Cara Memulai Bisnis Usaha Baju Anak bagi Pemula

usaha baju anak

Bisnis baju anak terbilang cukup potensial untuk dicoba. Tak hanya memiliki target pasar yang jelas, tetapi juga ragam jenis serta model yang sangat variatif. Tertarik untuk mencoba? Berikut informasi lengkapnya. 

Bisnis baju anak merupakan salah satu prospek usaha yang cukup potensial, termasuk bagi pebisnis pemula. Pasalnya, bisnis ini memiliki target pasar yang jelas, serta potensi kebutuhan masyarakat juga tergolong cukup besar. Pertumbuhan anak yang cenderung cepat tentu  membuat kebutuhan akan pakaian terus berjalan. Alhasil, usaha baju anak ini pun takkan sepi peminat. 

Namun tentunya, agar bisnis tersebut bisa berhasil tetap dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Apalagi, bagi pemula yang notabenenya baru terjun ke dunia bisnis yang penuh persaingan. 

Mengintip Peluang Bisnis Baju Anak

Ada beberapa alasan mengapa peluang bisnis ini terbilang cukup menjanjikan, di antaranya;

  • Kebutuhan masyarakat akan baju anak tidak akan pernah surut. Hal ini mengingat anak-anak akan tumbuh dan berkembang sehingga orang tua pasti akan selalu membelikan baju di setiap fase pertumbuhannya. kamu pun tak perlu khawatir kehilangan pelanggan karena pasti ada pembeli baru yang mencari baju anak untuk usia yang berbeda. 
  • Memiliki target pasar yang luas. Di sini, target pasar bisa dikelompokkan berdasarkan kategori pakaian jenis tertentu. Misalnya,  didasarkan pada jenis kelamin, usia anak, jenis baju, kegunaan, atau lainnya. Jadi, target pasar baju anak tidak terpaku pada salah satu kelompok dan bukan hanya para orang tua. Orang yang belum berkeluarga pun bisa membelinya sebagai buah tangan atau kado untuk keluarga atau kolega. 
  • Biaya produksi cukup terjangkau dan dengan harga jual yang bisa sama atau bahkan lebih  mahal dari pakaian orang dewasa.  Hal inilah yang membuat bisnis baju anak menawarkan keuntungan yang lebih menjanjikan karena margin profitnya cukup besar. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa tingkat persaingan di sektor tersebut belum terlalu masif, atau setidaknya tidak semenjamur produsen baju dewasa.
  • Memiliki prospek bisnis yang luas. Jika membuka bisnis pakaian anak dengan brand sendiri dirasa sulit, kamu bisa memilih untuk menjadi agen, reseller, atau dropshiper. Ketiga jenis usaha tersebut bisa dimulai dengan modal kecil, sehingga cocok bagi para pemula. 

Dari beberapa alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha baju anak ini memang cukup menjanjikan dan patut dicoba oleh para pemula. 

6 Cara Memulai Bisnis Baju Anak

Bagi kamu yang hendak menekuninya, simak uraian lengkap terkait cara dan tips memulai bisnis baju anak di bawah ini. 

1. Siapkan Modal

Untuk memulai usaha, menyiapkan modal adalah langkah pertama sekaligus syarat utama yang harus selalu ada. Adanya dana akan menopang berdirinya bisnis agar nantinya bisa berjalan sesuai rencana. Terkait modal, kamu bisa menggunakannya dari dana pribadi atau bisa melalui pinjaman, baik dari bank atau orang-orang terdekat.

Dalam hal ini, penting untuk diperhatikan bahwa modal ini adalah untuk membuat bisnis berjalan dan bukan sebagai beban bisnis. Maka dari itu pengelolaan finansial harus benar-benar diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Berbagai keputusan bisnis yang melibatkan aspek finansial juga harus didahului dengan diskusi dan pertimbangan yang matang.

Pada periode awal bisnis, kamu harus jeli menggunakan modal. Sesuaikanlah penggunaan dana dengan rencana yang telah dirancang sebelumnya. Ingat, sebisa mungkin jangan terlalu bernafsu dan terkesan memaksakan. Jika modal awal hanya cukup untuk produksi beberapa item model baju, maka kamu pun harus menyesuaikan dengan ketersediaan dana tersebut. Barulah ketika bisnis mulai berkembang dan stabil, kamu bisa memproduksi dan melengkapi koleksi baju anak dengan berbagai model. 

