10 Rekomendasi Buku Kewirausahaan Untuk Kembangkan Bisnismu

buku kewirausahaan

10 rekomendasi buku kewirausahaan berikut bisa membantumu memulai bisnis. Salah satunya mengajarimu menciptakan kreativitas dan inovasi, lho.

Ada banyak alasan kenapa orang ingin kaya dan tidak puas dengan hidup berkecukupan. Selain karena unggahan-unggahan orang kaya di media sosial yang tampak menyilaukan, ada juga yang ingin berguna bagi orang lain.

Apa pun alasannya, berwirausaha adalah satu-satunya cara yang paling logis dilakukan agar kaya kalau kamu tidak terlahir dari keluarga konglomerat. Kalau kamu memiliki mimpi tersebut, belajarlah sekarang juga.

Ada beberapa sumber belajar kewirausahaan, salah satunya adalah dengan mencari referensi melalui buku. Ingin mencari referensi sebelum terjun ke dunia kewirausahaan? 10 rekomendasi buku kewirausahaan berikut bisa membantumu.

Read More: 7 Rekomendasi Usaha Rumahan yang Menjanjikan

1. Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Jika mencari motivasi untuk memulai usaha, buku ini cocok untukmu. Keinginan berwirausaha tidak bisa muncul begitu saja. Apalagi kalau kamu tidak lahir dari keluarga wirausahawan. Kamu harus menumbuhkannya dan buku ini adalah referensinya.

Ditulis oleh Rachmad Hidayat, “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan” akan mengajarimu untuk memperkuat unsur-unsur wiraswasta, yaitu sikap mental, pengetahuan, keterampilan, dan kewaspadaan.

Buku tersebut juga menekankan bahwa modal bukan satu-satunya sumber usaha. Modal yang tak kalah penting lainnya adalah waktu, pengetahuan, dan kesempatan.

Penulis juga menyarankan untuk tidak berdagang jeruk jika jeruk lokal yang melimpah berasa asam. Namun, peluang bisnis yang harus diambil adalah mengubah jeruk asam itu menjadi bernilai jual, seperti dibuat sirup.

2. Yuk Kita Berwirausaha

Sesuai judulnya, buku ini memberikanmu dorongan untuk memulai usaha. Buku karya Fatkul Muin ini berisi 60 usaha yang terbukti menghasilkan uang. Buku setebal 236 halaman ini cocok dibaca oleh mahasiswa yang sedang mencari ide usaha sampingan.

dalam buku ini mengajak kamu yang belum maupun sudah berwirausaha untuk bersemangat dalam meniti hidup menuju kemandirian finansial. “Yuk Kita Berwirausaha” adalah kumpulan tulisan blog yang sudah penulis kumpulkan selama tiga tahun.

Ada berbagai peluang usaha yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat, mulai dari usaha offline hingga online. Usaha-usaha yang dipilih juga tidak sembarangan, ada dari sektor pertanian, peternakan, perdagangan, dan jasa.

3. Business Ethics and Entrepreneurship

Sebagaimana etika kepada individu lainnya, etika dunia bisnis pun perlu dipelajari. Saban Echdar dan Maryadi sebagai penulis mengatakan bahwa etika bisnis yang baik dapat membangun perusahaan berdaya saing tinggi.

Etika bisnis berkaitan dengan moral yang harus dimiliki setiap individu dalam usaha tersebut, seperti kebiasaan, tata krama, dan kesopanan dalam menjalankan bisnis.

Praktiknya tidak hanya terbatas pada senyuman ramah pada rekan kerja atau klien, tetapi segala tindak-tanduk yang diterima dalam kehidupan bersosialisasi. Kamu wajib membaca buku ini untuk membentuk nilai kukuh dalam usahamu.

4. Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan

Buku kewirausahaan ini cocok bagi kamu yang sedang menggeluti dunia UMKM. Tulisan Dyanasari dan Asnah ini akan membantumu memahami demografi dunia bisnis. Apa itu? Langsung saja baca bukunya!

Agar bisnismu bisa terus bertahan adalah dengan menyesuaikannya dengan perkembangan zaman. Intinya, buku kecil ini akan mendorongmu untuk terus berinovasi agar terus sesuai dengan selera pasar.

Tulisan mereka berdua juga cocok dibaca oleh kamu yang sedang menjalankan bisnis waralaba. Di dalamnya terdapat langkah-langkah jitu agar usaha pemasaranmu berjalan efektif dan menghasilkan.

