Pertumbuhan E-commerce Di Masa Depan: Ini Peran Enabler & Payment Gateway

Kini, bisnis telah berevolusi dari bisnis konvensional ke bisnis digital. Hal ini didasari oleh perilaku masyarakat yang sudah beralih ke digital untuk segala aktivitas, termasuk berbelanja. Terlebih lagi, dengan prediksi meningkatkan pengguna e-commerce hingga 189,6 juta pada 2024 tentu merupakan potensi yang baik bagi sektor bisnis untuk beralih ke bisnis e-commerce. 

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Menurut riset Google Temasek dan Bain & Company, nilai ekonomi sektor e-commerce Indonesia mencapai US$ 59 miliar pada 2022 atau setara 76,62% dari total nilai ekonomi digital yaitu US$77 miliar. Google Temasek dan Bain & Company juga memproyeksikan e-commerce Indonesia akan terus tumbuh hingga US$95 miliar pada tahun 2025. Dalam rangka mendukung laju pertumbuhan e-commerce, maka perlu beberapa hal agar bisnis ini berjalan dengan optimal seperti dukungan e-commerce enabler hingga sistem pembayaran terintegrasi yang memadai dengan payment gateway.

Enabler & Payment Gateway: Optimalkan Bisnis E-Commerce

Adanya peningkatan minat masyarakat untuk berbelanja online dan pertumbuhan marketplace di Indonesia membuat perusahaan ritel kini mencari peluang untuk masuk ke dalam industri e-commerce. Dalam kebutuhan tersebut, maka diperlukan sekelompok profesional untuk memfasilitasi pengelolaan bisnis e-commerce. Untuk itulah peran e-commerce enabler dibutuhkan dalam mengoptimalisasikan bisnis e-commerce. 

E-commerce enabler memfasilitasi pengusaha untuk berjualan online di e-commerce seperti produksi konten, pembuatan halaman Official Store di marketplace, eksekusi pemasaran, integrasi kanal penjualan online, hingga pengiriman produk ke pelanggan. E-commerce enabler berperan untuk menjembatani Brands dengan partner lain dalam rantai e-commerce seperti online marketplace yang menjadi platform untuk berjualan, third person logistic atau 3PL atau jasa logistik pihak ketiga yang mengelola distribusi produk serta Payment Gateway sebagai gerbang untuk transaksi jual beli. 

Payment Gateway untuk E-commerce

Tanpa adanya payment gateway yang andal, bisnis e-commerce tidak akan berjalan dengan optimal. Melalui Payment Gateway, e-commerce bisa menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang sudah diintegrasikan, sehingga lebih efisien bagi e-commerce untuk terima pembayaran dari pelanggan. 

DOKU sebagai pionir Payment Gateway dan Perusahaan Teknologi Pembayaran, membantu bisnis e-commerce untuk menyediakan beragam metode pembayaran. Dengan pengintegrasian layanan pembayaran dari bank maupun non-bank, bisnis bisa lebih unggul untuk berikan banyak opsi cara bayar bagi pelanggan lebih mudah. Bukan tidak mungkin, dengan payment gateway pada bisnis e-commerce bisa meningkatkan konversi penjualan, karena memudahkan pelanggan tanpa lagi perlu transfer manual saat berbelanja online. Bisnis akan lebih otomatis terhubung dengan berbagai layanan pembayaran dari bank maupun non-bank, seperti kartu kredit, debit, e-Wallet, Virtual Account (VA), dll. 

Hal itu sejalan dengan paparan Chief International Partnership DOKU, Alison Jap pada diskusi panel yang diadakan oleh HSBC bertajuk Enabling Growth: Future of eCommerce beberapa waktu lalu, “Tingginya pengguna smartphone dan internet akan membuat e-commerce terus berkembang. Dengan hadirnya DOKU sebagai penyedia platform pembayaran tentu sangat membantu e-commerce dalam mengakses ragam metode bayar.”

Tidak hanya membantu bisnis e-commerce dalam terima pembayaran, Payment Gateway DOKU juga mampu mengelola transaksi dengan meneruskan dana / pembayaran ke setiap pemilik toko di platform e-commerce. Selain itu, pelaporan transaksi penjualan realtime dan rapi, sehingga mampu meminimalisir human error saat  proses rekap. Hal ini tentu memberikan efisiensi bagi bisnis e-commerce dalam hal pengelolaan transaksi pembayaran.

Lebih dari itu, dengan payment gateway, semua kerahasiaan data dan informasi pelanggan terjaga dengan baik. Kemampuan fraud detection pada Payment Gateway DOKU mampu mengendalikan segala kecurangan. Dengan keandalan DOKU Payment Gateway tersebut, bisnis e-commerce bisa meningkatkan performanya lebih baik lagi. Pengalaman berbelanja konsumen juga bisa lebih menyenangkan di marketplace dengan banyaknya pilihan metode pembayaran yang sudah terintegrasi.

Jadi, penting sekali bagi bisnis e-commerce memaksimalkan potensi e-commerce enabler dan payment gateway untuk optimalkan bisnis. Keandalan dan kejelian dalam melihat potensi juga situasi yang serba digital ini harus dimiliki bisnis e-commerce untuk terus tumbuh dan berkembang.