Dongkrak Omzet lewat Medsos: Ini Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

cara membuat akun bisnis di instagram

Manfaatkan Instagram untuk mendongkrak omzet bisnis kamu! Ini cara membuat akun bisnis di Instagram dan beberapa tips jitu memaksimalkannya.


Media sosial bisa jadi cara mudah untuk mengembangkan potensi bisnis kamu sekaligus mendongkrak omzet. Salah satu platform yang sedang happening adalah Instagram. Nah, sudah tahu belum bahwa kamu bisa membuat akun Instagram Bisnis untuk menggunakan fitur-fitur yang tidak bisa ditemukan di akun Instagram biasa? 

Kamu hanya perlu membuat akun bisnis untuk bisa memanfaatkan Instagram untuk branding dan menjangkau lebih banyak audiens. Simak cara membuat akun bisnis di Instagram berikut ini.

Read More: Cara Jualan di Instagram Agar Laris, Pemula Wajib Tahu!

Apa Bedanya dengan Akun Instagram Biasa?

Instagram Bisnis dan akun Instagram biasa memiliki beberapa perbedaan penting. Beberapa di antaranya adalah:

Perbedaan fitur

Instagram Bisnis memiliki fitur tambahan yang tidak ditemukan pada akun Instagram biasa, seperti analitik, iklan, dan tombol kontak. Fitur ini membantu bisnis menjadi lebih efektif dalam pengelolaan akun dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Perbedaan Profil

Profil bisnis memungkinkan kamu menambahkan informasi kontak seperti nomor telepon dan alamat bisnis, serta menampilkan statistik akun termasuk jumlah pengikut dan jumlah posting.

Instagram Ads

Instagram Bisnis memungkinkan kamu membuat iklan yang ditargetkan ke audiens yang spesifik. Ini adalah cara efektif untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Analitik

Instagram Bisnis memberi analitik yang lebih detail dan informatif, memungkinkan kamu mengetahui bagaimana konten kamu diterima oleh audiens. Dari sini kamu bisa menyesuaikan strategi pemasaran selanjutnya.

Fitur Instagram Bisnis

Agar lebih mantap mempelajari cara membuat akun bisnis di Instagram, ini dia fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan bila menggunakan Instagram Bisnis:

Instagram Insights

Setelah beralih ke versi bisnis, kamu bakal langsung melihat fitur ini muncul secara otomatis. Instagram Insights akan menyajikan data lengkap mengenai performa akun bisnis kamu. Mulai dari statistik jumlah followers, jumlah post, impresi foto yang di-upload, jangkauan postingan, sampai statistik jumlah klik pada link yang kamu pasang di bio.

Tidak hanya itu, fitur Insights juga dapat menyajikan data demografi followers kamu secara detail termasuk umur, gender, lokasi, juga engagement.

Shopping and Checkout

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menarik atensi pengguna Instagram untuk mengunjungi akun bisnis kamu. Kamu juga dapat leluasa melakukan tagging langsung pada foto produk yang ada di feeds dan mengarahkannya langsung ke halaman Shopping.  Audiens pun bisa bertransaksi tanpa repot; lihat, beli, dan checkout!

Tombol Kontak

Tinggalkan cara lama nan membosankan menulis terlalu banyak informasi pada kolom bio kamu! Tombol kotak terpisah yang terdapat pada Instagram Bisnis memudahkan kamu memasang berbagai informasi seperti telepon, rute alamat, juga e-mail; masing-masing bisa dibuatkan tombol secara terpisah.

Instagram Ads

Layaknya perusahaan induknya yakni Facebook, Instagram turut mendapatkan upgrade fitur iklan yang disebut Instagram Ads. Kamu dapat mengatur, mengelola, hingga melacak kampanye iklan yang berjalan secara real-time, lo. Melakukan promosi postingan untuk menjangkau lebih banyak audiens pun jadi pekerjaan yang mudah.

Branded Content Approval

Akun bisnis Instagram memberi wewenang pada pemilik akun untuk dapat melakukan pembatasan terhadap siapa saja yang bisa melakukan tag terkait konten brand. Tujuannya untuk mencegah salah tag juga melindungi brand kamu dari scam dan penipuan yang mengatasnamakan brand kamu.

