Wirausaha Adalah Pendongkrak Ekonomi Negara, Begini Ciri dan Tips jadi Wirausaha Sukses

Wirausaha adalah salah satu pendongkrak ekonomi negara. Tak heran jika pemerintah gencar untuk membantu para pemilik bisnis guna menekan dan menurunkan tingginya angka pengangguran sekaligus memperbaiki kondisi ekonomi negara. 

Seorang wirausaha disebut dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk banyak sektor bisnis, terutama skala kecil dan menengah alias UMKM. Terlebih, sekarang ini bisnis UMKM telah bergeser secara online karena dukungan teknologi. Akan tetapi, menjadi seorang wirausaha bisa dibilang bukan hal yang mudah. Kamu harus mengenali apa saja ciri seorang wirausaha untuk menjadi salah satunya. 

Baca juga: CEO Adalah Kunci Sukses Perusahaan: Ketahui Fungsi dan Perannya

Wirausaha Adalah Pendongkrak Ekonomi Negara, Begini Ciri dan Tips jadi Wirausaha Sukses

Apa Itu Wirausaha?

Jadi, apa itu wirausaha? Dalam arti yang singkat, wirausaha adalah potensi untuk dapat mengembangkan, mengelola, serta melakukan bisnis baru guna mendapatkan profil sekaligus bisa mengambil risiko finansial pada masa mendatang. 

Sementara itu, dalam lingkup yang lebih luas lagi, wirausaha adalah proses untuk mencari solusi dari suatu masalah yang cukup krusial di masyarakat. Sering kali, cara yang digunakan adalah mengenalkan suatu produk atau jasa, atau membuat peluang pasar yang baru. 

Jika dihubungkan dengan ilmu ekonomi, wirausaha mempunyai kaitan dengan tenaga kerja, lahan, modal, dan sumber daya alam yang dapat memberikan profit. Selain itu, wirausaha juga menjadi bagian yang tidak pernah lepas dari kapasitas negara untuk sukses dalam pasar global yang terus berubah dan lebih kompetitif seiring waktu. 

Di sisi lain, wirausahawan merupakan sebutan untuk seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha, bisa pula disebut dengan pengusaha yang mempunyai ide untuk membuat suatu produk atau jasa. Seorang wirausahawan akan mengambil risiko dan inisiatif yang cukup besar untuk bisnis sehingga kerap terlihat sebagai inovator.

Pengusaha bisa terlihat dalam banyak sosok. Misalnya, konten kreator, pendiri startup, pemilik bisnis kecil menengah, dan siapa saja yang punya ambisi untuk mendirikan bisnis serta bekerja untuk diri sendiri. 

Ciri Wirausaha

Seorang wirausaha memiliki ciri dan karakteristik khas yang tidak banyak diketahui. Jika kamu ingin menjadi salah satunya, pastikan mempunyai ciri-ciri wirausaha berikut ini:

  1. Berani mengambil keputusan dan risiko

Sering kali, seorang pemilik usaha harus berhadapan dengan kondisi ketika mereka diharuskan untuk dapat mengambil langkah dan keputusan dengan risiko tinggi. Ini juga termasuk keberanian untuk mencoba berbagai hal baru dan dapat menentukan langkah meski hasil akhirnya masih tidak pasti. 

  1. Inovatif dan kreatif

Oleh karena kerap kali mencari berbagai cara baru sebagai solusi atas masalah yang sedang dihadapi guna memenuhi apa yang menjadi kebutuhan pasar, pemilik usaha juga harus punya pemikiran kreatif dan inovatif dalam membuat solusi baru. Jika tidak, bukan tidak mungkin bisnis tidak berkembang dan justru berujung pada kerugian. 

  1. Memiliki pikiran jangka panjang

Seorang pemilik usaha juga mempunyai pikiran jangka panjang terhadap bisnis mereka di masa depan. Mereka tentunya harus bisa membuat rencana dan menyiapkan bisnis untuk tetap bertumbuh dan berkembang di masa depan dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. 

  1. Jiwa pemimpin

Memiliki jiwa pemimpin menjadi kunci penting wirausaha. Bukan tanpa alasan, seorang pengusaha harus memimpin tim mereka, dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, dan harus mampu mengambil langkah tepat untuk kemajuan bisnis serta solusi yang sedang dihadapi. 

