Serba-Serbi Apa Itu Bisnis Internasional, Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

apa itu bisnis internasional

Apa itu bisnis internasional? Sebelum memulainya, kamu harus mengetahui definisi, manfaat, hingga jenis bisnis internasional dan pengaruh pasar modal.

Era ekonomi global berarti tidak hanya lagi berfokus pada bisnis lokal. Kini, sudah banyak pelaku bisnis yang merambah ke ranah internasional. Bila satu negara berbisnis dengan negara lain, biasanya karena keterbatasan yang dimiliki negara masing-masing. Makanya, bisnis model ini disebut bisnis internasional.

Read More: Yang Wajib Diketahui Apa Itu Tentang Hukum Bisnis

Definisi Bisnis Internasional

Jadi, apa itu bisnis internasional? Inilah pengertian menurut para ahli:

  • Menurut Ball dan Wendell:

Bisnis internasional adalah bisnis dengan kegiatan yang melampaui batas-batas geografis antar negara. Bisnis internasional tidak hanya meliputi urusan perdagangan internasional maupun urusan manufaktur di luar negeri. Yang juga termasuk dalam bisnis internasional antara lain: pariwisata, perbankan, transportasi, periklanan, perdagangan eceran, perdagangan besar, komunikasi massa, konstruksi, dan masih banyak lagi.

  • Menurut John D. Daniels:

Bisnis internasional adalah kesatuan bisnis yang dilakukan oleh minimal dua negara dengan segala bentuk transaksi komersial yang terjadi.

  • Menurut Fariz Hutama Putra (Head of International Business Management dari i3L School of Business):

Bisnis internasional adalah bisnis yang melibatkan minimal dua negara dan dapat dilakukan oleh pemerintah maupun swasta.

apa-itu-bisnis-internasional

Alasan Mempelajari Bisnis Internasional

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mempelajari bisnis internasional. Inilah beberapa alasan di antaranya:

1. Mendapatkan pengetahuan mengenai perkembangan bisnis di negara lain.

Negara yang tengah mengembangkan satu bisnis dapat belajar dari negara lain yang sudah menjalankan bisnis serupa. Bukan tidak mungkin bila suatu saat nanti, negara yang semula belajar dapat bersaing dengan negara yang telah mereka pelajari bisnisnya.

2. Mendapatkan pengetahuan mengenai cara perluasan jaringan bisnis hingga ke negara lain.

Jaringan serta interaksi sangat penting terkait dengan pertumbuhan internasional. Negara dapat mengetahui dan memahami cara-cara pebisnis dalam memperluas jaringan hingga ke negara lain.

3. Mendapat pengetahuan mengenai kebijakan perdagangan lintas negara.

Kebijakan tiap negara pasti berbeda-beda. Bila ingin menawarkan produk atau jasa di negara orang, ibaratnya kita bertamu ke rumah mereka. Ikuti tata cara yang berlaku di sana bila ingin menjalin relasi bisnis yang baik dengan negara lain. Bila tidak, siap-siap saja ditolak atau bahkan diblokir, karena dianggap sebagai ancaman.

Banyak pebisnis profesional yang gagal saat mencoba berdagang di negara lain. Penyebab umumnya adalah ketidakmampuan hingga ketidakpatuhan mereka dalam mengikuti ketentuan yang berlaku di negara tersebut. Misalnya: tidak memahami bahwa ada beberapa jenis produk ekspor dan impor yang harus dibatasi negara tersebut. 

Kegagalan lainnya disebabkan oleh kesalahan mereka saat membaca pangsa pasar di negara tersebut. Makanya, produk yang mereka tawarkan ternyata tidak sesuai kebutuhan negara yang bersangkutan.

4. Mendapat pengetahuan mengenai produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan negara.

Nah, untuk mengurangi kegagalan dalam menawarkan produk ke negara lain, pengusaha harus mengetahui produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan negara. Produk yang cocok di negaranya sendiri belum tentu sesuai saat ditawarkan ke negara lain. Cara ini dapat menghemat biaya promosi sekaligus produksi. Bila sudah mengenal karakter pangsa pasar negara tersebut, maka pengusaha tahu yang harus ditawarkan kepada mereka.

5. Mendapat pengenalan mengenai seluk-beluk kegiatan bisnis internasional.

apa-itu-bisnis-internasional

Ada empat (4) jenis bisnis internasional yang harus kamu ketahui, yaitu:

Foreign trade.

