Mau Penghasilan Sampingan? Ini Daftar Usaha Modal 1 Juta Buatmu

usaha modal 1 juta

Buka usaha modal 1 juta zaman sekarang, emang bisa?

Bisa banget! Kombinasi teknologi digital dan komunikasi plus tren wirausaha membuat bisnis kecil semakin menjamur. Bisnis yang modalnya sekitar sejutaan pun ada. Cocok banget untuk mahasiswa yang lagi cari sampingan, ibu rumah tangga, atau siapa saja yang hanya punya sedikit modal tetapi ingin menjajal bisnis.

Kamu bisa menghemat biaya promosi dan pembukaan toko fisik dengan menggunakan akun media sosial serta blog gratisan. Kamu juga bisa menjajakan barang atau jasamu ke orang-orang di lingkungan sekitarmu. Ada juga beberapa jenis bisnis yang mengikuti tren masa kini sehingga kamu nggak perlu khawatir soal minat calon pembeli.

Inilah beberapa usaha modal 1 juta zaman sekarang yang bisa kamu coba.

Read more: 10 Ide Bisnis Online Tanpa Modal, Apa Saja?

Usaha Modal 1 Juta

1. Jasa Cuci Sepatu 

Kalau buka jasa laundry baju terlalu mahal karena harus membeli mesinnya, bagaimana dengan jasa cuci sepatu? Banyak orang menaruh perhatian lebih besar ke kebersihan baju daripada sepatu, dan kamu bisa mengincar pasar ini dengan mudah.

Mencuci sepatu dengan tangan membutuhkan teknik sehingga kamu harus memelajarinya dulu. Misalnya, untuk sepatu keds, kamu harus melepas talinya (jika ada) dan mencucinya secara terpisah. Sepatu kulit atau bahan seperti suede membutuhkan perhatian ekstra.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini lumayan murah. Selain sabun pembersih ringan, kamu butuh beberapa sikat besar, sikat kecil untuk membersihkan area berlekuk, kanebo, dan semir. Kamu juga bisa menawarkan jasa cat ulang sepatu hitam.

2. Jasa Jual Barang Bekas/Thrift Store

Thrift Store - Ide Usaha Modal 1 Juta

Jualan barang bekas bukan hal baru, tetapi sekarang bisnis ini punya nama yang trendi: thrift store. Pasalnya, beli barang bekas seperti pakaian sekarang bukan hanya soal menghemat, tetapi juga gaya hidup. Kamu bisa memanfaatkan tren ini untuk buka usaha.

Usaha modal 1 juta bisa kamu lakukan dengan, misalnya, memesan paket baju bekas dari pemasok thrift untuk dijual lagi. Kamu bisa jualan dari rumah atau kos-kosan. Tambahkan sedikit modal buat beli deterjen, pelembut, setrika, dan parfum baju sebagai layanan ekstra.

Sediakan satu tempat kosong dengan latar belakang polos di rumahmu untuk membuat latar belakang foto yang menarik. Nggak hanya baju, kamu bisa mempromosikan sepatu atau aksesori dengan cara ini.

3. Jualan Bumbu Rumahan Siap Masak 

Zaman sekarang, semakin banyak orang yang lebih suka kepraktisan saat memasak. Kamu bisa manfaatkan ini dengan jualan bumbu rumahan yang siap masak. Bumbu semacam ini lebih segar dan “otentik” tetapi nggak bakal merepotkan orang yang masak.

Kamu bisa bikin pilihan standar seperti bumbu merah, bumbu kuning, dan bumbu putih. Atau, kamu bisa bikin bumbu untuk masakan standar seperti rawon, opor, sayur lodeh, rica-rica, soto, dan aneka sambal.

Usaha bumbu masak kecil-kecilan bisa kamu mulai dengan murah. Cukup gunakan blender murah, botol yang disterilkan, sarung tangan (atau plastik buat sarung tangan), dan dapur pribadi.

Kalau pembelimu ternyata bertambah, siapkan perlengkapan tambahan agar kemampuan produksimu semakin banyak. Misalnya, beli alat penggiling atau food processor yang lebih bagus, botol yang lebih banyak, label, dan alat penyegel besar.

4. Jualan Fruit Sando 

Makanan ala luar negeri yang lagi ngetren ternyata bisa jadi usaha modal 1 juta, lho! Salah satunya yang cukup murah dan mudah dibuat adalah fruit sando alias sandwich buah ala Jepang. Makanan ini sering nongol di medsos karena estetik, dan kamu bisa jadikan ini bisnis.

Fruit sando intinya adalah roti tawar empuk berisi buah-buahan segar yang diolesi whipped cream tebal. Ketika dipotong, kamu akan melihat potongan-potongan buah yang terlihat cantik berlapis krim putih tebal. Cara membuatnya pun gampang dan murah.

Kamu bisa gunakan buah populer seperti stroberi, mangga, kiwi, jeruk mandarin, dan anggur untuk membuat fruit sando. Untuk krimnya, kamu bisa pilih merek yang murah. Coba gunakan foto sandwich yang baru dipotong untuk promosi biar orang makin tergoda!

5. Jasa Tulis dan Editing Lepas 

Jasa menulis dan editing lepas masih jadi profesi modal kecil favorit walau pesaingnya banyak. Tapi jangan salah: orang yang kemampuannya memang bagus biasanya bakal dapat banyak referensi.

Ada beberapa cara kamu bisa menawarkan jasa menulis dan editing. Misalnya, kamu bisa mengiklankan jasamu secara mandiri dengan blog dan portfolio. Atau, kamu bisa gabung di direktori pekerja lepas untuk menemukan pelanggan potensial di satu tempat.

Punya portfolio menulis dan editing juga bagus buat jangka panjang, lho! Kamu bisa menggunakannya untuk melamar kerja di berbagai tempat, mulai dari media, agen periklanan atau desain, penerbit, atau perusahaan mana pun yang butuh penulis.

6. Jasa Penerjemahan Online 

Walau mesin terjemahan sudah banyak, kebutuhan buat penerjemah manual masih sangat tinggi. Hal ini karena terjemahan manual lebih bisa menangkap nuansa teks. Kamu bisa menawarkan jasa penerjemahan di sela pekerjaan lain atau sekolah.

Jasa penerjemahan online bisa kamu tawarkan ke penerbit yang membutuhkan penerjemah lepas. Atau, jika kamu punya kemampuan menerjemahkan dari bahasa asing ke Indonesia, kamu bisa mendaftarkan diri ke direktori penerjemah lepas internasional.

Selain sebagai bisnis sampingan, penerjemahan bisa jadi tambahan buat portfolio CV kamu di masa depan. Kamu juga bisa menggunakan contoh terjemahan untuk melamar di penerbit besar, misalnya.

7. Jualan Produk Digital 

Jualan pulsa sekarang bukan satu-satunya ide bisnis modal kecil di dunia digital, lho. Sekarang, kamu bisa jualan beragam produk digital seperti paket data dan voucher game. Produknya semakin beragam sehingga potensi keuntungan juga semakin besar.

Kamu juga bisa menawarkan jasa pembayaran tagihan secara online. Banyak orang yang lebih suka membayar tagihan listrik dan air dari rumah. Kamu bisa menggunakan paket usaha produk digital untuk menawarkan jasa ini sambil kuliah atau mengurus rumah.

Pakai DOKU Biar Makin Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!