11 Ide Bisnis Tanpa Modal, Raup Cuan dari Rumah

Percaya tidak, ada beberapa ide usaha yang ternyata tidak memerlukan modal untuk dijalankan? Ya, berbekal alat/fasilitas yang sudah ada, keahlian diri, dan tekad kuat, kamu sudah bisa membangun sebuah bisnis.

Meski demikian, kamu perlu melakukan beberapa persiapan penting. Misalnya, menentukan produk/jasa yang sesuai skill sekaligus menarik untuk dijual, melakukan riset, dan merencakan strategi pemasaran yang akan diterapkan.

Berikut adalah 11 ide bisnis tanpa modal untuk referensi kamu. Jika ditekuni dan dijalani dengan serius, kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai profesi bergengsi, bahkan menjadi sumber penghasilan utama. 

Baca juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Mudah Dilakukan

1. Bisnis toko online

Ada banyak platform penyedia toko online gratis. Salah satu contoh populer adalah Blogger. Cara membuatnya juga tak sulit; cukup daftar dengan email, lalu mulai atur tampilannya sesuai kebutuhan. Jangan khawatir soal desain, karena tersedia banyak sekali template yang bisa dipakai. Selain website, kamu juga bisa menggunakan platform e-commerce. 

2. Bisnis jasa penulis

Merasa cukup andal menyusun kata-kata yang enak dibaca dan persuasif? Kamu harus mencoba bisnis sebagai penulis. Penulis artikel, misalnya, saat ini banyak pemilik website yang membutuhkan artikel, terutama artikel SEO (search engine optimization). Tarifnya variatif, mulai dari Rp35 ribu-an per artikel, tergantung jumlah kata dan tingkat kesulitan tema/topik.

Selain penulis artikel, ada jasa juru wara (copywriter), UX writer, technical writer, penulis buku, ghostwriter, juga penulis skrip. Masing-masing memerlukan skill yang harus terus diasah.

3. Bisnis reseller dan dropshipper

Salah satu jenis usaha tanpa modal yang cukup diminati adalah dropship. Kamu hanya perlu mempromosikan produk dari supplier dan tak harus repot mengurusi packing dan pengiriman. Bahkan biasanya pihak supplier juga telah menyiapkan bahan promosi, kamu tinggal mem-posting ke media sosial.

Selain dropshipper, menjadi reseller juga merupakan ide bisnis menguntungkan. Bedanya, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membeli barang/produknya dulu sebagai stok, baru nanti dijual lagi dengan harga yang telah di-mark up.

4. Bisnis Jasa Fotografi

Punya kamera dan keahlian memotret? Duh, jangan sampai menyia-nyiakan peluang usaha ini! Jasa fotografi banyak dipakai di acara-acara penting seperti pernikahan, pesta ulang tahun, atau sesi foto pre-wedding.

Tak terbatas di situ, kamu juga bisa menawarkan jasa ke pemilik bisnis lain yang ingin membuat foto produk menarik dan berkonsep. Kumpulkan foto-foto yang telah kamu buat untuk klien, lalu unggah ke media sosial sebagai portofolio.

5. Bisnis jasa penerjemah

Siapa yang akan memakai jasa penerjemah? Tentu saja perseorangan, organisasi, perusahaan, juga pemerintah, masing-masing dengan kebutuhannya sendiri. Penerjemah biasa umumnya bekerja menerjemahkan dokumen atau artikel, yang sifatnya tak resmi.

Sementara itu, untuk dokumen resmi atau kebutuhan legalitas, kamu bisa menjadi penerjemah tersumpah. Syarat utamanya adalah lolos ujian sertifikasi penerjemah kompeten, resmi, dan profesional melalui lembaga berwenang.

6. Bisnis Makanan

Bisa dibilang, bisnis makanan adalah bisnis yang evergreen karena selalu eksis, inovatif, dan terus berkembang. Meski tak bisa dibilang sebagai bisnis tanpa modal yang sesungguhnya, kamu bisa menjalaninya dengan modal terbatas.

Sebagai tips, manfaatkanlah alat masak yang ada dan pilih makanan yang bisa dibuat dengan bahan sederhana. Beberapa contohnya adalah nasi goreng, bubur ayam, mi instan kekinian, dan roti bakar.

7. Bisnis jual barang bekas

Bisnis jual barang-barang bekas atau preloved rupanya punya pasar sendiri, loh. Tak main-main, omzet potensialnya bisa mencapai jutaan. Apalagi bila barang tersebut masih dalam kondisi baik–seperti baru.