Sesuai dengan namanya, bisnis internasional ini berupa kegiatan yang paling lazim dilakukan oleh banyak negara. Contoh yang paling sering adalah kegiatan ekspor dan impor antar negara. Barang yang menjadi objek dagang adalah yang berwujud dan berupa komoditas.

Trade in Services

Sesuai dengan namanya, bisnis internasional ini berupa kegiatan ekspor dan impor antar negara, namun dengan barang yang tidak berwujud atau tangible goods. Contoh: jasa perbankan, jasa konsultan, jasa perhotelan, asuransi, dan masih banyak lagi.

Portfolio investments

Bisnis internasional ini berupa kegiatan dalam bentuk investasi di negara lain. Negara investor dapat memberikan investasi di negara lain dalam bentuk modal atau hutang untuk memenuhi kebutuhan negara tersebut.

Direct investments

Bisnis internasional ini berupa kegiatan satu negara atau pihak asing yang menanam modal untuk suatu proyek di negara lain. Pengawasan yang dilakukan terkait penanaman modal untuk proyek tersebut bisa bervariasi. Ada yang berupa tingkat pengawasan sebagian hingga yang penuh.

Signifikansi Pasar Modal Dalam Bisnis Internasional

Bisnis internasional sangat dipengaruhi oleh pasar modal secara signifikan. Sebagai salah satu sumber dana bagi badan usaha untuk mengakses dana dari investor, pasar modal dapat memberikan tambahan modal agar badan usaha bisa mengembangkan bisnis mereka secara internasional.

Namun, fluktuasi harga saham juga dapat mempengaruhi situasi pasar modal dalam bisnis internasional. Karena itulah, pengusaha harus paham akan kondisi pasar di negara tujuan mereka. Misalnya: tingkat persaingan, kebiasaan belanja, hingga kebijakan perdagangan yang ada di sana.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bisnis Internasional

Mengapa bisnis internasional sangat penting untuk dipelajari? Inilah beberapa alasan berikut:

  1. Adanya perbedaan sumber daya alam yang terdapat di berbagai negara.

Tidak semua negara mempunyai sumber daya alam yang sama. Meskipun ada yang sama, belum tentu kuantitas maupun kualitasnya tidak berbeda. Masing-masing negara juga bertanggung jawab memenuhi kebutuhan rakyat mereka, meskipun sumber daya yang terkait harus didapatkan dari negara lain.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, maka dibuatlah sistem bisnis internasional berupa kegiatan ekspor dan impor. Kegiatan ini diatur dalam regulasi kerja sama antar negara yang terlibat.

  1. Untuk penghematan biaya produksi.

Adanya kompetisi dalam bidang teknologi juga mempengaruhi kemampuan tiap negara dalam memproduksi bahan baku serta komponen tertentu. Pastinya, negara dengan teknologi paling mutakhir lebih mampu bersaing dalam hal ini. Negara lain yang tidak seberuntung itu pasti akan kewalahan saat memaksakan diri memproduksi bahan baku dan komponen yang sama untuk keperluan dalam negeri.

Dengan kegiatan ekspor dan impor antar negara, biaya produksi akan bisa lebih dihemat. Misalnya: daripada repot-repot memproduksi bahan baku maupun komponen sendiri, Negara A memilih membeli bahan baku dan komponen tersebut dari Negara B.

  1. Untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Alasan ini masih terkait dengan alasan sebelumnya. Berhubung tidak semua negara mempunyai sumber daya alam yang sama, maka bisnis internasional pun dibutuhkan. Bahan baku dan komponen yang dibeli dari negara lain mampu memenuhi kebutuhan nasional negara yang bersangkutan.

  1. Demi peningkatan pemasukan negara.

Negara yang mempunyai bahan baku dan komponen yang bisa dijual ke negara lain juga dapat keuntungan. Hasil dari penjualan tersebut dapat meningkatkan pemasukan negara.

  1. Untuk perluasan pasar.

Jelas sekali bahwa bisnis internasional diperlukan untuk perluasan pasar. Harapannya, perluasan pasar dapat menambah promosi yang nantinya akan mempengaruhi kenaikan pendapatan negara. Produk atau jasa suatu negara akan lebih dikenal di negara lain berkat adanya perluasan pasar.

Kesimpulan

Apa itu bisnis internasional? Semoga keterangan di atas cukup menjawab pertanyaan ini. Kamu pemilik bisnis? Ingin proses pembayaran pelanggan makin otomatis dan bisnis maju pesat ?

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!