Moms, Mari Mulai Usaha Perlengkapan Bayi dengan Mengikuti Kiat-Kiat Berikut

usaha perlengkapan bayi

Moms, mau coba usaha perlengkapan bayi? Wah, peluang bisnis yang cukup potensial itu! Simak semua info seputar modal dan kiat-kiat bisnisnya di sini, ya, moms!

Tahukah, moms? usaha perlengkapan bayi kian diminati banyak orang. Hal itu karena terdapat prospek pada penjualan produk-produk keperluan ibu dan anak. Dilansir dari media Detik.com, di awal tahun 2023, salah satu kategori produk terlaris adalah ibu dan bayi. Inilah alasannya semakin banyak pengusaha, terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), yang memilih untuk mencoba peruntungan pada kategori bisnis tersebut. 

Simak segala hal seputar bisnis perlengkapan ibu dan anak pada artikel ini, termasuk berapa modal awal yang dibutuhkan dan kiat-kiat dalam menjalankan usahanya. 

Mengapa Perlu Memulai Usaha Perlengkapan Bayi?

Memulai usaha perlengkapan bayi adalah pilihan yang menarik karena terdapat beberapa alasan yang mendukungnya, di antaranya:

Kehidupan keluarga yang umumnya penuh dengan kesibukan

Kini, banyak orang tua yang sangat sibuk sehingga mereka mencari produk yang dapat memudahkan perawatan bayi mereka. Bisnis perlengkapan bayi dapat menawarkan solusi yang efisien dan praktis.

Permintaan pelanggan yang konsisten

Permintaan akan perlengkapan bayi biasanya tetap stabil sepanjang tahunnya. Akan selalu ada orang yang memiliki bayi, dan dengan demografis yang berubah serta pertumbuhan populasi, bisnis perlengkapan bayi dapat memiliki pangsa pasar yang stabil.

Pengeluaran orang tua untuk buah hatinya yang cenderung tinggi

Orang tua cenderung menghabiskan banyak uang untuk membeli perlengkapan bayi yang berkualitas. Ini termasuk pakaian bayi, peralatan makan, kursi mobil, stroller, tempat tidur bayi, popok, dan masih banyak lagi.

Kehadiran media sosial bisa membantu kelancaran bisnis

Kini, media sosial memungkinkan usaha perlengkapan bayi untuk dipromosikan dengan lebih mudah. Perusahaan perlengkapan bayi dapat memanfaatkan platform medsos untuk berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan, mendapatkan review positif dari mereka, dan membangun branding yang kuat.

Berlakunya prinsip crescendo penjualan

Semakin berkembang bisnis yang dibangun dengan reputasi baik, pelanggan pun semakin mungkin untuk kembali saat mereka memiliki anak berikutnya atau setidaknya memberikan rekomendasi kepada teman maupun keluarga mereka. Itulah prinsip penjualan yang berlaku pada umumnya. 

Estimasi Modal dan Keuntungan Usaha Perlengkapan Bayi

usaha perlengkapan bayi

Sebelum memulai usaha perlengkapan bayi, cek terlebih dahulu anggaranmu untuk menanamkan modal awalnya, moms. Modal yang dibutuhkan awalnya berkisar antara Rp 5 – 10 jutaan saja. Berikut ini rinciannya:

Modal awal mulai dari Rp5.000.000,-

Jika modal awalmu relatif kecil, yakni Rp 5 jutaan saja, kamu bisa menawarkan beberapa ragam produk ibu dan bayi. Hal ini agar bisnismu lebih cepat “kembali modal” dan bahkan meraih keuntungan, contohnya: 

  • Susu formula dan makanan pendamping ASI instan untuk bayi
  • Beragam jenis pakaian bayi dan kain alas dada bayi
  • Perlengkapan mandi untuk bayi
  • Mainan bayi

Sebagian produk di atas sebaiknya dijual secara online guna menjangkau lebih banyak audiens. Di samping itu, konsumen juga akan menilai tokomu merupakan baby shop yang terkemuka.

