7 Brand Terkenal yang Sukses Menerapkan Omnichannel Marketing

omnichannel marketing

7 brand populer ini adalah bukti bahwa strategi omnichannel marketing menawarkan banyak manfaat bagi bisnis, terutama meningkatkan loyalitas pelanggan

Tak bisa disangkal, konsumen zaman sekarang mengharapkan pengalaman yang lebih fleksibel, mudah, dan cepat dalam berinteraksi dengan sebuah brand. Nah, omnichannel marketing bisa menjadi alat penting perusahaan untuk mempertahankan pelanggan. Strategi pemasaran ini bisa meningkatkan kepuasaan dan loyalitas pelanggan secara konsisten.

Sudah banyak brand terkenal yang sukses dengan strategi pemasaran omnichannel. Mulai dari merek ritel hingga perusahaan penerbangan. Apa keuntungan yang bisa didapat melalui teknik pemasaran ini? Yuk pahami penjelasannya berikut!

Read More: 4 Contoh Segmentasi Pasar Agar Pemasaranmu Lebih Tertarget

Apa Itu Omnichannel Marketing

Omnichannel merupakan saluran komunikasi universal yang menggabungkan berbagai jenis kanal komunikasi efektif ke dalam satu antarmuka. Tidak hanya fokus pada saluran yang digunakan, omnichannel juga fokus menciptakan interaksi yang konsisten dan terkoordinasi dengan konsumen.

Strategi ini adalah pengembangan dari multichannel marketing, sehingga menghasilkan interaksi yang lebih maksimal dan menciptakan hubungan perusahaan-pelanggan yang berkesinambungan.

Sederhananya, omnichannel marketing adalah strategi mengintegrasikan berbagai platform untuk tujuan branding, membangun loyalitas pelanggan, dan menjalin komunikasi jangka panjang dengan pelanggan. Selain itu, kamu bisa memberi opsi pada pelanggan untuk berinteraksi menggunakan platform apa pun yang mereka sukai. Mulai dari media sosial, aplikasi chatting, sampai customer service.

Manfaat Omnichannel Marketing

Makin banyak perusahaan yang mengadopsi strategi pemasaran ini untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Apa manfaatnya bagi bisnis kamu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan kepuasan konsumen

Dalam penerapan pemasaran omnichannel, pihak brand memperhatikan setiap detail interaksi dengan konsumen, mulai dari saluran komunikasi, informasi produk yang akurat, hingga proses pembayaran. Dengan memberikan pengalaman yang mulus dan konsisten di semua kanal, konsumen akan merasa lebih puas dengan layanan yang diberikan. Hasilnya, kepercayaan konsumen akan meningkat dan risiko kekecewaan dapat dihindari.

2. Meningkatkan penjualan

Alat marketing ini dapat membantu meningkatkan penjualan karena memudahkan konsumen untuk membeli produk di berbagai kanal, seperti toko fisik, online, atau melalui aplikasi.

Misalnya, konsumen bisa memeriksa stok produk di toko fisik sebelum memutuskan untuk membeli secara online atau sebaliknya. Dalam hal ini, omnichannel marketing membantu merek untuk meningkatkan kesempatan konsumen untuk membeli produk dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

3. Meningkatkan loyalitas konsumen

Mendapatkan pengalaman yang konsisten dan mudah di semua kanal tentu membuat konsumen merasa lebih dekat dengan brand kamu dan lebih mungkin untuk menjadi pelanggan setia.

4. Meningkatkan efektivitas pemasaran

Pemasaran omnichannel meningkatkan efektivitas marketing campaign dengan menjangkau lebih banyak konsumen dan memperluas jangkauan merek. Dalam jangka panjang, alat marketing ini membantu brand kamu menarik lebih banyak konsumen, meningkatkan kesadaran merek, menciptakan nilai tambah bagi konsumen, dan meningkatkan reputasi merek.

5. Meningkatkan analisis data

Kamu bisa mengumpulkan data dari berbagai kanal dan menggunakannya untuk meningkatkan strategi pemasaran dan pengambilan keputusan yang lebih baik di masa depan. 

Informasi yang terkumpul tersebut bisa dipakai dalam memahami perilaku konsumen, preferensi, serta kebutuhan mereka. Jadi, kamu bisa menyesuaikan strategi pemasaran lanjutan dan mengembangkan strategi tersebut menjadi lebih efektif untuk target pasar kamu.

7 Brand yang Sukses dengan Omnichannel Marketing

Beberapa brand populer telah berhasil menerapkan strategi ini dan dengan mulus mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi, seperti toko fisik, online, aplikasi, dan media sosial. Apa saja nama brand  tersebut?