5. Kewirausahaan Solusi Cerdas Atasi Pengangguran

Pengangguran di Indonesia memang cukup banyak. Oleh karenanya, pemerintah Indonesia memberikan banyak bantuan modal bagi kamu yang ingin membuka wirausaha. Selain mengangkat perekonomianmu, usaha tersebut dapat mengurangi angka pengangguran.

Dalam bukunya, Dr. H. Saban Echdar, S.E., M.Si. menyebutkan bahwa berwirausaha adalah perbuatan baik, bahkan dianjurkan agama. Pasalnya, dari sini kamu bisa memberi nafkah bagi keluarga yang membutuhkan pendapatan.

Buku kewirausahaan ini dibagi dalam 13 bab. Termasuk di dalamnya membahas mengenai strategi memulai usaha, cara agar usahamu bersaing, dan teknik memilih bidang usaha.

6. Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa dan UMKM

Di urutan selanjutnya adalah buku yang sesuai untuk mahasiswa dan pengusaha UMKM lagi. Sebagai penulis, Darmanto memiliki bekal setelah mengambil mata kuliah Kewirausahaan, Akuntansi Manajemen, dan Manajemen Risiko.

Buku yang rampung dalam waktu tiga tahun tersebut diselesaikan berdasarkan pengalaman penulis saat menyusun disertasi dan penelitian-penelitian yang dibiayai DIKTI maupun St. Pignatelli.

Berbeda dari buku-buku sebelumnya, tulisan yang tertuang didasarkan pada jurnal relevan dan mutakhir. Materi-materinya pun dirangkai sesuai dengan perkembangan ekonomi global.

7. Kewirausahaan & Manajemen Strategis UKM Pedesaan

Bagi kamu yang tinggal di pedesaan, coba baca buku ini. Ika Sari Dewi dan Sihombing mengajakmu memberdayakan masyarakat desa untuk meningkatkan kualitas perekonomian mereka.

Ada berbagai kegiatan yang dijelaskan di dalamnya, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran adalah salah satu hal yang sulit dilakukan di desa. Dengan penjelasan yang terkandung dalam buku ini, kamu bisa melakukannya bersama masyarakat desa.

Kamu juga akan belajar cara memulai usaha yang sesuai di desa, melakukan analisis pasar, dan memastikan usaha itu berhasil. Teknik usaha yang dijelaskan di dalamnya antara lain meramu strategi pemasaran, mengelola keuangan, dan menjalankan studi kasus.

8. Kewirausahaan Pendidikan

Masih belum tahu ingin menjalankan bisnis apa? Kewirausahaan pendidikan cocok untukmu. Ditulis oleh Muh. Saleh Malawa, buku kewirausahaan ini mengajak pembacanya menjadi sosok pencipta, bukan pengonsumsi.

Hingga sekarang, masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan uang adalah dengan menjadi karyawan. Padahal, ada opsi lain, yaitu menjadi pembuat lapangan pekerjaan.

Jika semua orang memiliki watak demikian, tentunya akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang tercipta. Dalam bukunya, Muh. Saleh Malwa mengajari pembacanya menjadi pebisnis dengan menciptakan inovasi dan kreativitas.

Agar pembaca langsung dapat mengeksekusi hasil bacanya, Saleh juga menjelaskan manajemen koperasi UKM dan cara memulai usaha.

9. Manajemen Kewirausahaan Furnitur

Dalam bukunya, Nathanael Sitanggang dan Putri Lynna A. Luthan secara spesifik membahas soal manajemen usaha furnitur. Tertarik menjalankan bisnis di sektor ini? Kamu harus membacanya.

Nathanael dan Putri menekankan bahwa usaha makanan dan furnitur tidak dapat dijalankan dengan cara yang sama. Buku setebal 149 halaman ini berisi cara memulai bisnis furnitur hingga melakukan pengelolaannya. 

10. Kewirausahaan Industri

Sebagai buku ajar, “Kewirausahaan Industri” membahas tentang kewirausahaan dan kewiraswastaan, pendidikan kewirausahaan, kewirausahaan industri, etika bisnis, tanggung jawab sosial perusahaan, dan sebagainya.

Pembaca diharapkan dapat mempelajari kewirausahaan secara teoretis dan aplikatif dalam sektor industri, khususnya pertanian Indonesia.

Itulah 10 buku kewirausahaan yang bisa kamu baja untuk menambah referensi dalam berbisnis.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!