Karakter Pasar Bisnis dan 5 Tipenya: Kenali Agar Tak Salah Target!

pasar bisnis adalah

Pasar bisnis adalah salah satu pasar yang diincar oleh para penyedia barang maupun jasa. Pahami pasar ini agar tidak salah menentukan target dalam berbisnis.

Dalam dunia usaha, kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah pasar. Pasar merujuk pada tempat barang atau jasa diperjualbelikan. Menentukan pasar yang tepat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik usaha agar proses pemasarannya tidak salah sasaran. Pasar bisnis adalah salah satu jenis pasar yang sering ditargetkan. Namun, tahukah kamu yang dimaksud dengan pasar bisnis? Jika kamu mengira bahwa pasar bisnis berarti pasar untuk segala macam bisnis usaha, wajib buatmu untuk terus menyimak artikel ini.

Read More: Kenali Potensi Influencer Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis UMKM

Pasar Bisnis Berbeda dengan Pasar Konsumen

Meskipun sama-sama melibatkan aktivitas jual-beli antara pihak penjual dengan pembeli, kedua pasar ini memiliki perbedaan dasar yang mudah dikenali. Berikut inilah di antaranya:

  1. Pasar bisnis adalah pasar yang menargetkan para pelaku bisnis sebagai pembeli. Tentu saja hal ini berbeda dengan pasar konsumen yang menargetkan pengguna dari produk atau jasa yang ditawarkan. Akibatnya, metode penjualan dan layanan ke pasar bisnis sudah tentu berbeda dengan pasar konsumen.
  2. Dalam pasar bisnis, orientasi pembeli diarahkan untuk mencapai target perusahaan. Dengan demikian, pertimbangan pembelian dalam pasar bisnis lebih banyak dipengaruhi oleh objektivitas, pemikiran logis, dan tidak emosional. Sebaliknya, pasar konsumen sangat dipengaruhi oleh gaya, selera, dan keinginan individu.
  3. Transaksi dalam pasar bisnis pun cenderung lebih kompleks daripada pasar konsumen. Dalam pasar konsumen, penjual dapat langsung menerima pembayaran segera setelah barang terjual. Adapun, dalam pasar bisnis, proses pembelian/penjualan harus melalui sejumlah prosedur perusahaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tak jarang, pembayaran atas suatu aktivitas jual-beli pun baru benar-benar diwujudkan berbulan-bulan setelah barang terjual/dibeli.
  4. Kebutuhan pasar bisnis membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi, layanan yang prima, dan diskon besar dibandingkan pasar konsumen. Di antara layanan yang banyak diharapkan pasar bisnis yaitu teknisi yang siaga membantu ketika terjadi masalah pada produk yang diperjualbelikan. 
  5. Ketika seorang pebisnis menawarkan produk atau jasa untuk keperluan pebisnis lain, sering kali kontrak yang dilakukan akan berlangsung dalam jangka panjang. Selain itu, Oleh karena itu, penting bagimu untuk menjalin hubungan erat dengan pembeli ketika pasar bisnis menjadi sasaranmu. 

Pasar konsumen sering dikelompokkan sebagai aktivitas bisnis dalam pasar Business to Consumer (B2C). Adapun, kamu bisa menemukan klasifikasi pasar bisnis pada contoh-contoh pasar bisnis di akhir tulisan ini.

Karakteristik Pasar Bisnis

Menilik beberapa perbedaan di atas, pasar bisnis adalah pasar yang lebih memerlukan pertimbangan matang dengan risiko yang bisa jadi lebih tinggi. Di samping itu, kamu bisa menemukan bahwa pasar bisnis memiliki karakteristik berikut ini:

  1. Jumlah penjual dan pembeli di pasar bisnis lebih sedikit daripada pasar konsumen, tetapi kapasitas lebih besar.
  2. Pasar bisnis biasanya memiliki daya tawar yang tinggi.
  3. Proses jual-beli dilakukan secara profesional dan prosedural.
  4. Sering kali transaksi tidak langsung dibayar tunai.
  5. Proses presentasi untuk menawarkan produk dilakukan secara lebih profesional.
  6. Keputusan untuk membeli harus dipikirkan secara matang.
  7. Usaha memasarkan untuk mendorong keputusan pembelian harus dilakukan secara efektif dan efisien.
  8. Mindset pembelian diarahkan untuk tujuan perusahaan, bukan keperluan pribadi.
  9. Permintaan tetap konsisten dan tidak terpengaruh harga pasar.
  10. Hubungan antara penjual dan pembeli berlangsung 

Itulah sebagian karakteristik pasar bisnis yang bisa disimpulkan dengan memperhatikan dan menganalisis aktivitas-aktivitas yang terjadi di dalam pasar bisnis. Bisakah kamu menambahkan karakteristik lainnya?