Memulainya mudah; kamu hanya harus mengambil foto barang semenarik mungkin. Setelahnya, unggah ke media sosial dengan penambahan informasi deskripsi dan harga.

8. Bisnis bimbingan belajar

Bisnis yang satu ini juga termasuk bisnis tanpa modal yang cukup digandrungi, khususnya oleh mahasiswa karena bisa menambah penghasilan. Kamu bisa mendatangi murid ke rumah (sistem les privat door to door) atau memanfaatkan ruangan di rumah untuk dijadikan kelas.

Peminatnya tidak cuma dari kalangan anak sekolah dasar saja, loh. Mahasiswa dan masyarakat umum juga membutuhkan jasa bimbingan belajar (bimbel). Apalagi bila kamu menyediakan program lengkap.

Nah, bila peserta bimbel kamu sudah makin banyak, tak ada salahnya mulai mencari partner yang bisa bekerja sama. Kamu juga bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain yang ingin menjadi tutor. Namun, pastikan melakukan seleksi sesuai keahlian, ya.

9. Bisnis web programmer atau web developer

Ide bisnis tanpa modal berikutnya adalah membuka jasa web programmer atau developer. Lekat dengan urusan coding, tugas keduanya sama-sama memastikan website bekerja cepat, user-friendly, terlihat hebat, juga menawarkan pengalaman pengguna yang baik.

Ketika bekerja, keduanya juga berkolaborasi bersama tim lain seperti penulis konten dan desainer grafis. Namun, rupanya web programmer itu tak sama dengan web developer. Kira-kira, apa perbedaanya?

Tanggung jawab utama seorang web programmer adalah memahami bahasa pemrograman (Python, Java, C++, atau JavaScript) yang kemudian digunakan untuk menulis instruksi (coding) program komputer. Setelah itu, programmer juga melakukan identifikasi bug, pengujian program, merilis program, dan menulis laporan penggunaan program.

Web developer, di sisi lain, bertugas mengembangkan website. Pekerjaannya mencakup desain web, pemrograman, juga manajemen basis data. Umumnya, bidang ini dibagi menjadi frontend developer, full stack developer, dan backend developer.

Seorang web developer mungkin bisa menjadi web programmer karena mengerti bahasa pemrograman dan bisa membuat aplikasi berbasis web. Namun, tak semua web programmer bisa menjadi developer karena developer juga menggunakan video dan grafis.

10. Bisnis desain grafis

Bagi kamu yang punya bakat dalam bidang desain grafis, sudah saatnya menggunakan keahlian diri sebagai sumber cuan. Apalagi kini makin banyak pemilik bisnis/perusahaan yang membutuhkan desain grafis untuk bermacam-macam kebutuhan branding. Misalnya, membuat brosur, pamflet, logo, dan materi marketing lainnya.

Modalnya standar saja, yakni akses internet dan laptop atau device untuk mendesain. Untuk memulai, pakai perangkat lunak gratis untuk desain dan manfaatkanlah platform online untuk portofolio sekaligus sebagai media promosi.

11. Menjadi selebgram/influencer

Coba perhatikan, apakah follower media sosial kamu banyak dan konten yang kamu unggah selalu ramai like dan komen? Bila iya, bisnis tanpa modal yang ini pas banget buat kamu, yaitu menjadi selebgram atau influencer.

Artinya, kamu punya pengaruh besar (yang positif) terhadap audiens dan sudah memenuhi syarat untuk mempromosikan sebuah produk/jasa. Cuan bisa datang dari postingan, video, juga tweet kamu, tentunya yang sudah disepakati dengan brand yang bekerja sama denganmu.

Lebih oke lagi, kamu juga bisa meluaskan jaringan bisnis, diundang ke event eksklusif, mendapat endorsemen gratis, hingga mendapat kesempatan berkolaborasi dengan influencer lain.

Bagaimana, sudah siap berbisnis? 11 ide bisnis tanpa modal di atas bisa dijalani dengan leluasa. Bisa secara lepas/freelance, paruh waktu, maupun penuh waktu.

Mau bisnis online kamu langsung jalan dan unggul dengan fitur-fitur canggih seperti e-katalog, e-invoice, dan payment gateway? Gabung menjadi Juragan DOKU, yuk! Unduh DOKU melalui App Store atau Play Store. Kamu juga bisa daftar sekarang di sini.