Peluang Usaha Aksesoris Unik yang Menjanjikan. Ini Langkah Memulainya! 

usaha aksesoris unik

Mengingat aksesoris kerap digunakan untuk menunjang penampilan, tak heran jika bisnis di bidang ini cukup menjanjikan. Berikut informasi lengkapnya! 

Bagi sebagian besar orang, utamanya wanita, aksesoris kerap digunakan untuk menunjang penampilan. Aksesoris bisa menjadi pilihan tepat karena mampu membuat tampilan tampak lebih cantik, anggun, modis, dan keren. Sebut saja seperti kacamata, jam tangan, topi, scarf, kalung, bandana, dan masih banyak lagi. 

Mengingat fungsinya yang terbilang cukup penting, tak heran jika banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli berbagai aksesoris. Inilah yang kemudian membuat peluang bisnis di bidang ini cukup prospek. Alasan lain, untuk memulai bisnis ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal sehingga cocok untuk pemula. 

Cara Memulai Bisnis Aksesoris

Pada dasarnya, usaha aksesoris unik ini bisa dijalankan oleh siapa saja yang hendak memulai bisnis. Hanya saja, akan lebih baik jika kamu memiliki pengetahuan dan kreativitas terkait fashion agar sekaligus bisa menjadi konsultan penampilan bagi para pembeli. 

Secara umum, memulai bisnis aksesoris tak jauh berbeda dengan lainnya. Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar bisnis bisa berjalan optimal. Berikut beberapa di antaranya;

1.  Siapkan Modal Usaha

Hal pertama dan utama yang harus disiapkan ketika akan merintis sebuah bisnis adalah modal. Tak peduli sekecil apapun usaha tersebut, pasti tetap membutuhkan modal sebagai pondasi dan dana awal dari proses produksi atau distribusi. 

Bagi kamu yang memiliki keahlian dan kreativitas untuk membuat sesuatu, setidaknya modal dibutuhkan untuk membeli bahan baku dan biaya produksi lainnya. Sedangkan jika akan memulai bisnis dengan menjadi reseller atau dropshipper, kamu membutuhkan modal untuk membeli beberapa jenis barang yang nantinya akan dijual kembali. 

2. Lakukan Analisis Pasar

Sebelum memulai bisnis aksesoris, kamu juga perlu melakukan analisis pasar terlebih dulu. Hal ini penting untuk mengetahui tren pasar aksesoris yang tengah diminati saat ini. Tak hanya itu, analisis pasar juga bertujuan untuk mengetahui lebih jauh terkait target konsumen, para kompetitor, dan rentang harga jual yang ada. 

Kemudian, hasil analisis ini bisa kamu jadikan dasar dalam perencanaan strategi bisnis dan pemasaran. Semakin matang hasil analisis, tentu akan berdampak positif pula bagi perkembangan bisnis. 

3. Cari Supplier

Langkah selanjutnya adalah mencari supplier atau agen untuk berbelanja bahan baku atau aksesoris itu sendiri. Bagi kamu yang hendak menjual aksesoris dari hasil karya tangan sendiri, maka carilah agen yang menjual bahan baku dan peralatan lainnya. Sebaliknya, bagi para reseller atau dropshipper, pandai-pandailah memilih supplier agar bisa mendapat harga terkecil namun dengan barang berkualitas. Usahakan pilihlah agen besar atau tangan pertama agar bisa mendapat harga grosiran atau termurah. 

Dalam hal ini, jangan lupa untuk melakukan riset serta perbandingan harga dan kualitas terlebih dulu. Tak lain, agar bisa mendapatkan supplier terbaik di antara pilihan yang ada. 

4. Manfaatkan Media Sosial dan Marketplace

Tak bisa dimungkiri bahwa di era digital seperti saat ini, kebanyakan masyarakat telah memilih untuk berbelanja secara online melalui marketplace. Karenanya, penting bagi para pebisnis, termasuk pemula, untuk mengambil peluang ini dengan cara membuat akun usaha aksesoris unik. Entah itu melalui Shopee, Tokopedia, Lazada, atau lainnya. 

Setelahnya, jangan lupa unggah foto-foto produk terbaik dan beri respon dengan cepat ketika ada pelanggan bertanya atau memberi testimoni. Usahakan, beri pelayanan maksimal agar rating toko bisa tinggi. Rating yang tinggi tentu berpengaruh besar karena diyakini mampu menarik calon pelanggan selanjutnya. Pelanggan tentu akan lebih memilih berbelanja di toko dengan rating yang tinggi, bukan?

