Ingin Bisnis Berhasil? Gali Lebih Dalam Potensi Bisnismu Yuk

potensi bisnis

Potensi bisnis jadi aspek yang krusial dalam menentukan perkembangan bisnis selanjutnya. Pahami apa saja karakteristik dan cara tepat menyusun peluang bisnis. 

Potensi bisnis menjadi kesempatan yang sangat baik buat kamu manfaatkan dalam mengembangkan atau membangun bisnis baru. Memasuki era yang semakin maju dan canggih seperti saat ini, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan peluang bisnis. Mulai dari kuliner, fashion, sampai produk smartphone dan digital. 

Apabila kamu memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis, sebaiknya kamu memahami dengan baik bagaimana cara mengenali dan menentukan potensi bisnis yang sesuai. Namun, sebelum itu, ketahui dulu apa sebenarnya potensi bisnis dan karakteristiknya pada ulasan ini. 

Read More: Apa Itu Big Data? Ini Karakteristik & Manfaatnya Bagi Bisnis

Apa Itu Potensi Bisnis?

Mudahnya, potensi bisnis merupakan suatu keadaan yang bisa menawarkan kesempatan besar untuk seseorang, terlebih para pengusaha untuk dapat mencapai semua tujuan. Tujuan usaha ini diwujudkan dengan berbagai upaya dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara lebih efektif dan pastinya lebih efisien. 

Alhasil, bisnis yang sedang dirintis bisa berkembang serta memberikan dampak positif. Misalnya, peningkatan penjualan, reputasi dan kredibilitas yang kian baik, dan pastinya profit yang lebih tinggi. 

Sementara itu, pakar bisnis Thomas W. Zimmer menyebutkan, potensi bisnis merupakan seseorang yang membuat suatu inovasi dan ide yang kreatif dari sebuah peluang untuk bisa mewujudkan semua tujuan. 

Karakteristik Potensi Bisnis

Potensi bisnis memiliki karakteristik yang sangat bervariasi. Oleh karena itu, kamu juga perlu memahami apa saja hal yang menjadi karakteristik tersebut dan menyesuaikannya dengan peluang sumber daya yang kamu punya. Supaya kamu bisa memutuskan peluang bisnis dengan tepat, berikut karakteristik dari peluang bisnis: 

  • Mempunyai nilai jual yang baik, orisinil, dan pastinya unik.
  • Bisnis memiliki jangka waktu yang panjang dan bukan merupakan bisnis musiman.
  • Bisnis bisa terus mengalami perkembangan dan bisa bertahan lama.
  • Memiliki peluang untuk terus meluas sampai dengan skala yang lebih besar lagi.
  • Bisnis memiliki sifat serius dan nyata, bukan semata ambisi atau rencana. 
  • Memiliki modal yang bisa dijangkau.
  • Adanya prospek profit yang cukup baik dan bisa kamu buktikan. 

Cara Menentukan Potensi Bisnis yang Tepat

Hal paling mendasar yang sebaiknya kamu punya saat ingin mendapatkan potensi bisnis adalah memiliki sikap optimis, tidak mudah menyerah, dan pastinya percaya pada kemampuan dirimu sendiri. 

Meski kamu adalah seorang pebisnis awam, pikiran optimis harus tertanam pada diri. Katakan jika bisnis ini akan memberi keuntungan dan membawa manfaat untuk banyak orang. Ada beberapa langkah mudah yang dapat kamu coba lakukan untuk mengidentifikasi dan menentukan potensi bisnis yang sesuai, antara lain: 

1. Tetapkan sumber potensi bisnis

Sebenarnya, tanpa kamu sadari, sumber potensi bisnis ada pada diri sendiri. Misalnya keahlian khusus, pendidikan, atau hobi. Sayangnya, tak banyak orang memanfaatkan hal tersebut dan melewatkan kesempatan besar. Mulai sekarang, kenali apa saja potensi diri yang kamu miliki. Asah dengan baik sehingga kamu dapat menguasainya dan bisa menciptakan sesuatu dari sumber tersebut. 