Modal awal Rp10.000.000,- ke atas

Bila kamu memiliki modal awal minimal Rp 10 jutaan, setidaknya kamu dapat menjual beberapa produk bayi ini:

  • Perlengkapan mandi bayi (sabun, sampo, bak mandi, spons, handuk, jubah mandi, hair lotion, dan lainnya)
  • Peralatan makan serta minum bayi
  • Beragam jenis pakaian bayi (baju luar, baju dalam, popok, pernel, celana bayi, dan lainnya)
  • Perlengkapan tidur untuk bayi dan selimut bayi
  • Sandal, sepatu, dan kaus kaki bayi
  • Makanan dan minuman untuk bayi
  • Alat bantu duduk dan berjalan untuk bayi (baby stroller, baby walker, dan baby car seat
  • Mainan bayi

Dengan modal sekitar Rp 10 jutaan atau lebih, kamu sudah bisa menyediakan beragam produk bayi yang lengkap serta dapat membuka gerai atau toko (menjual produk secara offline). 

Kiat-Kiat Jitu dalam Memulai Usaha Perlengkapan Bayi 

usaha perlengkapan bayi

Mengingat potensi yang cukup besar pada bisnis keperluan ibu dan anak, para ahli pun membagikan kiat-kiat yang perlu dilakukan oleh pebisnis baru di bidang ini, di antaranya: 

Pelajari tipe produk yang sedang diminati konsumen

Apa saja jenis produk usaha perlengkapan bayi yang sedang trending? Itulah salah satu kunci awal dalam menjalankan bisnis ini. Untuk marketplace di dunia ecommerce, tren jenis produk yang sedang berlangsung di awal tahun 2023 adalah (secara urutan dari peringkat 1 hingga 5): produk perawatan kulit bayi, popok bayi, makanan instan dan susu formula bagi bayi, mainan edukatif untuk bayi, serta peralatan makan bayi. 

Persiapkan modal yang sesuai dengan estimasi dan analisis

Pertama, siapkan modal awal terlebih dahulu. Total nominal modal awal yang perlu disiapkan harus disesuaikan dengan hasil analisis di atas sebelumnya. Sebenarnya, kamu bebas memilih modal berapapun yang kamu mau selama sesuai dengan kapasitas ekonomimu saat itu. 

Sebutkan deskripsi produk selengkapnya beserta foto yang jelas

Hal lain yang perlu ditekankan dalam berbisnis baby shop ini adalah pentingnya penulisan deskripsi produk selengkap dan seterperinci mungkin. Mulai dari nama brand, ukuran, fungsi, warna, bahan dasar, cara perawatan, hingga usia bayi dan balita yang sesuai untuk produk tersebut. 

Jangan lupa jelaskan pula sertifikasi masing-masing item, contohnya label SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk pakaian bayi atau anak serta sertifikasi halal dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk makanan dan minuman bayi. Informasi semacam ini sangat berguna demi meyakinkan calon pelanggan tentang keamanan produknya.

Terakhir, sertakan pula foto masing-masing produk, tentunya foto yang jelas dan berkualitas baik. Pastikan lighting foto sudah cukup dan pilih latar belakang sederhana guna menonjolkan keunggulan produk. Kamu pun bisa mengunggah foto produk dari berbagai angle untuk menampilkan detail deskripsi produk.

Optimalkan strategi marketing via media sosial, marketplace, dan live shopping

Berkat teknologi yang sudah sangat maju saat ini, usaha perlengkapan bayi juga bisa dioptimalkan pemasarannya lewat medsos, situs web maupun aplikasi marketplace, dan fitur live shopping pada ketiga platform tersebut. 

Fitur live shopping biasanya dilakukan para pedagang offline yang juga mengadu nasib secara online. Faktanya, meskipun konsumen rela melakukabn “war” demi memperebutkan barang yang mereka inginkan saat sesi live shopping, bukan berarti bisnismu akan tetap aman. Seluruh lapisan masyarakat kini sedang bersaing untuk melariskan dagangan mereka video streaming secara langsung. 

Berdasarkan data dari berbagai sumber, live shopping ini memang sedang viral di dunia ecommerce. Pada tahun 2022 lalu saja, transaksi live shopping tercatat 2,5 kali lipat jumlahnya jika dibandingkan pada tahun 2021. 

Baca juga: Cara Menghitung Modal dan Harga Jual yang Efektif, Strategi Sukses Untuk Bisnismu

Kesimpulan 

Akhirnya, kita sampai pada kesimpulan, moms! Jadi, untuk dapat memulai usaha perlengkapan bayi diperlukan modal yang cukup dan motivasi tinggi agar usaha berjalan lancar. 

Mau punya bisnis langsung go digital? Serta jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Juragan DOKU

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!