Tips Memulai Usaha Kos-kosan, Pemula Wajib Tahu

usaha kos kosan

Bisnis properti memang tak ada matinya, apalagi usaha kos-kosan. Meski banyak untungnya, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan agar bisnismu laris manis.

Terjun ke dunia bisnis properti? Siapa takut! Usaha kos-kosan, misalnya. Bisnis ini menawarkan keuntungan yang stabil, jangka panjang, dan lebih cepat bisa balik modal. Urusan biaya perawatan, tentu relatif lebih rendah daripada bisnis properti lain seperti rumah kontrakan atau apartemen.

Bagaimana peluang bisnis kos-kosan, benarkah lebih minim risiko dibandingkan tipe usaha lainnya? Lalu, apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat bila menjalani bisnis ini? Simak ulasan singkatnya berikut.  

Read More: Peluang Usaha Rental Mobil, Proyeksi Keuntungan dan Tips Memulainya

Ini beberapa keuntungan menjalani bisnis penyewaan kos:

1. Jadi pendapatan pasif

Bisnis properti kos-kosan dapat memberikan pendapatan pasif dari sewa yang diterima dari penyewa. Pendapatan ini dapat terus mengalir tanpa harus melakukan pekerjaan tambahan. Kamu hanya perlu bekerja untuk mengelola dan memperbaiki hunian secara berkala.

2. Pasar stabil

Permintaan akan hunian kos-kosan akan selalu stabil karena kebutuhan tempat tinggal bagi mahasiswa, pekerja, atau perantau selalu ada. Hal ini membuat bisnis kos-kosan menjadi bisnis yang menjanjikan dalam jangka panjang.

3. Biaya investasi relatif kecil

Untuk memulai usaha kos-kosan, biaya investasi yang dibutuhkan relatif kecil dibandingkan dengan membangun hunian lain, seperti apartemen atau rumah kontrakan. Bisnis kos-kosan hanya membutuhkan perabotan dasar seperti tempat tidur, lemari, lampu, dan AC. Perabotan tersebut hanya perlu diganti sesuai kebutuhan atau saat mengalami kerusakan. 

4. Meningkatkan skill manajemen dan pengelolaan bisnis

Memiliki usaha sewa hunian untuk kos dapat membantu meningkatkan skill manajemen dan pengelolaan bisnis kamu, loh. Kamu akan belajar mengatur waktu, mengelola keuangan, serta memperbaiki masalah dan komplain yang muncul.

5. Meningkatkan jaringan bisnis

Berbisnis kos-kosan memberikan kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang baru serta membantu memperluas jaringan bisnis kamu. Hal ini tentu bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis kamu di masa depan.

6. Investasi Minim Risiko

Investasi di bisnis properti adalah salah satu yang minim risiko, terutama usaha kos-kosan. Ini disebabkan oleh harga properti yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Di masa resesi pun, harga properti cenderung stagnan.

Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan 

Ketika memulai usaha kos-kosan, kamu perlu mempersiapkan banyak hal demi bisnis bisa berjalan dengan lancar. Sebagai pemilik kos-kosan, kamu harus memastikan bahwa bangunanmu siap disewakan dan sudah memenuhi persyaratan segmen yang kamu targetkan.

Lalu, apa saja sih hal-hal penting yang mesti diperhatikan kala memulai usaha penyewaan kos? Ini dia:

1. Punya modal bangunan

Bangunan adalah hal paling penting dalam bisnis ini. Makin banyak kamar yang disewakan, tentu makin banyak untung yang bakal kamu dapat. Namun demikian, kamu perlu menyesuaikannya dengan bujet yang ada, ya.

Kamu bisa membangun rumah atau bangunan khusus untuk dijadikan tempat kos-kosan. Namun, memanfaatkan kamar kosong yang sudah ada di rumah tentu bisa memangkas modal. 

2. Perhatikan lokasi kos-kosan

Lokasi sangat penting untuk menarik penyewa. Sebagai gambaran, kamu bisa membuat kos-kosan yang berada di lokasi strategis dan dekat dengan fasilitas umum. Rata-rata penyewa kos-kosan membutuhkan tempat tinggal sementara karena urusan kuliah, kerja atau dinas, dan sekolah. Jadi, sesuaikan pula dengan segmentasi pasar kamu.

Bila target pasarmu adalah mahasiswa, lokasi kos yang disewakan harus berada di dekat kampus. Sementara itu, jika target pasarmu kelas pekerja, maka lokasinya mesti dekat dengan perkantoran.

