Cara Membuat Linktree di Instagram, Seller Wajib Catat!

 Linktree bisa jadi solusi bagi pebisnis online di IG untuk membuat banyak link di bio. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat Linktree di Instagram?

Pernahkah kamu melihat beberapa akun content creator atau toko online di Instagram yang menyematkan URL Linktree di bio mereka? Lalu, kamu penasaran cara membuat Linktree di Instagram seperti mereka? Jika iya, kamu wajib catat poin-poin berikut ini!

Read More: Pemula Wajib Tahu! Ini Modal Usaha Angkringan dan Tips Sukses Berbisnis

Apa Itu Linktree?

Sebelum melanjutkan ke pembahasan mengenai cara membuat Linktree di Instagram, mari pahami dahulu apa itu Linktree dan apa yang membuatnya menarik sehingga kamu harus memilikinya. 

Pertama-tama, sebagian besar pengguna Instagram tahu bahwa platform ini hanya mengizinkan kamu menyematkan satu tautan saja di bio. 

Tentu ini bisa jadi tantangan tersendiri, terutama bagi content creator atau pebisnis online yang umumnya menggunakan lebih dari satu platform (Facebook, TikTok, e-commerce, website, blog, dan lain-lain) untuk promosi.

Masalahnya, kamu jadi kesulitan mengarahkan lalu lintas ke platform lainnya karena audiens tidak bisa kepo akun medsos atau toko online kamu yang lain saat melihat-lihat Instagram kamu. Lantas, bagaimana solusinya?

Nah, kamu bisa memanfaatkan Linktree untuk memudahkan kamu membagikan beberapa link di bio Instagram dengan cara yang praktis. Linktree adalah tool gratis yang membantu kamu menampilkan beberapa tautan web berbeda dalam satu halaman. 

Dari Linktree, audiens kamu bisa menemukan semua platform atau konten apa pun yang ingin kamu sematkan di bio Instagram hanya dengan mengeklik satu link saja. 

Menariknya lagi, cara membuat Linktree di Instagram terbilang sangat mudah dan gratis, loh.

Cara Membuat Linktree di Bio Instagram

Luangkan waktu kamu 5 menit saja untuk membuat Linktree yang dijamin akan sangat memudahkan pekerjaan kamu. Kamu tidak perlu repot lagi memperbarui bio kamu dengan menyematkan tautan yang berbeda setiap kali memiliki karya baru.

Kamu bisa dengan mudah menambahkan lebih dari satu tautan ke dalam Linktree, seperti tautan ke blog, website, YouTube, TikTok, Facebook, Snapchat, dan semacamnya. Lalu, kamu hanya perlu sematkan ke bio Instagram.

Hasilnya, audiens atau followers kamu di IG bisa mengakses Linktree tersebut untuk menemukan semua kumpulan tautan yang mengarah ke konten-konten kamu. 

Misalnya, kamu menambahkan tautan di Linktree yang mengarah ke website tentang produk “fitur teknologi payment”, maka tautan individual tersebut akan langsung membuka konten terkait. 

Sangat bermanfaat, bukan? Jika kamu tertarik menggunakannya, ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini!

1. Buat Akun Linktree

Linktree adalah situs web gratis, jadi kamu hanya perlu memasukkan alamat email, username, dan kata sandi untuk membuat akun. Pertama-tama, bukalah website resmi Linktree.  Lalu, pilih “Get started for free.”

Kamu bisa pilih mau masuk dengan email atau akun Google. Lalu, masukkan data-data username dan alamat email kamu yang masih aktif. Klik Create Account.

Kemudian, kamu perlu memasukkan password yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka, lalu klik Continue. 

2. Tambahkan Kategori

Cara membuat Linktree di Instagram selanjutnya adalah menambahkan kategori bisnis. Untuk pengalaman membuat Linktree yang lebih dipersonalisasi, kamu perlu mengisi informasi akun. Isi data berupa nama lengkap kamu, lalu pilih kategori bisnis. 

Di situ ada banyak pilihan kategori, seperti bisnis, hiburan, perjalanan & pariwisata, F&B, kesehatan, kecantikan, dan lainnya. Pilih yang paling menggambarkan bisnis kamu. Lalu, klik Continue.

