Coba Personalized Marketing untuk Tingkatkan Customer Loyalty

personalized marketing adalah

Personalized marketing adalah strategi jitu untuk memanfaatkan data pelanggan untuk meningkatkan loyalitas. Pahami pengertian, keuntungan, dan penerapannya

Data pelanggan yang terkumpul dalam sistem perusahaan ternyata punya banyak manfaat. Salah satunya untuk mengeksekusi beberapa strategi pemasaran untuk menunjang penjualan. 

Personalized marketing adalah salah satu strategi yang bisa kamu terapkan dengan memanfaatkan data-data pribadi pelanggan ini.

Apakah kamu tertarik menggunakan strategi ini untuk bisnismu? Sebelumnya, yuk pahami terlebih dahulu definisi personalized marketing, keuntungan, dan penerapannya dalam bisnis.

Read More: Ingin Capai Volume Penjualan Tinggi? Pahami Mass Market Adalah Solusinya

Pengertian Personalized Marketing

Ini adalah strategi yang fokus menggunakan data-data pelanggan yang tersimpan dalam sistem perusahaan untuk memberikan penawaran terbaik bagi customer

Data-data ini terdiri dari banyak hal, seperti usia, gender, selera belanja, sejarah pembelian sebelumnya, ketertarikan, domisili, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengumpulkan data-data di atas menggunakan algoritma, teknologi, dan alat lainnya. 

Ketika perusahaan menggunakan data-data ini untuk mengatur konten yang diterima pelanggan nantinya melalui email atau platform lain, itu artinya mereka sudah menggunakan personalized marketing.

Menurut data dari Automat, 75% pelanggan biasanya akan melakukan pembelian setelah menerima rekomendasi secara personal dari brand.

Keuntungan untuk Bisnis

Setiap strategi marketing tentunya menawarkan keuntungan yang berbeda-beda. Ini juga berlaku untuk strategi personalized marketing. Saat kamu menjalankan strategi ini dengan benar, beberapa keuntungan berikut bisa kamu nikmati:

Pelanggan Merasa Lebih Puas

Apa yang kamu rasakan ketika seseorang menawarkan sesuatu yang memang kamu butuhkan secara personal? 

Ini adalah gambaran dari pelanggan yang mendapat rekomendasi secara personal dari brand. Pelanggan merasa dihargai dan dimengerti kebutuhannya. Selain itu, customer juga merasa brand paham masalah mereka dan memberikan solusi terbaik. 

Penawaran ini secara tidak langsung bisa membuat pengalaman pelanggan lebih mudah dan berkesan. Tidak hanya proses jual beli saja, melainkan muncul kedekatan lebih antara pelanggan dan brand.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Apakah kamu tahu? Membuat pelanggan bahagia sangatlah bernilai bagi perusahaan. Dari kebahagiaan ini, pelanggan bisa loyal terhadap brand meskipun persaingan di pasar terbilang ketat.

Namun, loyalitas pelanggan bukanlah hal mudah yang bisa diperoleh oleh brand mana pun dalam semalam. 

Semua butuh proses yang salah satunya dengan cara memberikan pengalaman terbaik. Lalu dilanjutkan dengan membangun hubungan atau interaksi yang menyenangkan dengan pelanggan.

Ketika suatu brand membangun hubungan dengan customer, ini bisa menimbulkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan

Tingkat ROI Lebih Baik

Jika kamu mencari strategi yang mengutamakan efektivitas biaya, personalized marketing adalah jawabannya. Strategi ini lebih efektif bahkan jika kamu bandingkan dengan iklan konvensional.

Ketika beriklan secara konvensional, kemungkinan besar akan ada target audiens yang tidak berlanjut ke proses pembelian. Ini tentunya membuat tingkat pengembalian dana investasi (ROI) terbatas.

Sementara itu, ketika kamu menggunakan personalized marketing, ini bisa menjadi titik dorong bagi pelanggan untuk berbelanja. 

Bahkan menurut laporan Segment, separuh dari pembeli yang mengisi survei mereka justru membuat pembelian tidak terduga berdasarkan saran brand.

Tidak cukup sampai di situ saja, menurut McKinsey & Company, personalized marketing bisa membantu meningkatkan ROI hingga 8 kali lipat dan penjualan sebanyak 10%. Kamu yakin ingin melewatkan kesempatan emas ini?

