Emotional Marketing, Strategi yang Ampuh Menarik Minat Konsumen

emotional marketing

Ingin produkmu laris di pasaran? Coba terapkan emotional marketing. Strategi ini dipercaya efektif dalam menarik minat konsumen.

Pernah dengar tentang emotional marketing? Cara ini dianggap cukup ampuh dalam mendatangkan konsumen untuk bisnismu, lho! Tidak hanya itu, strategi ini juga membuat hubungan antara konsumen dan perusahaan terjalin dengan baik.

Sesuai dengan namanya, metode emotional marketing melibatkan perasaan emosional dari sisi pelanggan. Bukan sembarang emosi, ternyata sisi emosional konsumen dalam hal ini malah bisa membuat bisnismu terus tumbuh bahkan tetap bertahan dari waktu ke waktu.

Lantas, seperti apa sebenarnya strategi marketing ini? Bagaimana pula langkah-langkah penerapannya?

Read More: 14 Cara Follow up Customer Agar Kamu Bisa Closing

Apa yang Dimaksud dengan Emotional Marketing?

Sebelum mengetahui lebih jauh, kita pahami dahulu definisi metode pemasaran yang satu ini. Dilansir dari HubSpot, marketing emosional adalah sebuah cara dalam pemasaran dan periklanan yang melibatkan sisi emosional pelanggan. 

Tujuannya tidak lain adalah supaya audiens memperhatikan suatu brand, mengingatnya, hingga kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian.

Faktanya, emosi memang merupakan bagian dalam diri manusia yang sangat memengaruhi seseorang untuk melakukan sebuah tindakan. Beberapa contoh perasaan yang umum kita alami adalah bahagia, kecewa, dan marah. 

Maka, tidak mengherankan ketika kamu menerapkan pendekatan ini, audiens akan merasa dipahami sehingga lebih besar kemungkinan untuk membeli produkmu.

Mengapa Kamu Harus Coba Strategi ini Dalam Bisnis?

Lantas, seberapa efektif emotional marketing dalam meningkatkan penjualan? Kenapa sih pebisnis harus mencoba menerapkan metode ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan lima keunggulan dari keterlibatan sisi emosional audiens.

1. Produk menjadi lebih mudah diingat

Saat ini, iklan dari macam-macam produk membanjiri berbagai kanal media. Sayangnya, hal ini justru membuat promosi tersebut cenderung terlupakan begitu saja oleh audiens.

Namun, dengan melibatkan sisi emosional khalayak, iklan produkmu akan terasa lebih berkesan sehingga mudah diingat.

Iklan yang membangkitkan perasaan senang atau sedih akan membuat orang terhubung secara emosional. Dengan begitu, mereka akan lebih mengingat iklan tersebut beserta produk yang dipromosikan. Inilah yang dinamakan dengan brand awareness.

2. Konten marketingmu akan menyebar lebih luas

Saat ini, orang menghabiskan banyak waktu bermain media sosial. Kondisi tersebut menjadikan media sosial sebagai tempat yang efektif untuk mempromosikan berbagai macam produk.

Manfaatkan hal ini dengan membuat iklan yang unik dan menarik. Konten yang relate dengan kehidupan banyak orang otomatis akan disukai sehingga sering dibagikan di berbagai kanal. 

Produk pun akan makin dikenal luas. Pada akhirnya, brand awareness turut meningkat berkat banyaknya orang yang menekan tombol share secara sukarela. 

3. Memengaruhi keputusan untuk membeli

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, konsumen tentu memiliki sejumlah pertimbangan. Dari beberapa pilihan barang yang harga dan kualitasnya setara, konsumen akan lebih memilih yang punya ikatan emosional dengan dirinya. 

Karena itu, dapat disimpulkan bahwa strategi emotional marketing turut membantu meningkatkan penjualan produk.

4. Memberikan inspirasi

Metode pemasaran ini tidak hanya memengaruhi pikiran audiens untuk membeli produk. Lebih jauh lagi, ia bisa menggerakkan orang untuk melakukan suatu tindakan. 

Nilai edukasi atau campaign tertentu yang disampaikan dalam iklan akan menjadi inspirasi bagi viewers untuk melakukan hal yang serupa. 

