9 Cara Membuat Bisnis Plan, No Ribet!

cara membuat bisnis plan

Tanpa rencana, sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, kamu harus tahu cara membuat bisnis plan yang mudah di sini!

Berencana membuat bisnis? Jangan lupa untuk membuat rencana bisnis yang matang! Tanpa rencana, bisnis yang kamu jalankan akan terkesan sembarangan dan bisa saja menimbulkan kerugian besar.

Membuat rencana bisnis tidak harus ribet. Kamu tidak harus punya gelar tinggi di bidang bisnis atau akuntansi untuk menyusunnya.

Dalam artikel kali ini, kamu akan memahami pentingnya perencanaan bisnis beserta cara membuat bisnis plan yang simpel. Yuk, baca dengan saksama!

Read More: 8 Strategi Digital Marketing Untuk Bisnismu!

Mengapa Perlu Membuat Rencana Bisnis?

Inilah beberapa alasan yang membuatmu harus melakukan perencanaan bisnis!

Bisnis yang mempunyai rencana bisa tumbuh lebih cepat

Dikutip dari Bplans, riset menunjukkan bahwa perusahaan yang membuat perencanaan bisnis dan meninjaunya ulang secara rutin mampu berkembang 30 persen lebih cepat dibanding bisnis yang tidak memiliki rencana.

Tidak hanya perkembangan yang cepat, perusahaan seperti ini juga memiliki performa yang lebih baik dan mempunyai potensi kegagalan yang kecil dalam jangka waktu lama.

Rencana bisnis mengurangi risiko

Risiko selalu mengintai orang-orang yang hendak memulai atau menjalankan bisnis. Ketimbang kabur dahulu sebelum bertemu risiko, membuat perencanaan akan membantumu memperkirakan masalah-masalah di masa depan dan mengatasinya.

Kreditur dan investor membutuhkan rencana bisnis

Jika kamu mengembangkan bisnis dan berencana untuk memperoleh modal lewat pinjaman atau dana investor, perencanaan bisnis sangat diperlukan.

Kebanyakan kreditur dan investor akan menanyakan rencana bisnismu. Walau tanpa menyerahkan dokumen, mereka tetap akan mem segudang pertanyaan. Tentunya, semua pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab jika kamu sudah punya rencana matang.

Perencanaan bisnis membantumu mempertimbangkan pengeluaran

Jangan terburu-buru mengeluarkan dana yang besar untuk bisnis! Pembuatan rencana bisnis akan memudahkanmu memprediksi skenario finansial di masa depan.

Misalnya, kamu berencana membuka cabang bisnis baru di daerah lain dalam jangka waktu tertentu. Rencana bisnis akan membantu memperhitungkan pengeluaran supaya tidak berlebihan dan masih cukup untuk membiayai pembukaan cabang baru.

9 Cara Membuat Bisnis Plan dengan Mudah

Setiap rencana bisnis memerlukan langkah-langkah dasar. Berikut uraiannya!

1. Ceritakan bisnismu secara ringkas

Buatlah ikhtisar tentang bisnis dan rencanamu secara ringkas. Bagian ini berada di paling awal dari rencana dan idealnya hanya sepanjang 1–2 halaman. Ada sebagian orang pula yang menuliskannya di akhir rencana.

Ikhtisar bisa berupa dokumen tersendiri yang membahas pokok dari detail rencanamu. Biasanya, investor hanya menanyakan tentang ikhtisar saat mengevaluasi sebuah bisnis. Jika investor suka dengan ikhtisarmu, barulah mereka bertanya lebih lanjut tentang rencana bisnis selengkapnya.

Ikhtisar harus membahas ringkasan masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis, deskripsi produk atau layanan, target pasar, pengenalan tim, finansial, dan syarat-syarat permodalan jika perlu.

2. Jelaskan perusahaanmu

Pada tahap ini, kamu harus menjawab dua pertanyaan dasar: siapa dirimu dan apa yang akan kamu lakukan? Jelaskan jawabanmu lewat deskripsi perusahaan untuk memberikan garis besar bisnismu.

Selain menanyakan dua hal tersebut, berikut beberapa komponen yang perlu dimasukkan ke dalam deskripsi perusahaan:

  • Struktur bisnis.
  • Industri yang digeluti.
  • Model bisnis.
  • Visi, misi, dan nilai yang dianut bisnis.
  • Informasi latar belakang atau sejarah perusahaan.
  • Tim dalam bisnis, termasuk anggota penting beserta gajinya.
  • Tujuan bisnis jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan menjawab poin-poin tersebut, kamu bisa mendeskripsikan perusahaan dengan mudah!

