp: 1500963 (Senin – Jumat (Hari Kerja), pukul 08.00 – 17.00 WIB)
  • Email: care@doku.com (Layanan 24 jam)

Untuk layanan DOKU bagi pemilik bisnis enterprise, bisa menghubungi PIC Sales DOKU melalui email di sales@DOKU.com.

4. Instagram @JuraganDOKU

Juragan DOKU adalah inovasi dari inisiatif DOKU yang menyasar pebisnis UMKM. Hadirnya Juragan DOKU bisa jadi solusi bagi para social sellers untuk terima transaksi lebih efisien, cepat dan sukses melalui produk layanan pembayaran DOKU. Juragan DOKU bisa diakses melalui website maupun aplikasi yang bisa di download di Apple Store dan Play Store. Adapun fitur yang ditawarkan oleh Juragan DOKU seperti payment link, instant checkout, QRIS dan e-katalog. Untuk mendukung strategi pemasaran Juragan DOKU, maka penting untuk memiliki platform media sosial.

Instagram @JuraganDOKU hadir sebagai platform yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan merchant DOKU, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta social sellers. Platform media sosial Juragan DOKU tak hanya hadir sebagai wadah untuk mempromosikan Aplikasi Juragan DOKU dan fitur-fiturnya yang solutif, tapi juga kedepannya sebagai media promosi payment gateway bagi UMKM. 

Instagram Juragan DOKU juga menyajikan konten yang bersifat edukatif dan informatif. Audience bisa mendapatkan berbagai tips dan solusi atas masalah yang sering dihadapi oleh pebisnis UMKM khususnya saat terima pembayaran serta panduan praktis untuk memaksimalkan penggunaan Aplikasi Juragan DOKU. Melalui konten-konten tersebut, DOKU dapat membantu social sellers untuk memajukan bisnisnya ke level berikutnya, sembari memperluas manfaat dari Aplikasi Juragan DOKU.

Secara keseluruhan, media sosial bisa dijadikan alat edukasi, membangun reputasi dan pemasaran produk dan layanan bagi perusahaan, seperti DOKU. Data menunjukkan bahwa media sosial tidak hanya efektif dalam menghasilkan prospek, tetapi juga lebih ekonomis dibandingkan pemasaran tradisional. Penting untuk diingat bahwa setiap platform media sosial memiliki tujuan dan audiens yang berbeda, seperti yang terlihat pada akun Instagram, Twitter, dan platform lainnya milik DOKU. Pemilihan platform yang tepat sesuai dengan tujuan bisnis menjadi kunci. Dengan memanfaatkan keberagaman platform media sosial, perusahaan dapat mencapai tujuan komunikasi mereka secara strategis.