10 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Coba Yuk!

bisnis modal kecil untung besar

Bisnis modal kecil untung besar yang tahan resesi ternyata ada! Inilah 10 rekomendasi usaha yang bisa menjadi inspirasimu untuk mencari penghasilan.

“Kalau bisnis besar saja bisa tutup saat resesi, gimana dengan bisnis kecil?”

Jangan cemas dulu! Walau resesi membuat kondisi ekonomi lebih sulit, bukan berarti masyarakat tidak butuh bisnis! Ada banyak ide bisnis modal kecil untung besar yang produk atau jasanya sangat dibutuhkan masyarakat. 

Ide bisnis tahan resesi biasanya menjual produk atau jasa yang dibutuhkan secara luas, bersifat prioritas, atau terbukti mampu mengarungi gelombang pasang-surut ekonomi. Inilah 10 ide yang bisa kamu pertimbangkan untuk menghadapi masa sulit.

Read More: Mengenal Modal Ventura sebagai Solusi Pendanaan Bisnis

1. Bisnis Makanan Beku

Makanan beku siap masak alias frozen food telah terbukti menjadi salah satu bisnis kecil paling tahan lama. Bisnis ini bahkan menjadi alternatif sumber penghasilan selama pandemi. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil dan tanpa toko.

Makanan beku siap masak bisa menyasar berbagai kalangan pembeli, mulai dari keluarga dengan anak, pekerja atau mahasiswa, hingga penjual jajanan. Kamu bisa menyesuaikan ukuran bisnis dengan modal awal.

Misalnya, untuk permulaan, mulailah dengan satu freezer ukuran kecil serta beberapa pilihan produk makanan beku terlaris. Produk yang lumayan dicari biasanya adalah nugget ayam, bakso seafood, bakso daging, sosis, dan kentang goreng beku.

2. Bisnis Katering Sehat

Bisnis katering sendiri adalah usaha yang cukup tahan banting. Akan tetapi, bisnis katering sehat bisa menyasar lebih banyak golongan konsumen. Kamu juga bisa memanfaatkan tren makan sehat yang semakin populer, terutama di kalangan keluarga dan pekerja kantoran.

Kamu bisa bikin katering sehat dengan berbagai variasi. Misalnya, kamu bisa fokus pada makanan ala Indonesia yang dimasak secara sehat. Kamu juga bisa memilih makanan sehat ala Barat yang trendi dan Instagram-able.

Katering sehat yang memenuhi kebutuhn nutrisi tertentu biasanya lebih potensial untuk menjadi langganan konsumen tertentu. Misalnya, kamu bisa membuat menu vegan, menu ramah diabetes, atau khusus penderita hipertensi.

3. Layanan Mobile Grooming buat Hewan

Pemilik hewan peliharaan biasanya tidak keberatan mengatur keuangan demi memberi peliharaan mereka kualitas hidup terbaik. Kamu bisa mencari penghasilan dari sini dengan membuat layanan mobile grooming.

Layanan ini khusus untuk pemilik hewan yang merasa kerepotan jika harus ke salon hewan setiap saat. Kamu bisa membawa layanan memandikan, memangkas bulu, dan memberi tonik atau vitamin ke rumah pemilik hewan.

Ingat, walau perlengkapan mobile grooming mudah dicari, modal utama untuk bikin usaha ini adalah kesabaran, rasa sayang terhadap hewan peliharaan, dan niat untuk riset demi memberi perawatan terbaik untuk macam-macam hewan.

Sebagai permulaan, kamu bisa memfokuskan layananmu ke hewan tertentu, misalnya kucing atau anjing saja. Akan tetapi, kucing dan anjing pun banyak jenisnya, jadi pastikan kamu mengetahui tips dan trik grooming berbagai jenis, ya!

4. Jamu atau Minuman Tradisional Kemasan

Banyak orang suka minum jamu atau minuman herbal tradisional, tetapi malas meracik sendiri atau tidak bisa menemukan tukang jamu keliling. Kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan membuat jamu kemasan praktis.

