Cara Membuat Website Toko Online Sendiri yang Praktis!

cara membuat website toko online

Membangun toko online di era serba digital seperti sekarang sangat mudah. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai metode. Selain menggunakan platform e-commerce, kamu dapat pula memilih cara membuat website toko online sendiri. 

Kamu mungkin berpikir, kenapa harus memiliki website toko online sendiri? Padahal, banyak platform e-commerce yang menyediakan layanan seperti ini secara gratis. Mudah pula. 

Ada 3 alasan utama kenapa kamu perlu memilih cara membuat website toko online sendiri, yaitu: 

  • Membangun brand yang kuat
    Lewat website sendiri, kamu punya kesempatan besar dalam membangun merek. Dengan begitu, konsumen bisa mengenal produk kamu secara lebih mendalam.
  • Lebih dekat dengan pelanggan
    Keberadaan website membuat kamu bisa melakukan interaksi secara lebih aktif dengan pelanggan. Bahkan, kamu bisa mengumpulkan daftar email mereka dan menggunakannya untuk keperluan promosi.
  • Punya kebebasan lebih besar
    Kamu tak terikat oleh aturan dari pemilik platform. Alhasil, kamu bisa memanfaatkan website toko online secara bebas. Selain itu, kamu pun dapat menjalankan program pemasaran dengan lebih kreatif.
  • Modal yang relatif kecil
    Membuat website toko online sendiri akan menekan biaya sumber daya, sehingga untuk kamu yang baru memulai usaha sendiri, tidak perlu pusing memikirkan penambahan karyawan karena sistem yang tersedia dalam website sudah cukup membantu kamu menjalankan bisnis dan transaksi jual-beli.

Pilihan CMS untuk Toko Online Terpopuler

Banyak orang punya pikiran kalau bangun website itu susah. Apalagi website toko online. Namun, apakah kenyataannya seperti itu? 

Tentu saja tidak. Saat ini, siapa saja bisa membangun website toko online dengan mudah. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa perlu memiliki pengetahuan berkaitan dengan bahasa pemrograman atau coding

Alih-alih coding, kamu bisa menggunakan CMS atau Content Management System sebagai solusinya. Tersedia banyak pilihan CMS yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara membuat website toko online tanpa perlu coding. 

Sebagai referensi, ada 3 pilihan CMS untuk website toko online terpopuler yang bisa kamu gunakan, yakni: 

1. Shopify

Kalau ingin mempraktikkan cara membuat toko online yang praktis, rekomendasi CMS pertama adalah Shopify. Website builder ini menyediakan fitur yang lengkap dan bisa kamu manfaatkan untuk membangun online shop dengan fitur lengkap dan maksimal. 

Kalau menggunakan Shopify, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan, yaitu: 

  • Pilihan tema yang beragam. Shopify menyediakan puluhan theme website yang bisa kamu pakai, baik yang gratis maupun premium. Dengan opsi theme sebanyak itu, kamu bisa memperoleh opsi tampilan yang sesuai kebutuhan.
  • Pengelolaan toko online yang gampang. Pemakaian Shopify membantu kamu dalam mengelola website toko online dengan mudah. Kamu bisa menambahkan produk baru, mengganti deskripsi item, gambar, dan lain sebagainya. Semua itu dapat kamu lakukan dengan sistem drag and drop. 
  • Praktis. Kalau menggunakan Shopify, kamu tak perlu lagi memikirkan layanan hosting. Paket berlangganan Shopify telah disertai dengan layanan hosting dengan unlimited bandwidth.

Untuk menggunakan layanan Shopify, tersedia 3 pilihan paket berlangganan yang bisa kamu pakai. Tiga paket tersebut adalah Basic (US$19 per bulan), Shopify ($39 USD per bulan), dan Advanced (US$299 USD) per bulan. 

2. WooCommerce

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan CMS WordPress yang dilengkapi dengan plugin WooCommerce. Kombinasi CMS dan plugin ini bisa kamu dapatkan secara gratis, karena keduanya sama-sama termasuk software open source

Cukup dengan melalui proses instalasi sederhana, kamu bisa menambahkan fitur-fitur online shop pada website kamu. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan pengaturan, yang meliputi penggunaan mata uang, lokasi pengiriman barang, dan lain sebagainya.

WooCommerce memiliki beberapa kelebihan dalam memudahkan bisnis kamu, di antaranya: fitur laporan penjualan, status pengiriman barang, fitur payment gateway. WooCommerce juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga mampu meminimalisir kebocoran data-data penting dalam penjualan termasuk data pelanggan serta proses transaksi.

