10+ Contoh Copywriting Jualan Baju, Biar Bisnismu Makin Maju

contoh copywriting jualan baju

Penjualan gitu-gitu aja? Pikat calon pembeli lewat copywriting yuk! Ini daftar contoh copywriting jualan baju yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Bisnis di bidang fashion khususnya baju memang asyik dijalani karena telah menjadi bagian gaya hidup. Namun, dengan banyaknya kompetitor, kamu memerlukan strategi pemasaran serta branding yang tepat.

Salah satu strategi marketing yang bisa membantu kamu mendapat cuan lebih cepat adalah copywriting. Teknik merangkai diksi ini bisa membuat bisnis baju makin maju, lo! Seperti apa contoh copywriting jualan baju yang menarik? Simak ulasan singkat tentang copywriting untuk bisnis baju berikut ini, ya.

Read More: Dongkrak Omzet lewat Medsos: Ini Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

Elemen Penting dalam Copywriting

Sebelum melihat contoh copywriting jualan baju, kamu harus tahu bahwa ada beberapa elemen penting di dalam copywriting. Apa saja?

1. Headline

Tahukah kamu, sebuah riset mengatakan bahwa rata-rata hanya 2 dari 10 orang yang memutuskan membaca iklan secara full sampai selesai? Apa yang memengaruhi keputusan mereka? Jawabannya adalah headline.

Headline merupakan kalimat pertama yang akan kamu baca dari sebuah iklan atau promosi. Jadi, bila headline iklan kamu menarik dan membuat penasaran, keseluruhan iklan kamu bakal dibaca, dan penjualan pun akan naik. Ada banyak jenis headline yang bisa kamu pakai. Berikut 3 di antaranya:

  • Curiosity headline yang membuat penasaran, contohnya: “Rahasia tampil super stylish tapi tetap syar’i.”
  • Fear headline, bisa bikin audiens ketakutan, contohnya: “Awas! Saltum alias salah kostum saat wawancara bisa bikin ilfil!”
  • Question headline, contohnya: “Cari outfit kece buat ketemu calon mertua? Ada di sini!”

2. Isi/ konten

Elemen kedua ini bisa berisi tentang beberapa hal, tergantung pada media yang kamu pakai, misalnya:

  • penjabaran masalah yang dialami oleh audiens,
  • solusi yang kamu tawarkan untuk masalah audiens,
  • apa isi penawaran kamu,
  • alasan mengapa mereka harus membeli produkmu, 
  • testimonial,
  • kelangkaan/ scarcity,
  • garansi, dll

3. Call to action

Dikenal dengan CTA, call to action bertujuan mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan aksi lebih lanjut setelah membaca iklan atau copywriting kamu. Tanpa CTA, kamu akan membuat audiens bingung harus apa dan ke mana bila ingin membeli. CTA bisa berupa menghubungi kontak tertentu, tombol ke produk terkait, atau link ke halaman website tertentu, tergantung apa CTA yang relevan dengan media promosi kamu.

Contoh Copywriting Jualan Baju

Setelah mengetahui tiga elemen di atas, tentu sudah mulai terbayang bagaimana kamu akan menulis copywriting. Yuk, mulai praktek membuat copy untuk produk kamu! Sebagai permulaan, kamu bisa mengamati dan memodifikasi contoh berikut:

Copywriting Jualan Baju Anak

  • “Si Kecil mau ultah, intip outfit imut buat si Kecil di sini yuk! Acara ultah jadi tambah meriah dengan pilihan outfit lucu koleksi Kita. Ada bermacam-macam tema, loh. Mulai dari superhero, princess, sampai karakter kartun favorit si Kecil! Mau yang mana nih, Moms? Detail ongkos kirim bisa chat Kakak Admin di sini, ya!” 
  • “Beli baju buat anak dengan desain kesukaannya? Di (nama brand kamu), Moms bisa pesan kaos anak dengan desain sesuka hati. Tidak ada minimal order, pesan satu pun boleh! Chat (nomor telepon bisnis kamu) atau klik link di bio untuk pemesanan!”