Selanjutnya, pilih kategori bisnis yang lebih spesifik. Misalnya, jika kategori sebelumnya kamu pilih Bisnis, layar akan menampilkan beberapa jenis bisnis, seperti pemasaran, kerajinan, perumahan, dan lain-lain. 

Langkah ini opsional, ya. Jadi, jika tidak ada pun, tidak masalah. Klik Continue.

3. Pilih Paket

Meskipun Linktree adalah website gratis, kamu diberikan opsi untuk membayar paket bulanan. Opsi berbayar ini tentu menawarkan lebih banyak fitur tambahan daripada opsi gratis.

Akan tetapi, ini bukan berarti paket gratis tidak menarik, ya. Paket ini masih menawarkan banyak keunggulan seperti klik dan penayangan selama 28 hari terakhir, unlimited link, dan link aplikasi. 

Jadi, sebagai pemula kamu bisa pilih paket gratis untuk memulai. Jika ke depannya kamu merasakan manfaat dari tools ini, barulah kamu bisa pertimbangkan untuk upgrade paket berbayar sesuai kebutuhan.

Paket berbayar pun terbilang masih terjangkau. Misalnya paket Starter cuma dibanderol Rp39.000 per bulan, paket Pro seharga Rp75.000 per bulan, dan terakhir paket Premium seharga Rp220.000 per bulan.

4. Verifikasi Akun

Cara membuat Linktree di Instagram selanjutnya adalah memverifikasi akun kamu dengan mengeklik tautan “Verify Email” yang telah dikirimkan ke email kamu. Dari situ, kamu akan mengarah ke halaman notifikasi bahwa akun Linktree kamu sudah aktif.

Di halaman tersebut, klik Sign In to Continue untuk masuk ke dashboard Linktree kamu.

5. Buat Link Baru

Setelah menuju ke dashboard Linktree, kamu bisa melihat di sana ada beberapa menu utama. Di antaranya:

  • Links, untuk menambahkan link baru. Ada juga tools analytics yang bisa kamu gunakan untuk melihat menganalisa jumlah views, subscribers, CTR, dll.
  • Appearance, untuk mengatur tampilan Linktree menambahkan bio dan foto profil, menyesuaikan tema, background, font, dll. 
  • Analytics, fitur untuk menganalisis data dari setiap link secara lebih lengkap dan rinci, seperti tautan berkinerja tinggi, revenue, top location, dan banyak lagi.
  • More, berisi pengaturan lanjutan Linktree (integrasi e-commerce dan medsos, SEO, affiliate programs, dll), pengaturan akun, dan support.

Lantas, bagaimana cara membuat link baru di Linktree untuk Instagram? Kamu bisa klik menu Links, pilih +Add Link. Lalu, pada kolom URL, tambahkan atau paste link yang ingin kamu buat. Kemudian, klik Add.

Jika sudah, klik kolom Title yang berada tepat di atas link, ketikkan nama link tersebut sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu menambahkan link Whatsapp, kamu bisa beri judul “Chat Whatsapp” atau “Order Via Whatsapp” untuk link tersebut.

Ulangi cara membuat Linktree di Instagram tersebut setiap kali kamu membuat link baru. Klik preview untuk melihat tampilan Linktree kamu.

6. Share

Setelah semua link selesai dibuat, kamu bisa langsung membagikan Linktree ke berbagai platform, mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dll. Klik Share yang ada di sebelah pojok kanan atas dashboard kamu. 

Kemudian, kamu akan dihadapkan pada beberapa opsi share seperti di bawah ini.

  • Add Linktree to your socials, untuk membagikan tautan Linktree ke berbagai platform sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dll secara langsung.
  • Share My Linktree to, untuk share URL Linktree ke semua kenalan kamu di medsos.
  • My Linktree QR Code, untuk mendapatkan kode QR yang bisa kamu simpan dalam format .png atau .svg.
  • Open my Linktree, untuk membuka URL Linktree di tab baru.
  • Copy, untuk menyalin tautan Linktree agar bisa dibagikan secara manual.

Yuk, Praktikkan Cara membuat Linktree di Instagram!

Voila! Sekarang, pengunjung atau followers kamu bisa terhubung ke semua platform kamu, termasuk toko online, hanya dengan mengakses satu Linktree saja di bio IG kamu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan potensi penjualan produk kamu. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!