Kelebihan lainnya yang dimiliki WooCommerce adalah memfasilitasi banyak produk sesuai dengan jenis bisnisnya, seperti restoran, hotel, produk makanan, pakaian, dan lain-lainnya.

3. PrestaShop

Rekomendasi yang ketiga, kamu bisa memanfaatkan CMS PrestaShop. Seperti halnya platform toko online berbasis WordPress + WooCommerce, kamu bisa pula menggunakan PrestaShop secara gratis. 

CMS berbasis PHP MySQL ini menawarkan solusi cara membangun website toko online yang profesional dengan cukup terjangkau. Jumlah pengguna PrestaShop sangat banyak. Tak hanya toko online kecil, tetapi juga e-commerce terkemuka. 

Ada berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan kalau menggunakan CMS PrestaShop, yaitu: 

  • Desain yang responsif. PrestaShop memungkinkan website toko online kamu bisa memberi kenyamanan ketika diakses melalui perangkat desktop ataupun mobile
  • SEO optimized. Pengguna Prestashop juga memperoleh manfaat berupa dukungan optimasi SEO. Dukungan ini membuat website toko online kamu jadi lebih mudah muncul di halaman pencarian Google
  • Dilengkapi fitur shopping cart. Fitur ini memberi kemudahan bagi para pengunjung website untuk melakukan aktivitas berbelanja online
  • Dukungan bahasa. CMS PrestaShop bisa kamu gunakan dalam 63 pilihan bahasa pengantar, termasuk Indonesia. Jadi, kamu tak akan mengalami kesulitan dalam menggunakannya.

Read more: 7 Cara Jualan Online di Aplikasi, Kamu Pilih Mana?

Langkah-Langkah Cara Membuat Website Toko Online

Tiga pilihan CMS toko online yang telah disebutkan, mempunyai kelebihannya masing-masing. Kamu pun bebas dalam menentukan pilihan CMS yang ingin dipakai. Lalu, bagaimana cara menggunakannya sehingga menjadi sebuah website yang beroperasi secara penuh? 

Proses pembuatan website tidaklah sulit. Kamu pasti tak akan mengalami kesulitan dalam melakukannya. Biar tidak bingung, ikuti panduan cara membuat website toko online berbasis WordPress dan WooCommerce berikut: 

Instalasi WordPress

  1. Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membeli domain dan layanan hosting. Biar praktis, kamu bisa membelinya pada satu tempat. Setelah itu, lakukan pembayaran 
  2. Kalau sudah membayar, kamu akan memperoleh akses ke member area di website penyedia hosting
  3. Biasanya, kamu akan diarahkan ke halaman cPanel. Di halaman tersebut, kamu bisa melakukan instalasi WordPress.
  4. Dalam proses instalasi tersebut, kamu perlu melakukan beberapa pengaturan. Pengaturan tersebut meliputi penggunaan nama domain, nama website toko online, deskripsi, dan lain sebagainya
  5. Setelah itu, tuliskan nama user yang perlu kamu gunakan untuk mengakses halaman dashboard WordPress website toko online. Usahakan memakai nama user yang unik dengan disertai kombinasi password kuat
  6. Pastikan setiap kolom sudah kamu isi dengan benar. Kalau sudah, klik tombol Instal
  7. Pada tahapan ini, kamu perlu menunggu beberapa saat hingga proses instalasi WordPress selesai
  8. Pengaturan Website Toko Online

Ketika WordPress sudah terinstal, kamu bisa login ke dashboard memakai kombinasi nama user dan password. Setelah itu, ada beberapa pengaturan yang perlu kamu lakukan, yakni: 

  1. Atur tampilan website dengan menggunakan theme yang sesuai. Kamu bisa menemukannya dengan menuju ke Appearance > Themes > Add New. Cari theme yang memang ditujukan untuk toko online
  2. Instal WooCommerce. Instalasi dapat kamu lakukan dengan menuju ke menu Plugins > Add New, lalu cari WooCommerce
  3. Pengaturan WooCommerce. Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan pengaturan plugin WooCommerce. Atur sesuai dengan kebutuhan kamu
  4. Website toko online, sudah jadi

Nah, itulah panduan yang bisa kamu ikuti ketika ingin mencoba cara membuat website toko online sendiri. Tidak sulit, kan? 

Sebagai pelengkap, kamu perlu menyediakan layanan pembayaran yang memberi kemudahan serta kenyamanan bagi para pelanggan. Solusi layanan pembayaran ini, bisa kamu peroleh dengan menggunakan DOKU

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!