Copywriting Jualan Baju Pria

  • “Dandan rapi demi pujaan hati? Penting banget! Ayo tampil lebih percaya diri di depan si Dia dengan koleksi kemeja keren dari (nama brand kamu)! Cek stok dan ketersedian warna di sini!”
  • “Outfit olahraga keren dari (nama brand kamu) yang anti gerah ini paling direkomendasikan buat pria aktif!”

Contoh Copywriting Jualan Baju Wanita

  • “Siapa nih yang suka bilang “Ibu Rumah Tangga nggak bisa stylish”? Pasti belum tahu ada koleksi baju rumah yang kece abis di (nama brand kamu)! Dari baju tidur, baju sehari-hari, sampai daster sultan! Cek koleksi kita di sini!”
  • “Paling laris! Kemeja satin (nama brand kamu) ini diburu para wanita karier yang suka penampilan super elegan! Size lengkap dari XS hingga XXL! Jangan sampai kehabisan, pesan di sini sekarang!”

Copywriting Jualan Baju Bumil dan Menyusui

  • “Menyusui si Baby saat bepergian kadang-kadang bisa bikin para Bunda merasa ribet. (Brand kamu) punya solusinya. Baju menyusu bukaan kiri-kanan yang membuat menyusui jadi lebih mudah, santai, dan tenang. Yuk lengkapi koleksinya. Ada diskon 30% khusus member, loh!”
  • “Bumil sering bingung memilih baju yang nyaman? Pakai koleksi baju hamil dari (nama brand kamu) saja! Bahan premium nan nyaman dan pastinya good quality.”

Copywriting Jualan Baju Koko

  • “Beli baju koko kok nunggu Lebaran? Keburu kehabisan! Koleksi koko premium di (nama brand kamu) bisa melengkapi setiap ibadah kamu, termasuk jadi outfit favorit ke acara pengajian dan salat Jumat!”

Copywriting Jualan Baju Seragam

  • Baju seragam paling lengkap se-Indonesia ada di sini! Kami menyediakan semua kebutuhan seragam Anda, dari seragam sekolah hingga seragam kantor dengan kualitas standar perusahaan! Diskon 20% untuk pemesanan via WhatsApp (nomor WA bisnis kamu)!”

Contoh Copywriting Jualan Baju Bayi

  • Buat bayi jangan coba-coba! Setelan baju bayi (nama brand kamu) sudah pasti berbahan lembut, tidak membuat iritasi, dan mudah dicuci. Bisa dipakai baby girl  ataupun baby boy dengan pilihan warna pastel yang menggemaskan!”

Copywriting Jualan Baju Batik

  • “Kemeja batik mewah yang bisa bikin kamu tampil WAH? Cuma di sini! Bahan terbaik dengan desain yang nggak pasaran, cocok dipakai di segala acara! Beli sekarang dan dapatkan diskon khusus untuk pembelian pertama!”

Copywriting Jualan Baju Tidur

  • Bawa pulang 1 set baju tidur cantik hanya dengan 100K! Bahan premium lembut, jatuh di badan, dan pastinya membuat tidur Anda makin nyaman. Ssst.. Ada pilihan celana pendek dan panjang juga loh!” 

Contoh Copywriting Jualan Baju Desain Custom

  • “Di mana ya bisa bikin baju kustom dengan harga terjangkau dan boleh nego? Di sini tempatnya! Minimal pemesanan 10 pcs saja sudah bisa dapat harga nego, loh! Datang langsung ke toko Kita di (alamat bisnis kamu). Pilih jenis kaos dan desain sepuasnya!”

Copywriting Jualan Baju Syari

  • “Asalamualaikum Ukhti, tampil stylish sambil tetap syari dengan koleksi gamis Kita yuk! Material kainnya adem dan tidak bikin gerah. Jadi, urusan kualitas insyaallah amanah. Kepoin koleksi Kita di @xxxxx (nama akun media sosial bisnis kamu), ya!”
  • Sering nggak sih, beli gamis tapi kepanjangan atau malah kependekan? Nggak perlu repot lagi, Ukhti.. Di sini, kamu bisa pesan gamis dengan size dan panjang sesuai kebutuhan. Mau? Chat WA untuk detail pemesanan.”

Itulah beberapa contoh copywriting jualan baju yang bisa kamu jadikan inspirasi. Demi membuat copy yang sukses mendatangkan penjualan, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan jenis dan target market bisnis kamu. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!