Tipe-Tipe Pasar Bisnis

Tipe-tipe pasar bisnis adalah pengelompokan pasar bisnis yang didasarkan pada jenis organisasi, bara atau jasa yang diperjualbelikan, dan sebagainya. Kamu dapat menemukan berbagai tipe pasar bisnis, misalnya seperti di bawah ini:

  1. Pasar industri, yaitu pasar bisnis dari perusahaan-perusahaan yang bergantung pada barang baku atau barang mentah. Pasar ini bertujuan untuk memproduksi barang berwujud, misalnya tekstil, baja, semen, dan sebagainya.
  2. Pasar institusi, yaitu pasar bisnis dari lembaga-lembaga atau organisasi yang tidak berorientasi pada laba. Pasar ini biasanya menyediakan barang atau jasa untuk kepentingan umum atau sosial. Contoh dari pasar ini yaitu sekolah, universitas, yayasan sosial, dan rumah sakit.
  3. Pasar internasional, yaitu pembeli luar negeri yang membutuhkan barang atau jasa dari produsen dalam negeri. Pasar ini dapat ditemukan di perusahaan multinasional, organisasi internasional, atau pembeli di mancanegara.
  4. Pasar layanan profesional, yaitu pembeli dari perusahaan-perusahaan yang memberikan layanan profesional sehingga memerlukan banyak keahlian khusus. Untuk itu, produk-produk pelatihan dan sertifikasi bisa ditawarkan ke pasar ini.
  5. Pasar reseller, yaitu pasar yang berasal dari para pembeli barang atau jasa yang ingin menjual kembali produk-produk yang dibelinya ke pasar konsumen.

Contoh-Contoh Pasar Bisnis

Agar lebih jelas mengenai pasar bisnis, kamu bisa memperhatikan beberapa contoh berikut ini:

Pasar Business to Business (B2B)

Dari berbagai tipe pasar yang ada, bisa diklasifikasikan salah satu kelompok besar sebagai pasar dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Penjual di pasar ini memasarkan produknya ke pembeli dari kalangan bisnis. Pembeli di pasar ini membutuhkan produk-produk untuk keperluan produksi, distribusi, ataupun penjualan. Contohnya, penjualan produk ke reseller, pasar jasa profesional, dan lain-lain.

Pasar Customer to Business (C2B)

Pasar C2B sebenarnya juga merupakan bagian dari pasar B2B. Hanya saja penjual di pasar ini merupakan individu yang menyediakan kebutuhan untuk keperluan bisnis. Contoh dari pasar ini adalah penjualan stok foto dari fotografer mandiri di platform penyedia foto. Perusahaan yang memerlukan foto untuk keperluan bisnis bisa membeli gambar atau foto dari platform ini.

Pasar Business to Government (B2G)

Selain pasar B2B, pasar bisnis juga bisa berupa aktivitas jual-beli dari suatu pelaku bisnis ke pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah membeli barang atau jasa untuk kepentingan publik. Contohnya, pengadaan barang dan jasa pemerintahan, proyek infrastruktur pemerintah, dan lain-lain.

Kalau bisnismu, masuk ke pasar mana? Menyasar pasar bisnis adalah salah satu peluang yang mungkin menarik bagi kamu yang menggemari tantangan. Pasar ini lebih sempit daripada pasar konsumen, tetapi bisa menuai hasil yang lebih besar. Tentunya, tantangan yang dihadapi pun akan berbeda dengan pasar konsumen.

Setelah menentukan pasar bisnismu dengan baik, kamu bisa mulai menentukan strategi pemasaran maupun teknis operasional di dalam badan usahamu. Agar bisnismu mendatangkan lebih banyak pelanggan, kemudahan proses pembayaran bisa menjadi daya tarik yang kuat.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!