1. Starbucks

Starbucks punya aplikasi mobile rewards yang mengintegrasikan pengalaman di dalam toko dengan pengalaman seluler untuk menciptakan kenyamanan konsumen. Aplikasi rewards tersebut bisa digunakan sebagai alat pembayaran di gerai dengan imbalan poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan menu gratis. Tidak hanya itu, konsumen tidak perlu mengantre karena bisa memesan lebih dulu melalui aplikasi.

Selain itu, pengguna juga bisa memiliki kartu member berbentuk fisik yang dapat dipakai sebagai alat pembayaran dan dapat diisi ulang dengan mudah melalui ponsel maupun komputer desktop.

2. Sephora

Retailer kecantikan nomor 1, Sephora, sering masuk dalam daftar merek omnichannel terbaik karena mereka menggabungkan pengalaman online dan toko fisik dengan sangat baik. Ada beberapa pelayanan menarik di toko offline, seperti tip kecantikan, sales people yang siap membantu, makeover gratis, dan tentu saja produk yang dapat dicoba.

Secara online, pelanggan dapat menggunakan akun Beauty Bag mereka untuk melacak pembelian, menyimpan daftar keinginan, melihat tutorial, memindai produk ketika berada di toko offline, dan banyak lagi. 

3. Nike

Merek sepatu populer Nike berhasil mengintegrasikan seluruh saluran pemasaran mereka, mulai dari situs web hingga aplikasi mobile. Dengan memanfaatkan data dari pemasaran omnichannel, Nike juga kerap membuat marketing campaign yang personal dan relevan bagi konsumen mereka. 

4. Apple

Adalah salah satu merek teknologi yang sukses menerapkan teknik omnichannel marketing dengan memanfaatkan toko fisik, online, aplikasi, dan media sosial. Apple juga memiliki program loyalti, yaitu Apple Card, yang memungkinkan konsumen untuk mengumpulkan poin reward setiap kali menggunakan kartu tersebut, baik di toko fisik maupun online. Beragam manfaat eksklusif pun bisa dinikmati, termasuk diskon dan cashback.

5. Zara

Zara adalah merek fashion yang juga memanfaatkan strategi omnichannel melalui toko online, toko fisik, aplikasi mobile, dan media sosial untuk memudahkan konsumen dalam mencari dan membeli produk mereka. Selain itu, mereka juga memiliki fitur ‘click and collect‘ yang memungkinkan konsumen untuk memesan produk secara online dan mengambilnya di toko fisik, sehingga memberi pengalaman yang lebih mudah dan fleksibel.

6. Singapore Airlines

Tidak terbatas pada perusahaan dan bisnis ritel, perusahaan penerbangan juga bisa dan sukses menerapkan strategi omnichannel marketing. Maskapai penerbangan Singapore Airlines misalnya, yang selalu dipuji karena inovasi mereka.

Singapore Airlines bekerja sama dengan bandara serta pusat belanja yang terintegrasi AOE untuk memberi opsi yang lebih mudah bagi pelanggan dalam berbelanja, melakukan pre-order, hingga mendapat loyalty reward.

7. Disney

Siapa yang tak tahu Disneyland dan Disney Park? Bisa dibilang, Disney adalah juara dalam pemasaran omnichannel karena mereka menguasai trik pemasaran ini dengan sangat baik hingga pada detail terkecil.

Pengalaman pengunjung dimulai dengan situs web, kemudian berlanjut ke aplikasi My Disney Experience yang dapat digunakan untuk merencanakan setiap detail perjalanan. Setibanya di lokasi, pengunjung dapat menggunakan aplikasi untuk mencari tahu wahana dan atraksi, bahkan melihat waktu antrean wahana-wahana populer.

Tidak hanya itu, ada juga MagicBand, yakni gelang yang memungkinkan pengunjung untuk:

  • Masuk ke area Disney.
  • Membuka pintu kamar hotel.
  • Check-in di pintu masuk FastPass untuk wahana.
  • Membayar makanan dan barang-barang di kamar hotel mereka.

Dari ulasan omnichannel pada nama-nama brand di atas, bisa dilihat bahwa dengan memahami perilaku konsumen dan mengintegrasikan kanal-kanal pemasaran dengan tepat, mereka berhasil meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan sekaligus meningkatkan konversi dan penjualan.

Lalu, bagaimana bila kamu baru saja memulai bisnis? Tidak perlu khawatir, omnichannel marketing juga bisa diterapkan oleh usaha kecil. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!