Contohnya saja, pesan bahwa makan sehat bisa mendatangkan hidup yang lebih berkualitas sehingga kita dapat menikmati kebersamaan lebih lama dengan orang tersayang. 

Penyajian iklan yang menyentuh sisi emosional akan membuat penonton melakukan langkah-langkah makan sehat, seperti mengatur pola makan, memilih menu bernutrisi, dan sebagainya.

  1. Menumbuhkan loyalitas

Jika merasa kebutuhannya dipahami, konsumen akan bersikap loyal pada sebuah produk. Bahkan, para pelanggan setia ini akan dengan senang hati merekomendasikan produk pada orang terdekat. 

Keberadaan konsumen loyal tentu sangat menguntungkan sebuah usaha. Agar lebih maksimal, loyalitas ini perlu didukung dengan adanya loyalty program.

5 Langkah Menerapkan Strategi Emotional Marketing

Tertarik menggunakan metode emotional marketing untuk bisnis kamu? Lalu, tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk menerapkannya? Lakukan 5 hal ini agar konsumen makin loyal dan penjualan terus meningkat.

1. Kenali audiens dengan baik

Cara untuk mengenali karakter audiens adalah dengan melakukan riset pasar. Melalui riset, kamu bisa mengetahui kecenderungan pelanggan serta jenis emosi yang berkaitan erat dengan produk.

Setelah memahami segmentasi pasar, kamu juga harus mengenali macam-macam sifat pembeli saat berbelanja, misalnya tipe banyak pertimbangan dan tipe impulsif. 

Dengan pendekatan yang tepat, kamu bisa memaksimalkan penjualan bahkan dari si banyak pertimbangan sekali pun. 

Strategi yang umumnya dipakai untuk menggaet tipe konsumen seperti ini adalah kata-kata seperti penawaran terbatas, penawaran terakhir, dan lainnya.

2. Mengangkat tema inspiratif

Selanjutnya, buatlah konsep yang mengangkat tema inspiratif dan tentunya berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan. Tema seperti ini biasanya melibatkan unsur komitmen dan tujuan hidup. 

Beberapa contohnya adalah permasalahan lingkungan, isu sosial, dan tuntutan hidup sehat.

3. Menampilkan lokasi

Selain media sosial, kampanye brand juga dapat dilakukan melalui tatap muka atau kampanye lokal. Jika punya kesempatan seperti ini, kamu bisa menampilkan lokasi tempat kampanye untuk menarik perhatian khalayak yang tinggal di sana.

Langkah ini dapat menimbulkan perasaan emosional orang-orang sekitar dan merasa terhubung dengan brand. Selain itu, mereka juga bisa bertemu dengan orang yang memiliki ketertarikan serupa dalam kampanye lokal.

4. Membuat narasi menarik

Narasi yang menarik sangat penting untuk membuat iklan menjadi efektif. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan gaya bercerita dengan bahasa yang interaktif untuk menarik minat audiens. 

Dengan adanya kesan pertama yang baik, mereka pun akan merasa terhubung dengan iklan produkmu. 

Selain menggunakan gaya bahasa bercerita atau storytelling, jangan lupa sematkan kalimat call to action. Hal ini membuat iklan terasa lebih persuasif dan memiliki power untuk menggerakkan audiens.

Trik lain untuk membuat narasi yang menarik adalah menggunakan bahasa yang menimbulkan perasaan tertentu seperti kaget atau penasaran. Penuturan seperti ini dikenal dengan istilah clickbait. 

Narasi ini akan memancing rasa ingin tahu sehingga orang membuka iklan sebuah produk. Salah satu ciri clickbait adalah mengandung klaim, seperti terbaik, terlaris, dan lain sebagainya. 

5. Sertakan testimoni

Tidak sedikit orang yang lebih percaya testimoni dari orang terdekat ketimbang bahasa iklan. Jadi, sertakan juga testimoni atau ulasan positif dari pelanggan sebelumnya. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan popularitas tokoh ternama atau influencer untuk membuat rekomendasi produk. 

Hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan orang untuk memakai produk yang sudah direkomendasikan. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan penjualan produk.

Jadi, jika kamu ingin bisnismu terus berkembang dan mendapat lebih banyak konsumen loyal, strategi emotional marketing sangat layak dicoba. Dengan menerapkan metode ini secara konsisten, peluang sukses dalam berbisnis pun semakin terbuka lebar. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!