  1. Kemampuan analisis

Sebagai pihak yang berperan penting dalam mengambil langkah strategis, pengusaha juga harus punya kemampuan analisis yang baik sehingga dapat mengelola bisnis dengan optimal. Tak hanya itu, wirausaha juga harus bisa mengidentifikasi peluang dan tren pasar, lalu menghubungkan dengan rencana bisnis di masa depan. 

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Seiring dengan semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan, wirausaha adalah opsi yang banyak dipilih, terlebih untuk generasi muda milenial. Sebab, menjadi seorang pengusaha juga menawarkan keuntungan tersendiri, seperti: 

  • Mempunyai kendali penuh atas bisnis yang dikelola.
  • Potensi keuntungan yang lebih tinggi karena sepenuhnya masuk ke kas pribadi.
  • Membuka peluang lapangan kerja baru. 
  • Jadwal kerja yang lebih fleksibel serta lebih mudah dalam menyesuaikan pekerjaan dengan aktivitas harian lainnya.
  • Kesempatan untuk belajar dan bertemu orang-orang baru yang lebih luas lagi. 

Tips Menjadi Wirausaha Sukses

Fleksibilitas jam kerja dan profit yang cenderung tinggi menjadi alasan terkuat seseorang ingin beralih sebagai pengusaha. Jika kamu adalah salah satunya, coba ikuti beberapa tips berikut ini. 

  1. Kuasai keahlian sebagai pengusaha

Pertama, menguasai keahlian sebagai wirausaha menjadi aspek penting yang harus kamu miliki. Mental seorang pengusaha memang harus terbentuk sejak dini sebelum memutuskan untuk mendirikan bisnis baru. 

Keahlian ini termasuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan target pasar, dapat melihat peluang dengan baik, memiliki keahlian berkomunikasi yang baik, dan lainnya. Semuanya bisa sangat bermanfaat untuk pengusaha karena keahlian ini sangat mereka butuhkan selama mengelola bisnis. 

  1. Dukungan akses modal

Selain itu, kamu tentu juga membutuhkan akses modal untuk membangun bisnis. Mempunyai dukungan modal yang baik akan sangat membantu melancarkan bisnis dan mempercepat proses produksi. 

Bisa dikatakan, modal usaha adalah aspek lain yang tidak kalah pentingnya untuk kelancaran bisnis. Kamu bisa memperoleh dukungan modal dari mana saja. Baik itu dari investor, dana pribadi, hingga pinjaman bank. 

  1. Dapat memberi solusi

Pengusaha adalah seseorang yang bisa memberi solusi yang pas untuk masalah yang mereka hadapi. Selain itu, solusi yang ada juga sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasar. Dengan begitu, produk maupun jasa yang kamu punya bisa diterima oleh pasar dengan lebih mudah. 

Hal tersebut bisa membuat bisnis berjalan lebih optimal dan lancar karena terjadinya peningkatan penjualan. 

  1. Mengambil peluang dengan cepat

Selain itu, seorang pengusaha juga harus cerdas dan kreatif dalam mengambil peluang. Ini karena persaingan dalam bisnis juga tak kalah ketatnya dengan mencari pekerjaan baru. Inilah sebabnya, seorang pengusaha harus cepat mengambil peluang yang tersedia. 

Ini termasuk kesempatan untuk mengambil momen, eksekusi ide, hingga menggaet pasar dengan strategi yang pas. Meski begitu, pengusaha juga harus dapat mempertimbangkan semua aspek positif dan negatif dengan cermat sehingga tidak salah langkah.

  1. Dapat mengelola operasional perusahaan

Ketika menjalankan bisnis, pengusaha harus dapat mengelola segala bentuk aktivitas operasional. Terutama jika kamu baru saja memulai, tentu akan ada banyak kebutuhan yang wajib Anda ketahui. Contohnya bagaimana mengembangkan produk hingga proses pemasarannya. 

Jika tidak pandai mengelola, maka bukan tidak mungkin aktivitas operasional bisnis akan kacau, mulai dari pengelolaan stok, pemasaran, sampai laporan finansial. 

Jadi, wirausaha adalah pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mengelola bisnis sendiri sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Agar operasional bisnis lebih optimal, jangan ragu untuk menggunakan Juragan DOKU. 

Kamu sudah punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphone, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!