Hindari Kegagalan Berbisnis Dengan Mempelajari Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis

apa itu studi kelayakan bisnis

Semua bisnis, terlepas dari sektor industri dan ukurannya pasti menghadapi sejumlah risiko. Risiko ini bisa muncul dalam berbagai bentuk misalnya saja peluncuran produk yang gagal, kehilangan konsumen dalam jumlah besar atau kecurangan dalam laporan keuangan. Di sinilah dibutuhkan studi kelayakan bisnis. Apa itu studi kelayakan bisnis?

Untuk memahami apa itu studi kelayakan bisnis, tujuan, fungsi, aspek serta manfaatnya, kita akan mengupas tuntas hal tersebut dalam artikel ini. Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

Read More: Serba-Serbi Apa Itu Bisnis Internasional, Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?

Studi kelayakan atau yang dikenal sebagai feasibility study merupakan analisis yang dilakukan dengan cara memperhitungkan setiap faktor yang relevan dalam proyek yang akan dilaksanakan. Faktor-faktor itu bisa mencakup pertimbangan hukum, teknis, ekonomi dan penjadwalan). Dengan begitu, bisa ditentukan apakah proyek tersebut bisa selesai dengan sukses atau tidak.

Dalam ruang lingkup bisnis, studi kelayakan dilakukan sebagai bagian dari tugas manajemen proyek. Adanya studi kelayakan memungkinkan orang yang bertanggung jawab dalam proyek untuk memberi keputusan terbaik. Caranya adalah dengan melakukan penilaian kepraktisan berdasarkan data dan analisis tertentu. 

Jika proyek dianggap layak, maka prosesnya bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya. Seballiknya jika tidak, maka diperlukan langkah-langkah mitigasi untuk meminimalisasi risiko yang bisa menyebabkan proyek tersebut gagal.

Pada dasarnya, studi kelayakan bisa dilakukan pada semua jenis proyek yang dianggap layak untuk dipelajari lebih jauh oleh tim bisnis. Beberapa skenario yang mungkin membutuhkan studi kelayakan antara lain adalah:

  • Ketika kamu akan memulai bisnis baru seperti startup (usaha rintisan)
  • Saat akan meluncurkan produk baru ke pasaran
  • Saat akan memasuki pasar baru atau membuka cabang lagi.
apa-itu-studi-kelayakan-bisnis

Tujuan dan Fungsi Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis perlu dilakukan sebagai bagian dari pembentukan usaha bisnis baru. Kamu perlu mengumpulkan data, melakukan analisis yang dibutuhkan serta mempelajari semua temuan yang ada sebelum memulai atau melakukan perubahan pada bisnis yang kamu jalankan.

Studi kelayakan yang akurat akan membantu para pemilik bisnis untuk menentukan ROI serta biaya untuk setiap proyek yang dijalankan. Adanya studi kelayakan memungkinkanmu membuat keputusan berdasarkan data, alih-alih hanya menggunakan intuisi semata.

Jika dilihat dari fungsinya, studi kelayakan bisnis adalah cara untuk menentukan apakah sebuah usaha layak untu dijalankan atau tidak. Langkah ini perlu dilakukan agar pemilik usaha maupun investor tidak mengalami kerugian. Usaha atau investasi apapun yang dilakukan tanpa rencana dan studi kelayakan yang matang pasti akan menuai kegagalan.

Studi kelayakan bisnis untuk bisnis baru menurut Suliyanto (2010) dapat dilakukan dalam 7 langkah yakni:

  1. Menemukan ide bisnis
  2. Melaksanakan studi pendahuluan untuk memperoleh gambaran umum mengenai peluag bisnis yang akan dilaksanakan
  3. Menyusun desain studi kelayakan bisnis. Ini termasuk menentukan aspek-aspek apa saja yang akan diteliti
  4. Pengumpulan data. Data bisa didapatkan dengan berbagai cara termasuk wawancara, observasi dan lain sebagainya
  5. Analisis dan interpretasi data
  6. Membuat kesimpulan dan menyusun rekomendasi
  7. Menyusun laporan hasil dari studi kelayakan bisnis yang akan jadi acuan dalam pengambilan keputusan akhir.

