Cara Jualan Online untuk Kamu Merintis Usahamu Sendiri

cara jualan online

Cara Jualan Online – Merintis usaha melalui toko online sedang naik daun beberapa tahun terakhir ini. Semakin mudahnya akses internet membuat semakin banyak pedagang yang beralih ke platform digital untuk berjualan. Tidak sedikit juga pekerja kantoran yang membuka toko online sebagai sumber penghasilan sampingan.

Penasaran bagaimana cara jualan online yang baik? Simak artikelnya, yuk!

Read more: Memang Bisa Jualan Online Tanpa Modal? 3 Ide Jualan Online Tanpa Modal

Platform Jualan Online

Kalau kamu bingung bagaimana cara jualan online yang cocok untukmu, kamu bisa memilih antara tiga pilihan: media sosial (Facebook, Instagram, dan sebagainya), website, atau online marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Ketiga platform ini memiliki karakteristiknya masing-masing.

Media Sosial

Media sosial biasanya hanya digunakan untuk berinteraksi dengan teman, kolega, dan keluarga saja. Padahal, media sosial juga bisa digunakan untuk berjualan secara online.

Tidak hanya itu, beberapa media sosial bahkan sudah mengimplementasikan fitur marketplace sendiri. Sebagai contoh, Facebook menyediakan layanan marketplace yang bisa diakses melalui https://www.facebook.com/marketplace/.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi untuk usahamu. Kamu tinggal buat akun atas nama toko online milikmu, lalu post foto dan deskripsi produk lengkap dengan harga jual dan link pembelian.

Website

Cara ini sebenarnya sudah dianggap cara lama, namun masih tetap efektif. Intinya, kamu membuat website khusus untuk menjual barang daganganmu. Kelebihannya, kamu bisa atur sendiri layout situs agar sesuai dengan branding tokomu.

Kekurangannya, membangun website tetap lebih rumit dari membuka toko di marketplace. Kamu harus memikirkan bagaimana alur pembeli mengunjungi tokomu mulai dari masuk ke homepage, memilih katalog, hingga melakukan pembayaran.

Kalau tidak mau repot, kamu bisa menyewa jasa pembuatan website. Tinggal komunikasikan keinginan dan visimu untuk situs toko onlinemu kepada pihak pengembang situs. Namun, harap dicatat bahwa menyewa jasa pengembang situs berarti ada pengeluaran tambahan untuk membayar jasa tersebut.

Online Marketplace

Online Marketplace

Saat ini, membuka toko di online marketplace adalah cara jualan online yang paling anti ribet. Kamu cukup buka akun toko, masukkan nama dan alamat toko, lalu unggah foto dan deskripsi produk.

Kalau dibilang mudah, menaruh barang di marketplace memang semudah itu. Yang sulit adalah memastikan barang dagangan kita bisa terlihat oleh calon pembeli. Untuk masalah jangkauan ini, biasanya kamu perlu membayar biaya tambahan ke pihak marketplace untuk mempromosikan barang daganganmu.

Cara Mendaftar sebagai Seller di Marketplace

Pada umumnya, langkah-langkah mendaftar sebagai penjual di marketplace hampir sama di platform manapun. Kamu cukup mencantumkan informasi yang dibutuhkan dan mengunggah dokumen-dokumen terkait. Selain itu,  

Berikut cara mendaftar sebagai seller di Tokopedia dan Shopee, dua online marketplace terbesar di Indonesia.

Tokopedia

Untuk bisa membuka toko di Tokopedia, kamu harus memiliki akun pembeli terlebih dulu. Untuk membuka akun toko, pada aplikasi Tokopedia, klik Menu Utama yang ditandai dengan ikon tiga garis di pojok kanan atas. Selanjutnya, klik pilihan “Mau mulai berbisnis? Buka Toko Gratis” dan kamu akan diarahkan ke halaman buka toko, lalu klik “Buka Toko Gratis”.

Tulis nama dan domain toko yang akan digunakan pada kolom yang sudah disediakan. Karena nama toko tidak bisa diubah setelah toko berhasil dibuat, pastikan kamu sudah memilih nama dan domain yang sesuai.

Selanjutnya, masukkan alamat toko dengan benar dan lengkap. Alamat yang kamu masukkan akan menjadi lokasi kurir mengambil barang dari tokomu.