Cara mengaktifkannya adalah cek bagian Business Setting, lalu pilih Branded Content. Untuk menyetujui tag secara manual, gunakan tombol Require Approvals. Kamu juga bisa memperbolehkan tag otomatis dari akun-akun tertentu dengan tombol Approved Accounts.

Quick Replies

Hemat lebih banyak tenaga dan waktu untuk mengatur jawaban DM dengan fitur Quick Replies. Menariknya, kamu bisa mengaturnya sepersonal mungkin. Cara membuatnya adalah melalui menu Business Setting, pilih Quick Replies, lalu tambahkan jawaban otomatis yang kamu inginkan. Tekan tombol + untuk menambahkan.

Later

Fitur ini adalah fitur posting otomatis sesuai jadwal. Kamu hanya perlu mengatur tanggal dan jam tayang. Ini tentu memudahkan kamu meng-update post sesuai kalender konten yang telah disusun sebelumnya.

Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

Cara membuat akun Instagram Bisnis sebenarnya mirip dengan cara membuat akun Instagram pribadi. Bedanya, kamu perlu membuat perubahan status pada Settings. Simka langkah-langkahnya berikut:

  1. Login ke akun Instagram kamu yang telah terdaftar
  2. Masuk ke profil, klik menu garis tiga di bagian atas kanan, lalu pilih Settings.
  3. Setelahnya, pilih menu Account.
  4. Scroll ke bawah dan pilih menu Switch to Professional Account.
  5. Tekan tombol Continue untuk melanjutkan proses peralihan ke akun bisnis.
  6. Pilih kategori akun bisnismu sesuai opsi yang ada. Gunakan kolom Search untuk menemukan kategori lainnya sesuai bidang bisnis kamu. Klik Done setelah selesai.
  7. Tentukan jenis profil akun bisnismu. Kamu bisa memilih Business (untuk menjual produk/jasa) atau Creator (bila kamu adalah seorang kreator konten atau influencer).

Bila memilih Creator, selanjutnya kamu hanya harus melengkapi profil. Namun, bila pilihanmu adalah Business, maka langkah selanjutnya adalah:

  1. Melakukan konfirmasi Public business information berisi alamat email, nomor telepon bisnis, serta alamat bisnis. Klik Next setelahnya.
  2. Bila berkenan, kamu dapat menghubungkan profil bisnis Instagram ke laman Facebook. Namun bila tidak, pilih Skip.
  3. Nah, akun kamu kini telah beralih menjadi akun Instagram Bisnis. Kamu dapat melanjutkan melengkapi profil bila sebelumnya belum lengkap.

Tips Memaksimalkan Instagram untuk Bisnis

Bagaimana, cara membuat akun bisnis di Instagram ternyata gampang kan? Setelah berhasil membuat akun Instagram bisnis, lalu apa? Yuk simak tips memaksimalkan Instagram untuk bisnis kamu melalui akun bisnis yang sudah dibuat tadi.

  1. Bangun profil yang menarik

Kesan pertama begitu penting dalam dunia bisnis. Tingkatkan kepercayaan followers kamu dengan memasang foto profil yang relevan, buat deskripsi bio yang singkat tetapi jelas mengenai brand kamu, pasang kontak yang mudah dihubungi, dan buatlah stories highlight yang rapi. 

  1. Bagikan konten feed yang menarik

Pengguna Instagram menyukai konten dengan visual yang estetis nan menarik. Bila perlu, pelajari teknik foto sederhana demi menghasilkan foto dan video produk yang baik. Selain itu, sertakan info detail yang penting seperti ketersediaan barang, harga, ukuran, warna, dan informasi lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan hashtag yang spesifik untuk menjangkau target audiens.

  1. Ciptakan engagement

Demi menciptakan engagement, kamu bisa menerapkan 4 strategi berikut:

  • Libatkan followers setiap kali kamu memosting sebuah konten. 
  • Posting konten tepat waktu. Pelajari waktu terbaik ketika followers kamu sedang aktif menggunakan Instagram.
  • Buat konten dengan nilai estetis. Misalnya, kamu dapat memainkan tema warna pada feed.
  • Naikkan engaging dengan strategi giveaway.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan potensi bisnis melalui Instagram Bisnis. Cara membuat akun bisnis di Instagram mudah dan cepat, serta bisa kamu manfaatkan untuk membangun brand awareness sekaligus mendongkrak omzet.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!