2. Temukan Supplier atau Produsen yang Bagus dan Tepat.

usaha baju anak

Setelah modal tersedia, langkah selanjutnya adalah mencari suplier atau produsen berkualitas yang bisa menjadi pemasok bahan produksi atau produk. Pada tahap ini, akan ada banyak suplier yang bisa ditemui dan dipilih. Namun, pastikan suplier yang akan menjadi partner  dalam berbisnis adalah mereka yang memiliki integritas, berkualitas, tepercaya, lengkap, dan tentunya dengan harga yang bersahabat. 

Dengan suplier yang tepat, tentunya bisnis bisa berjalan dengan lebih optimal. Produk yang dihasilkan bisa lebih berkualitas, dan perusahaan pun bisa meningkatkan laba atau keuntungan. 

3. Tentukan Nominal Harga yang Kompetitif

Setelah memiliki suplier atau produsen baju anak yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan nominal harga baju. Dalam hal ini, kamu tentu tidak boleh asal. Dibutuhkan basis data atau perbandingan harga dengan produk lain agar harga bisa kompetitif. Hal ini terbilang cukup penting agar harga jual yang dipatok tidak memberatkan pembeli atau bahkan menyulitkan kamu sebagai penjual. Usahakan harga tidak terlalu mahal pun tidak terlalu murah. 

4. Lakukan Promosi

Jika ketiga hal tersebut, mulai dari ketersediaan modal, barang, dan harga sudah terpenuhi, maka selanjutnya adalah mempersiapkan strategi untuk promosi dan pemasaran. Ini adalah tahap mengenalkan produk ke calon konsumen dengan harapan mereka bisa tertarik untuk membeli. Lebih dari itu, tahap promosi juga merupakan fase membangun branding atau citra dari sebuah bisnis, dan karenanya dibutuhkan strategi yang tepat dan matang. 

Sebelum melakukan promosi, ada baiknya jika kamu terlebih dulu memetakan target pasar. Tak lain, agar lebih mudah menemukan hal-hal yang disukai oleh kelompok konsumen yang menjadi target penjualan. Dengan demikian kamu bisa lebih maksimal dalam menyiapkan promosi dan metode pemasaran yang sesuai dengan karakteristik dan kesukaan kelompok konsumen tersebut. Misalnya, konsumen ini lebih tertarik dengan model promosi Buy 1 Get 1 daripada model cashback atau lainnya.

5. Pantau Tren Baju Anak 

usaha baju anak

Memantau tren fashion anak yang terus berkembang juga merupakan strategi yang tak kalah penting. Dengan mengikuti tren di masyarakat, pamor sebagai penyedia barang akan memiliki rating tinggi karena menyediakan baju-baju anak yang kekinian. Hingga akhirnya toko akan banyak dikunjungi pembeli untuk berburu barang-barang yang mungkin masih jarang tersedia di lapak lainnya.

Dalam hal ini, kamu harus paham bahwa penjual baju memang harus mengikuti tren fashion. Bayangkan saja jika yang digandrungi masyarakat adalah model baju A, tapi di toko justru hanya menyediakan baju tipe B dan C yang tidak sedang trending, tentu tidak akan dilirik oleh calon konsumen. 

6. Perhatikan Kualitas

Menjadikan produk yang kamu jual berkualitas adalah hal yang wajib diperhatikan. Karena bagaimanapun, kualitas adalah penentu dari kesuksesan sebuah bisnis. Jika dari awal kamu telah memberikan kualitas produk dan pelayanan yang baik, tentu konsumen takkan segan untuk berlangganan serta memberikan testimoni yang positif. Testimoni yang positif inilah yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi branding usaha serta mampu meyakinkan calon pelanggan lain untuk tidak ragu membeli. 

Baca juga: Contoh Proposal Pengajuan Bantuan Modal Usaha untuk Perorangan

Setelah bisnis berkembang dan usaha telah dikenal banyak orang, kamu pun tetap harus menjaga dan mempertahankan kualitas. Tak lain, agar pelanggan tidak kecewa yang akhirnya bisa berimbas pada menurunnya angka penjualan. Perlu diingat bahwa kualitas yang bagus akan selalu menarik minat pembeli apalagi dengan harga produk yang terjangkau. 

Itulah beberapa cara memulai usaha baju anak bagi pemula. Agar prosesnya lebih mudah, tak ada salahnya jika kamu memanfaatkan aplikasi Juragan DOKU yang akan membuat bisnismu Go Digital. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menjangkau calon pelanggan secara lebih luas karena tersedia berbagai fitur yang mendukung aktivitas bisnis. Sebut saja seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Juragan DOKU App

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!