Karena itu, sangat penting kamu memasukkan alamat secara detil dan lengkap. Masukkan nama jalan, nomor bangunan, nomor RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota atau kabupaten, dan kode pos lalu klik “Simpan”.

Jangan lupa untuk mendaftarkan nomor rekening bank yang kamu gunakan di akun pembeli Tokopedia milikmu. Jika tidak, kamu akan kesulitan mencairkan dana dari akun Tokopedia ke rekeningmu.

Shopee

Sama seperti Tokopedia, untuk mendaftar sebagai seller di Shopee, kamu harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Untuk membuat akun penjual, pada halaman muka aplikasi Shopee, pilih “Mulai Jual”. Selanjutnya, pilih “Mulai Pendaftaran” dan kamu akan diarahkan ke laman informasi toko.

Lengkapi informasi toko pada kolom yang disediakan, lalu pilih “Lanjut”. Selanjutnya, atur alamat toko dan jasa pengiriman yang kamu inginkan. Pastikan alamat yang kamu daftarkan terisi dengan lengkap. Klik “Lanjut”. Selamat, akun seller Shopee milikmu sudah jadi!

Biaya yang Harus Diperhitungkan

Sama seperti membuka kios di pasar atau di pusat perbelanjaan, ada biaya yang harus kamu perhitungkan dalam mengoperasikan toko online milikmu. Jika kamu berjualan di marketplace, biaya yang dibebankan kepada penjual adalah biaya platform. Biaya ini ibarat kamu membayar sewa toko di pusat perbelanjaan.

Biaya lain yang harus kamu perhitungkan adalah biaya promosi. Singkatnya, kalau kamu mau barang daganganmu muncul di halaman pertama kolom pencarian barang di marketplace, kamu harus membayar sejumlah uang kepada pihak marketplace. Anggap biaya ini sebagai biaya promosi atau iklan.

Untuk biaya-biaya lain yang mungkin akan dibebankan kepada kamu sebagai penjual, kamu bisa hubungi pihak marketpklace untuk informasi lebih lanjut. Pasalnya, masing-masing marketplace memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait biaya yang dibebankan.

Potensi Keuntungan dari Jualan Online

Kalau kamu berjualan sebagai produsen yang memasarkan produknya, maka potensi keuntungannya adalah margin profit yang kamu terima dari omset yang kamu dapatkan. Jangan lupa untuk memasukkan biaya-biaya di luar biaya produksi (seperti biaya platform atau promosi) ke dalam perhitungan.

Singkatnya, keuntungan yang kamu dapatkan adalah omzet dikurangi biaya produksi dikurangi biaya platform. Seberapa besar margin profitnya tidak pasti, semua tergantung dari kamu sendiri sebagai produsen dan penjual.

Kalau kamu berjualan sebagai reseller atau dropshipper, maka potensi keuntungan yang didapat bisa jadi lebih tinggi lagi. Pasalnya, baik reseller maupun dropshipper tidak membutuhkan modal yang besar.

Potensi pendapatan yang didapat reseller dan dropshipper adalah selisih antara harga jual dengan harga beli produk dari produsen/supplier. Besarannya pun bervariasi, tergantung kebijakan dari produsen/supplier. Jangan lupa, biaya platform tetap berlaku, ya!

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Operasional toko online sangat berbeda dengan toko offline. Oleh karena itu,  ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian lebih ketika mengelola jualan online.

Hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah pembeli yang tidak melihat langsung kondisi barang yang dijual. Ini menjadi alasan utama kenapa kualitas produk harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai ada komplain ketika barang sudah diterima pembeli.

Kedua, perhatikan kualitas packing sebelum diantarkan oleh kurir. Hal-hal yang terjadi selama barang ada di tangan kurir sampai diserahkan pembeli memang bukan tanggung jawab penjual. Risiko pengiriman ini bisa diminimalisir jika kita menerapkan standar packing yang baik. Minimal, gunakan bubble wrap untuk melindungi barang dari potensi kerusakan selama pengiriman.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara jualan online untuk kamu yang mau mulai merintis usaha sendiri. Kalau kamu tertarik meningkatkan skill kewirausahaanmu, Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!