Aspek-aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

Secara umum terdapat 5 aspek atau 5 area yang menjadi pertimbangan penting dalam studi kelayakan bisnis. Kelima hal tersebut yang nantinya akan menjadi faktor penentu apakah proyek atau bisnis tersebut bisa dijalankan atau tidak. Kelima aspek tersebut adalah:

Aspek Kelayakan Teknis

Aspek kelayakan teknis dilakukan untuk menjawab pertanyaan: apakah proyek ini secara teknis bisa dilaksanakan? Penilaian ini dilakukan dengan melihat garis besar persyaratan sistem. Tujuanya adalah untuk melihat apakah perusahaan memiliki kemampuan teknis untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Studi kelayakan teknis berfokus untuk memperoleh pemahaman mengenai sumber daya teknis yang dimiliki perusahaan saat ini serta kesesuaiannya dengan hasil yang diharapkan dalam proyek tersebut. Ini termasuk evaluasi perangkat lunak maupun perangkat keras.

Aspek Kelayakan Hukum

Aspek kelayakan hukum adalah faktor yang menentukan apakah proyek yang diusulkan bertentangan dengan persyaratan hukum atau tidak. Misalnya saja untuk pemrosesan data, perusahaan harus mematuhi aturan mengenai perlindungan data konsumen. Kira-kira, apa usaha yang bisa dilakukan agar proyek tidak terbentur dengan aturan tersebut dan tidak melanggar hukum negara?

Aspek Kelayakan Finansial

Setiap proyek yang dilakukan tentu memiliki tujuan akhir yang sama: mendatangkan keuntungan bagi perusahaan yang melaksanakannya. Dengan adanya studi kelayakan secara finansial, perusahaan bisa menentukan apakah mereka memiliki kemampuan keuangan yang cukup untuk bisa mengeksekusi ide tersebut. Jika ya, apakah proyek tersebut bisa mendatangkan profit yang diharapkan?

Aspek Kelayakan Operasional

Penilaian aspek kelayakan operasional dilakukan untuk menilai sejauh mana proyek yang diusulkan cocok dengan lingkungan dan tujuan bisnis perusahaan. Hal ini berhubungan juga dengan tanggal pengiriman, jadwal pengembangan proyek, proses bisnis yang ada serta budaya perusahaan.

Aspek Kelayakan Waktu

Studi kelayakan waktu dilakukan dengan memperhitungkan periode saat proyek berlangsung hingga waktu penyelesaiannya. Sebuah proyek bisa gagal saat waktu penyelesaiannya terlampau lama dan melebihi tenggat waktu yang direncanakan. Kelayakan waktu merupakan ukuran seberapa masuk akal sebuah proyek.

Coba pertimbangkan kemampuan teknis tim kamu, apakah kira-kira proyek tersebut masuk akal untuk diselesaikan berdasarkan waktu yang sudah direncanakan? Jika terlalu lama, apakah ada upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi keterlambatan ini?

apa-itu-studi-kelayakan-bisnis

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Beberapa manfaat dari studi kelayakan bisnis yang perlu kamu ketahui antara lain adalah:

  • Meningkatkan fokus tim yang terlibat dalam proyek
  • Mengidentifikasi munculnya peluang baru
  • Memberikan informasi berharga dalam pengambilan keputusan untuk melanjutkan proyek tersebut atau tidak
  • Mengidentifikasi alasan yang masuk akal untuk melanjutkan proyek
  • Meningkatkan peluang keberhasilan dengan mengevaluasi berbagai parameter
  • Membantu pengambilan keputusan dalam bisnis
  • Mengidentifikasi alasan kenapa proyek tidak bisa dilanjutkan.

Mengetahui apa itu studi kelayakan bisnis dan mempersiapkannya merupakan langkah penting yang akan membantu manajer proyek untuk membuat keputusan tentang apakah waktu, uang dan usaha yang dihabiskan untuk proyek tersebut layak atau tidak. Studi kelayakan juga dapat membantu manajemen perusahaan menghindari upaya bisnis yang rumit dengan memberi mereka informasi penting.

Manfaat lain dari studi kelayakan bisnis adalah membantu dalam menciptakan peluang usaha baru dengan memberikan informasi tentang bagaimana perusahaan akan bekerja, risiko atau masalah apa yang mungkin dihadapi nantinya, siapa saja pesaingnya dan berapa serta bagaimana pendanaan akan didapatkan.

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui terkait apa itu studi kelayakan bisnis dan manfaatnya. Selain memahami tentang studi kelayakan bisnis untuk setiap proyekmu, jangan lupa untuk memberikan dukungan terbaik untuk kebutuhan pembayaran transaksi bisnismu. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!