Dengan kemasan praktis seperti botol berlabel dan bersegel, kamu bisa menyasar konsumen yang memilih ramuan tradisional sebagai solusi untuk menjaga kesehatan. Kamu bisa merancang label dan mereknya agar lebih modern dan bahkan berkesan trendi.

Kamu bisa membuat racikan sendiri dari bahan seperti jahe, jeruk nipis, madu, kunyit, temulawak, dan sebagainya. Atau, kamu bisa meracik jamu populer seperti beras kencur dan kunyit asam, lalu mengemasnya agar bisa langsung diminum.

5. Usaha Perbaikan Barang Rumah

Memasuki masa resesi, banyak orang yang memilih memperbaiki barang-barang rumah tangga yang rusak, bukannya membeli yang baru (mungkin termasuk kamu!). Masalahnya, kita tidak selalu bisa menemukan tukang memperbaiki barang saat sedang butuh.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menawarkan jasa perbaikan barang rumah tangga. Barang yang diperbaiki bisa macam-macam, mulai dari gagang panci, jam dinding, hingga sandal jepit.

Usaha ini mungkin bukan tipe yang penghasilannya besar, tetapi jasanya cukup banyak dicari sehingga cocok sebagai usaha sampingan.

6. Servis Ponsel/Barang Elektronik

Servis ponsel dan barang elektronik juga banyak dicari di masa resesi. Kamu bisa membantu pelanggan memperpanjang masa pakai barang mereka agar tidak perlu membeli. Dijamin banyak yang akan mencari jasamu, terutama jika tipe barang yang bisa kamu garap beragam.

Selain ponsel, kamu bakal dapat banyak pelanggan jika bisa memperbaiki kipas angin, mesin cuci, TV, dan barang elektronik rumah tangga lainnya. Jangan lupa tambah keahlianmu dengan memelajari produk populer seperti air fryer dan kompor listrik.

7. Laundry Baju, Tas, atau Sepatu

Bisnis ini terbukti jadi salah satu bisnis modal kecil untung besar jika kamu mengelolanya dengan baik. Laundry juga banyak dicari terutama oleh keluarga dan kaum pekerja atau mahasiswa.

Jika laundry baju banyak saingannya, kamu bisa mulai dari laundry spesifik seperti tas dan sepatu. Akan tetapi, walau modalnya kecil, pastikan kamu mengetahui dulu teknik benar membersihkan barang-barang tersebut

8. Usaha Warung

Warung makan cukup bisa bertahan di era resesi karena orang masih butuh makan. Hidangan warung juga banyak dicari semua kalangan. Kamu bisa mulai dari rumah sendiri dengan pilihan menu yang dirotasi setiap hari. 

9. Afiliasi lewat Konten Digital

Kalau kamu gemar membuat konten digital, pertimbangkan bisnis afiliasi. Video YouTube, Instagram, hingga TikTok bisa jadi bahan konten untuk memasarkan produk. Agar bisnismu bisa berkembang dan menghasilkan, buat konten bermanfaat yang konsisten.

Misalnya, kamu bisa bikin video transisi fashion TikTok dan bikin tautan afiliasi ke tempat belanja baju. Atau, kamu bisa bikin tips makeup, video masakan, video cara merawat kendaraan, dan sebagainya.

Agar bisnismu tetap jalan, pastikan kamu menyisihkan waktu dan tenaga untuk membuat konten bermanfaat. Jangan lupa pilih bisnis afiliasi yang “nyambung” dengan kontenmu.

10. Bisnis Bahan Makanan atau Sembako

Akhirnya, jika kamu nggak bisa masak, cobalah menjual bahan makanan mentahan seperti sembako. Bahan-bahan ini juga banyak dicari, terutama karena penjual borongan bisa menawarkan harga lebih murah daripada supermarket.

Kamu bisa mulai dengan menjual bahan utama seperti beras, telur, gula, dan minyak goreng. Jika berkembang, coba tambahkan produk favorit lain yang tahan lama seperti mi instan, kornet dan sarden kalengan, bumbu dalam kemasan, hingga bahan dasar membuat kue.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini.

 Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!