Penerapannya dalam Bisnis

Pada dasarnya, strategi ini juga tidak serta merta bisa kamu terapkan dalam bisnis. Mayoritas pelaku usaha akan menemui kesulitan saat mengaplikasikan strategi berbasis data, contohnya tidak cukup sumber daya untuk mengembangkan strategi. 

Atau mungkin, pelanggan bisa merasa terganggu jika campaign dari perusahaan terlihat terlalu berlebihan. Bahkan, ada kemungkinan proses pengumpulan data mengganggu bagi pelanggan. 

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menerapkan strategi ini dalam bisnis yang kamu kelola?

Siapkan Tim Terbaik

SDM menjadi kunci kesuksesan strategi ini. Kamu butuh tim yang solid untuk membuat dan mengawasi personalized marketing strategy

Pertama, kumpulkan orang-orang dengan keahlian yang diperlukan, seperti SDM yang paham teknologi, pakar dalam pengembangan penggunaan kasus, hingga yang punya skill untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

Pastikan juga, tim kamu siap dengan rencana untuk membuat konten berkualitas dengan konsep dan desain menarik.

Kumpulkan Data

Pengumpulan data menjadi core dari strategi personalized marketing. Namun, kamu perlu mengingat bahwa pelanggan mungkin ingin mendapat pengalaman terbaik, tetapi mereka juga khawatir untuk menyerahkan data.

Hal inilah yang bisa kamu jadikan acuan dalam pengumpulan data. Pastikan data yang tim kamu kumpulkan memang diperlukan. Sebisa mungkin pilih data dengan tracking paling efektif untuk memberikan experience terbaik bagi customer.

Berbeda dengan perusahaan lain yang mungkin kurang concern dengan proses pengumpulan data, kamu bisa mengambil jalan lain. 

Kirimkan email kepada pelanggan mengenai bagaimana perusahaan akan menggunakan data mereka. Ini juga termasuk apa yang bisa pelanggan dapat sebagai reward. 

Akan lebih baik lagi jika kamu menyediakan opsi bagi pelanggan untuk menolak apabila tidak berkenan terhadap proses pengumpulan data. 

Selalu ingat untuk menempatkan diri kamu sendiri di posisi pelanggan sebelum membuat langkah terkait pengumpulan data ini.

Pilah Data yang Terkumpul

Saat semua data yang diperlukan sudah masuk ke sistem, kelola informasi tersebut dengan baik. Sebagai contoh, kamu bisa mengaturnya menjadi beberapa segmen data, seperti data demografis, pola pembelian, selera produk, dan lain sebagainya.

Dari semua data yang terkumpul, kamu dapat memilih mana yang relevan dengan kebutuhan marketing perusahaan.

Ada beberapa platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menerapkan personalized marketing ini, mulai dari email hingga landing page

Setiap pelanggan mungkin bisa mendapat penawaran melalui platform yang berbeda. Ini bisa kamu putuskan sesuai dengan platform mana yang digunakan pelanggan untuk menghabiskan waktu lebih banyak.

Sebagai contoh:

  1. Personalized marketing dalam bentuk email. Kamu perlu membuat kalimat di bagian subyek dan greetings secara lebih personal bagi tiap pelanggan. 

Ada cukup banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan sentuhan personal di tiap email.

  1. Rekomendasi produk. Ini biasanya muncul ketika pelanggan mengeksplor website. Berikan mereka rekomendasi produk berdasarkan data yang kamu terima. 
  2. Personalized product. Khusus untuk opsi ini, kamu bisa mencontoh campaign milik Coca-Cola yakni “Share A Coke With…” yang berhasil menarik atensi dan ramai-ramai diikuti oleh publik secara luas. 

Pikirkan kalimat menarik dan apa yang bisa kamu jadikan campaign dari produkmu saat ini.

Setelah membaca ulasan di atas, mungkin kamu bertanya-tanya, seberapa efektifkah strategi ini?

Pada dasarnya, personalized marketing bisa sangat efektif jika kamu menggunakannya untuk hubungan jangka panjang dengan pelanggan. 

Lumrah bagi pelanggan yang merasa terkait atau terhubung dengan suatu brand dan melakukan pembelian ulang.

Konsep yang tepat dalam strategi ini akan membuat pelanggan kembali dan bahkan kemungkinan besar mereka bisa membawa pelanggan baru. Rekomendasi atau promosi dari mulut ke mulut juga selalu efektif untuk produk apa pun. 

Jika personalized marketing adalah strategi yang tepat untuk bisnismu, kamu bisa melengkapinya dengan menyediakan metode pembayaran yang lengkap bagi calon pelangganmu.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!