2. Tentukan bidang bisnis yang sesuai

Selanjutnya, tentukan bidang bisnis yang sesuai dengan skill yang kamu punya dan sesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Misalnya, kamu memiliki fokus bisnis pada industri kreatif karena sesuai dengan bidang keahlian. Dalam hal ini, bisnis tersebut mengarah pada jasa. 

3. Tetap fokus dan rutin lakukan  evaluasi

Ketika menentukan potensi bisnis, jangan lupa untuk selalu memberikan nilai jual yang tinggi. Caranya sangat mudah, yaitu selalu fokus pada peluang dan kekuatan setiap produk. Selain itu, rutin melakukan evaluasi dan tetap berproses dengan menggunakan peluan dengan baik sehingga kamu selalu bisa membuat suatu inovasi dan produk yang baru.

Mengenali Sumber Potensi Bisnis

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan sumber potensi bisnis? Ini adalah di mana saja dan kapan saja kamu mendapat peluang untuk mencari inspirasi dalam membangun suatu usaha. Peluang usaha bisa kamu peroleh dari banyak cara selama mempunyai nilai jual dan kesempatan yang baik. Lalu, dari mana saja sumber peluang bisnis tersebut?

1. Latar belakang pendidikan

Sumber yang paling utama dan paling sering digunakan untuk mendapat potensi bisnis adalah latar belakang pendidikan. Biasanya, hal ini akan berbanding lurus dengan apa yang menjadi ketertarikan dan keahlianmu untuk suatu bidang. 

Contohnya, kamu berasal dari lulusan seni busana, yang pasti punya keahlian dalam bidang perancangan pakaian. Melalui hal ini, kamu bisa mendapat peluang bisnis, misalnya membuat toko pakaian sendiri, menjadi seorang perancang busana, hingga menciptakan brand pakaian impianmu sendiri. 

2. Manfaatkan keahlian dan hobi

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan hobi dan keahlian yang kamu miliki sebagai suatu sumber peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Sebab, hobi adalah salah satu hal yang memberi rasa puas dan senang untuk siapa saja yang melakukannya. 

Contohnya, kamu punya hobi melukis dan memasak. Lantas, kamu bisa menggabungkan dua hobi tersebut menjadi suatu potensi bisnis yang menarik, yaitu mendirikan kafe dengan konsep art gallery. Selain memberikan kesenangan, kamu juga mendapat profit dengan menggeluti hobi ini sebagai peluang bisnis. 

3. Riset

Berikutnya, menemukan bisnis dari riset yang kamu lakukan. Ini termasuk mengamati keadaan pasar, peluang yang ada pada pesaing, meneliti perilaku konsumen, faktor demografi, dan lainnya. 

Riset juga menjadi aspek yang tidak boleh kamu lupa saat hendak merintis bisnis. Sebab, dari riset, kamu akan lebih mudah mendapatkan potensi usaha yang sesuai dan berpeluang lebih besar untuk meraup untung. 

4. Melihat kejadian atau isu terkini

Melihat kejadian atau isu terkini pun dapat menjadi potensi bisnis. Mulai dari isu kesehatan, ekonomi, lingkungan, sosial dan budaya, atau kejadian lain yang tentunya memerlukan solusi. Misalnya, kamu mengangkat isu pencemaran lingkungan yang meningkatkan potensi tanah longsor dan banjir. 

Melalui isu tersebut, kamu dapat membuat suatu produk yang unik, seperti produk dengan kemasan yang berbahan dasar ramah lingkungan atau bisa didaur ulang. 

5. Menguatkan relasi

Terakhir, menjalin dan mempererat relasi dengan berbagai pihak lain, baik itu vendor atau perusahaan tertentu. Contoh mudahnya, kamu memiliki relasi sebuah vendor untuk pakaian, kamu dapat menjalin kerja sama dengan vendor tersebut untuk membentuk sebuah brand baru dengan segmen pasar tertentu. 

Potensi bisnis sejatinya terbuka dengan sangat lebar. Hanya, kamu harus cermat dalam melihatnya. Termasuk dalam hal transaksi dan pembayaran. Sekarang, dunia dituntut untuk memberi kemudahan dalam bertransaksi, secara singkat dan langsung. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!