5. Strategi Promosi

Terakhir, jangan lupa untuk selalu gencar melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika memilih cara offline, bisa dengan membuat brosur dan menyebarkannya di tempat-tempat ramai. Sedangkan bagi kamu yang hendak melakukan promosi via online, buatlah konten yang menarik dan interaktif agar pembeli bisa tertarik. Yang jelas, semakin sering kamu melakukan promosi, toko aksesorismu juga akan semakin dikenal. 

Sesekali, penting pula untuk mengadakan kuis berhadiah, giveaway, atau potongan harga. Selain untuk menarik perhatian calon pelanggan baru, ini juga merupakan cara agar konsumen lama tetap loyal. 

Selain memanfaatkan media sosial dan marketplace, dalam hal ini kamu juga bisa menggunakan aplikasi Juragan DOKU. Sebuah aplikasi dengan berbagai fitur yang mendukung aktivitas bisnis, termasuk dalam hal pembayaran dan pemasaran. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat e-katalog sehingga dapat dengan mudah membuat toko online mandiri. Berbagai cara pembayaran digital juga tersedia sehingga akan sangat memudahkan konsumen. 

Ide Produk Usaha Aksesoris Unik

Meski hanya sebagai elemen pelengkap, faktanya aksesoris cukup esensial dalam menunjang penampilan. Ada banyak produk aksesoris yang selalu diburu oleh para fashionista, mulai dari aneka perhiasan, hiasan rambut/kepala, kacamata, scarf, dan masih banyak lagi. Dari sekian produk, setidaknya item-item fashion ini wajib ada di toko aksesorismu. 

1. Kacamata Hitam

usaha aksesoris unik

Selain bisa membuat tampilan menjadi lebih keren, kacamata hitam juga berfungsi untuk melindungi dari pancaran sinar matahari. Karenanya, tak heran jika kacamata ini kerap digunakan di berbagai kegiatan, entah itu ketika bersepeda, bermain golf, liburan, ataupun saat berkendara. Kamu bisa menyediakan berbagai jenis kacamata dengan beragam model, baik untuk laki-laki atau perempuan. 

2. Topi dan Bucket Hat

Tak jauh berbeda dengan kacamata, topi juga merupakan item fashion yang bisa melindungimu dari pancaran sinar UV. Umumnya, topi dan bucket hat ini digunakan dalam berbagai kesempatan kasual, seperti saat liburan atau lainnya. Karenanya, jangan lupa untuk menyediakan aksesoris ini dengan berbagai motif dan bahan yang keren. 

3. Jepitan dan Bando

usaha aksesoris unik

Aneka jepitan dan bando juga harus ada di toko aksesorismu. Pasalnya, item fashion ini bisa dibilang tak lekang oleh waktu, dan sampai saat ini pun masih digunakan oleh para wanita dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. 

4. Tote Bag

Tote bag berbagai ukuran, model, dan motif juga perlu kamu sediakan. Selain bisa digunakan sebagai tas belanja, tote bag juga bisa dipakai dalam aktivitas sehari-hari, utamanya oleh para remaja wanita. 

5. Gelang dan Anting

Gelang dan anting juga merupakan item fashion yang cukup esensial dalam menunjang penampilan para wanita. Karenanya, kamu wajib menyediakan berbagai jenis gelang dan anting, mulai dari yang tusuk, tassel, hoop earrings, hingga piercing. Gelang dan anting bernuansa etnik juga bisa dijual jika memang sesuai dengan target pasar. 

6. Scarf

Scarf merupakan sehelai kain panjang yang bisa digunakan sebagai hiasan leher, penutup kepala, ataupun tali tas. Sediakan scarf dalam berbagai motif dan bahan agar calon konsumen bisa bebas memilih sesuai selera. 

7. Bros dan Aksesoris Jilbab 

Terakhir, aksesoris jilbab juga tak boleh ketinggalan. Kamu bisa menyediakan berbagai aksesoris bagi para wanita berhijab, seperti jarum pentul, ciput, aneka bros dan tuspin, anting hijab, bandana, headpiece, kalung panjang, dan masih banyak lagi. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan merintis bisnis aksesoris. 

Baca juga: 20 Contoh Produk Kewirausahaan untuk Pemula

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!