Mengenal Rekber: Sistem Bayar Aman Anti Tipu-Tipu

Apa itu rekber

Istilah rekber mungkin tidak terlalu asing di telinga. Namun ternyata, masih banyak yang belum tahu apa itu rekber dan bagaimana cara kerjanya. Sebagai referensi, berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu Rekber?

Merupakan singkatan dari rekening bersama, istilah rekber pertama kali digunakan para pengguna Kaskus yang melakukan transaksi jual beli di situs komunitas tersebut. Rekber mulai diterapkan sejak munculnya banyak keluhan dari pengguna.

Pada saat itu sistem pembayaran online seperti virtual account atau e-money masih belum terlalu marak. Jadi setiap transaksi pembelian selalu dikirimkan melalui transfer bank.

Pengecekan masuk tidaknya uang pun masih dilakukan secara manual yaitu dengan mengecek mutasi. Sistem pembayaran semacam ini ternyata banyak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk berbuat curang.

Banyak yang mengaku sudah transfer uang, memberi struk palsu, dan meminta barang dikirimkan. Ada pula yang sudah menerima uang dari pembeli tetapi tidak mengirimkan barang yang dibeli.

Sebagai pemilik komunitas, Kaskus pun akhirnya membuat sistem rekber demi keamanan semua. Jadi Kaskus menyediakan sebuah rekening khusus yang diawasi oleh admin untuk memantau uang masih dan keluar.

Pembeli akan mengirimkan uang ke rekening tersebut. Setelah dipastikan masuk, admin akan menginfokan pada penjual untuk mengirim barang. Uang dari pembeli tadi tidak akan dicairkan ke penjual sebelum barang sampai di tangan pembeli.

Setelah barang sampai dan dipastikan sesuai, tidak ada cacat yang mengharuskan refund, dana pun dicairkan ke penjual. Sistem pembayaran ini dinilai sangat efektif dan cukup lama digunakan di Kaskus.

Di luar negeri, sistem rekening bersama dikenal dengan sebutan escrow service. Selain Kaskus sebagai komunitas resmi, ada banyak individu yang menawarkan jasa rekening bersama. 

Biasanya mereka akan menerapkan jasa sekitar Rp5.000 – Rp10.000 tergantung nilai transaksi.  Seiring perkembangan zaman, marketplace semakin marak dan para pengguna Kaskus pun lebih memilih berbelanja di sana. 

Namun sistem rekber “manual” yang kita kenal di Kaskus kini berkembang menjadi lebih canggih. Menggunakan virtual account, rekber berkembang menjadi salah satu sistem pembayaran digital yang aman. 

Arus uang keluar masuk tidak lagi dipantau oleh admin tetapi sistem otomatis. Jadi kemungkinan terjadinya tindak kecurangan pun bisa dicegah secara efektif. Tidak hanya itu, virtual account juga lebih fleksibel.

Tidak mengandalkan satu atau dua rekening bank saja, virtual account mampu mengakomodasi semua metode pembayarang yang dipilih pembeli. Jadi kita tidak perlu repot kirim uang melalui atm tertentu.

Cukup dengan memasukkan nomor virtual account yang diberikan, kita bisa mengirimkan uang dengan apa saja, dari mana, dan kapan saja. Penjual juga tidak perlu repot cek mutasi.

Sistem virtual account akan secara otomatis mengirimkan notifikasi bahwa pembayaran telah dilakukan sehingga penjual bisa langsung mengirimkan barang. Pembeli merasa aman, penjual pun merasa tenang.

Read more: Makin Banyak! 3 Sistem Pembayaran Non Tunai yang Ada Saat Ini

Manfaat Menggunakan Rekber

Setelah membahas panjang lebar tentang apa itu rekber, cara kerja, dan beberapa kegunaannya. Selanjutnya mari kita gali manfaat rekening bersama lebih dalam lagi. Berikut ulasannya:

1. Terjamin Keamanannya

Sempat dibahas di atas, baik penjual maupun pembeli terjamin keamanannya ketika menggunakan rekber. Pembeli pasti akan memperoleh barang dengan kualitas yang mereka inginkan.

Jika tidak, dana akan dikembalikan begitu barang yang rusak tadi dikirim kembali ke penjual. Jadi pembeli tidak perlu khawatir mendapatkan barang yang jelek atau rusak. Untuk penjual, rekber akan melindungi dari bukti transfer palsu.

Jika pemilik jasa rekber tidak mengonfirmasi bahwa uang telah dikirim pembeli, penjual tidak akan mengirimkan barang sampai barang tersebut benar-benar dibayar dan masuk ke rekening bersama. 

2. Membuat Kepercayaan Pembeli Meningkat

Pembeli yang puas dengan metode pembayaran ini bisa dipastikan akan berbelanja kembali di tempat kita. Hal tersebut menunjukkan bahwa tersedianya rekber sebagai salah satu metode pembayaran adalah pilihan tepat. 

Dengan menyediakan layanan ini, kita bisa meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap bisnis. Pembeli pun pasti akan memilih penjual yang memiliki layanan rekber untuk alasan keamanan.

3. Tidak Cemas Produk akan Dikirim atau Tidak

Selain yakin bahwa produk yang dikirim pasti berkualitas, Pembeli juga tidak akan merasa cemas barangnya akan sampai ke tangan atau tidak. Pemilik jasa rekber akan memastikan hal ini.

Jadi sebelum pembeli konfirmasi bahwa barangnya sudah sampai, aman, dan dalam kondisi baik, jasa rekening bersama tidak akan mencairkan dana yang sudah ditransfer pembeli ke penjual.

Sebagai penjual, kita tentu juga ingin menghindari risiko ini. Jika ingin memperoleh dana penjualan, kita harus mengirimkan barang sesuai pesanan. Pastikan pula kondisi barang dalam keadaan baik dan ambil foto sebagai bukti.

Hal ini untuk menghindari pembeli yang bisa saja curang dan mengaku bahwa barang yang diterima rusak untuk mendapat refund tetapi tidak mau mengembalikan barang. Jadi ketika dikonfirmasi jasa rekening bersama, penjual punya bukti valid. 

Kesimpulan

Dari ulasan tentang apa itu rekber dan beberapa manfaatnya, kita sampai pada kesimpulan. Kejahatan online memang bukan sesuatu yang bisa dihindari, termasuk dalam jual beli. 

Semua tergantung oknum dan upaya antisipasi yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan menyediakan pilihan layanan pembeyaran seperti rekening bersama pada bisnis online.

Selain menarik minat pelanggan, penyediaan pilihan layanan pembayaran rekening bersama juga memudahkan kita untuk menyelenggarakan bisnis secara aman. Risiko penipuan dari oknum tidak bertanggung jawab pun bisa dihindari.

Di era digital ini layanan rekening bersama berevolusi menjadi lebih baik lagi. Jika kita berminat menyediakan layanan semacam ini, menggunakan jasa payment gateway bisa jadi salah satu solusi bijak.

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!