3. Hitung anggaran 

Pastikan kamu memperhitungkan anggaran dengan bijak sebelum memulai bisnis penyewaan kos. Faktor lokasi menentukan anggaran yang harus disiapkan; Makin dekat kos-kosan dengan pusat kota/keramaian, harga tanahnya pasti juga makin tinggi. Biaya yang dikeluarkan antara membangun sendiri dengan membeli bangunan yang telah jadi pun berbeda.

Oleh sebab itu, sesuaikan rencana anggaran kamu dengan kekuatan modal yang dimiliki. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya maintenance bangunan setelah kos-kosanmu mulai disewakan.

4. Tentukan siapa saja yang bisa menyewa

Poin penting lain yang mesti diperhatikan adalah menentukan kriteria penyewa yang kamu targetkan. Apakah kos-kosan itu khusus laki-laki atau perempuan? Pilihan lainnya, kamu bisa menargetkan penyewa dari kalangan pasutri (pasangan suami istri), keluarga kecil, ataupun campuran (boleh laki-laki, boleh perempuan).

Untuk memutuskan ini, kamu perlu memperhatikan lingkungan sekitar, karena ada lingkungan/ warga sekitar yang tidak nyaman dengan kos-kosan campuran. Nah, pastikan kamu sudah memahami potensi risiko yang mungkin terjadi dan menyiapkan solusinya bila di masa depan ada masalah terkait kriteria penyewa.

5. Perhatikan desain kos-kosanmu

Meski tidak terlalu siginifikan, desain bangunan dan kamar kos-kosan ternyata juga menjadi salah satu yang dipertimbangkan oleh calon penyewa. Oleh sebab itu, usahakan desain kos-kosan kamu sesuai dengan kebutuhan target pasarmu.

Desain dan luas kamar juga mempengaruhi harga sewa kamar, maka jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan luas serta fasilitas kamar yang kamu sediakan; pastikan penyewa akan nyaman tinggal di dalamnya. 

6. Buat kontrak sewa yang jelas

Agar terhindar dari masalah di kemudian hari, buatlah kontrak sewa yang jelas dan transparan. Tentukan harga sewa, jangka waktu sewa, dan persyaratan lainnya dengan jelas dan terperinci.

7. Pasarkan bisnis kos-kosan milikmu

Jangan lupa untuk memasarkan bisnis kos-kosan agar lebih dikenal oleh target segmenmu. Salah satu caranya, daftarkan usaha kos-kosanmu di aplikasi-aplikasi tempat sewa atau pencari kos.

Tips Usaha Kos-kosan Laris Manis

Bangunan dan fasilitas sudah ada, lalu apa? Langkah selanjutnya adalah mengawasi bisnis ini agar bisa berjalan lancar. Terutama bila kos-kosan milikmu berada di lokasi strategis, pasti bakal menghadapi persaingan usaha yang ketat. 

Berikut ini beberapa saran untuk menjalankan usaha sewa kos agar penyewa merasa nyaman tinggal di sana:

1. Fasilitas lengkap

Kelengkapan fasilitas mempengaruhi harga sewa. Beberapa fasilitas yang sering dicari adalah kamar mandi dalam, Wi-Fi, AC, tempat parkir, penggunaan air dan listrik gratis, kulkas umum, dapur umum, juga laundry gratis. Pastikan fasilitas-fasilitas yang tersedia sesuai dengan kebutuhan segmentasi pasarmu.

2. Kebersihan kos terjaga

Kebersihan kamar kos merupakan tanggung jawab penyewa, tetapi sebagai pemilik kos kamu wajib menjaga kebersihan kos-kosan secara berkala. Terutama di ruang-ruang bersama dan halaman. Untuk urusan ini, kamu bisa memanfaatkan jasa asisten rumah tangga untuk membantu.

3. Harga kompetitif

Kamu tetap harus kompetitif dalam menentukan harga sewa kos. Pastikan kamu mempromosikan manfaat yang akan diperoleh penyewa jika tinggal di kosan milikmu. Fleksibilitas dalam penentuan skema pembayaran juga perlu dipertimbangkan.

4. Keamanan terjamin

Pastikan keamanan kos-kosan milikmu terjaga, terutama dari ancaman kejahatan seperti pencurian. Beberapa caranya adalah dengan menerapkan peraturan jam buka-tutup gerbang, mempekerjakan penjaga kos atau satpam, juga memasang kamera CCTV.

5. Buat penyewa betah tinggal di kos-kosanmu

Bangun hubungan baik dengan para penyewa kos agar mereka betah dan cenderung enggan pindah. Namun demikian, kamu perlu tetap tegas dalam menegakkan aturan demi terciptanya ketertiban di kos-kosan. Buatlah aturan yang tidak terlalu mengekang, tetapi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!