3. Buatlah garis besar tentang organisasi bisnis

Jelaskan organisasi bisnis supaya pembaca bisa mengetahui orang-orang yang menjalankan perusahaan. Tuliskan struktur organisasi secara detail. Jelaskan pula bentuk badan usaha, misalnya CV, PT, atau Firma.

Kamu bisa juga menggunakan bagan organisasi untuk menunjukkan struktur internal organisasi, termasuk peran, tanggung jawab, dan hubungan antaranggota dalam bagan. Jelaskan kontribusi setiap anggota dalam menyukseskan bisnismu.

4. Lakukan Analisa Pasar

cara-membuat-bisnis-plan

Pilihlah pasar yang tepat untuk produkmu, yaitu pasar dengan banyak calon konsumen yang mengerti dan membutuhkan produk. Untuk mengetahuinya, analisis pasar menjadi langkah terpenting.

Berikut beberapa tips yang bisa memudahkanmu dalam meriset pasar:

  • Pahami profil pelanggan yang ideal bagi bisnismu. Misalnya, jika kamu menargetkan generasi Z di Indonesia, cek terlebih dahulu jumlah mereka di data pemerintah. Prediksi pula perubahan sejumlah orang dalam rentang usia tertentu selama beberapa tahun ke depan.
  • Riset tren industri yang relevan. Sebagai contoh, jika produkmu ditujukan untuk penggemar kultur pop Jepang, cari tahu animasi atau komik yang sedang digemari sebagian besar target audiens.
  • Buat perkiraan. Pastinya, kamu tidak akan memiliki informasi lengkap dan sempurna tentang jumlah audiens yang ditargetkan. Jadi, buatlah perkiraan yang paling mendekati data yang sudah diriset.

5. Tulis daftar produk yang kamu jual

Produk dan layanan biasanya menjadi bagian yang paling banyak dibahas dalam rencana bisnis.

Jika bisnis memiliki banyak produk dan tidak ingin bertele-tele, cukup tuliskan informasi umum tentang masing-masing kategori produk. Namun, jika menjual sedikit barang, tambahkan informasi untuk setiap produk.

Kamu juga bisa membahas seputar produk baru yang akan dirilis dalam waktu dekat. Lalu, jelaskan potensi keuntungan yang akan dihasilkan produk baru tersebut.

6. Susun rencana operasional dan logistik

Rencana logistik dan operasional dapat meliputi hal-hal seperti pemasok, produksi, fasilitas, peralatan, pengiriman, dan inventori. Bagian ini akan menunjukkan bahwa kamu punya pemahaman mendalam tentang rantai pasokan.

7. Rencanakan Finansial Perusahaan

Perencanaan finansial terdiri atas tiga hal utama: laporan neraca, laporan arus kas, dan laporan laba rugi. Buatlah sedetail mungkin agar tidak memicu masalah di kemudian hari. Kamu juga bisa menambahkan catatan proyeksi keuangan.

8. Lakukan segmentasi pelanggan

Segmentasi pelanggan bisa biasanya meliputi hal-hal berikut:

  • Tempat tinggal
  • Tingkat pendidikan
  • Rentang usia
  • Cara target pasar menghabiskan waktu luang
  • Pola perilaku yang biasa dilakukan
  • Penghasilan
  • Nilai, keyakinan, dan pendapat yang dianut
  • Lokasi kerja
  • Teknologi yang digunakan

Poin-poin ini bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai produk yang kamu jual. Meski begitu, penulisannya harus tetap spesifik supaya kamu bisa tahu target pelanggan dengan jelas.

9. Tetapkan rencana pemasaran

cara-membuat-bisnis-plan

Rencana pemasaran biasanya terdiri dari empat poin, yakni harga, produk, promosi, dan lokasi. Setiap poin bisa kamu jabarkan dan bergantung pada tujuan bisnis dan segmentasi audiens. 

Itulah cara membuat bisnis plan yang mudah dan bisa langsung kamu terapkan. Ketika membuat rencana bisnis, jangan sampai kamu melakukan kesalahan-kesalahan umum. Contohnya, tidak serius membuat perencanaan atau mengabaikan kelengkapan informasi finansial.

Untuk menghindari kesalahan data finansial yang tidak lengkap, kamu bisa menggunakan layanan pengelolaan pembayaran seperti DOKU. DOKU merupakan platform pembayaran online dan payment gateway pertama di Indonesia yang diawasi oleh Bank Indonesia dan bersertifikasi internasional.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!