Manfaat QRIS: 5 Alasan Mengapa Bisnis Harus Menawarkan Pembayaran Ini!

QRIS (singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard) diperkenalkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk memudahkan pembayaran masyarakat. Semua pelaku usaha di Indonesia sangat disarankan untuk menerapkan sistem pembayaran ini. 

Ayo kenali lebih dekat apa saja manfaat QRIS di dalam berbisnis!

Baca juga: Manfaat QRIS & Tips Aman untuk Optimalkan Pembayaran Digital

Apa Itu QRIS? 

QRIS merupakan gabungan QR dari berbagai penyedia jasa sistem pembayaran yang berbentuk QR code. Sektor pembayaran bekerja sama dengan BI dalam mendesain QRIS agar proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Saat ini, QRIS bisa digunakan oleh masyarakat dalam berbagai konteks pembayaran, mulai dari toko kecil hingga melakukan donasi. Merchant hanya perlu membuka akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang telah mendapatkan perizinan dari BI.

Secara umum terdapat dua model penggunaan QRIS, yaitu merchant presented mode (MPM) untuk bisnis dan customer presented mode (CPM) untuk konsumen. Implementasinya tetap mengacu pada standar nasional yang sudah ditetapkan oleh bank pusat.

Sebuah transaksi QRIS melibatkan beberapa pihak mulai dari inisiasi hingga penyelesaiannya. Pihak-pihak tersebut adalah:

  • Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP)
  • Lembaga switching
  • Merchant aggregator
  • Pengelola National Merchant Repository

Berdasarkan kebijakan BI, seorang pengguna dapat mengirimkan dana sebesar maksimal Rp 10.000.000,- per transaksi ketika menggunakan QRIS. Pihak yang menerbitkan QRIS bisa menerapkan batas transaksi kumulatif harian maupun bulanan masing-masing.

5 Manfaat QRIS Dalam Sehari-hari 

Setiap bisnis, apapun skalanya, disarankan untuk menggunakan QRIS dalam kegiatan operasionalnya. Apa saja manfaat QRIS untuk kemajuan bisnismu?

1. Menghemat Waktu 

Dengan QRIS, kamu hanya perlu melakukan memindai kode QR, melakukan konfirmasi pembayaran, dan menyelesaikan transaksi. Semuanya bisa dilakukan dalam waktu kurang dari semenit. Perbedaannya sangat mencolok dibandingkan dengan sistem konvensional.

Uang dalam bentuk fisik hanya tersedia dalam denominasi tertentu. Kamu harus menyiapkan uang kembalian jika pelanggan membayar barang atau jasa lebih dari tagihan yang diberikan. Proses mencari uang dengan nominal kecil untuk kembalian bisa jadi cukup lama.

QRIS juga lebih cepat dibandingkan dengan pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit. Pelanggan tidak perlu sibuk mencari kartu di dalam dompet untuk membayar. Apalagi sekarang ini orang lebih mementingkan smartphone dibandingkan dompetnya. 

Semua ini akan berdampak pada efisiensi usaha. Karena setiap transaksi berlangsung cepat, kamu bisa melayani lebih banyak pelanggan setiap harinya.

2. Keamanan yang Lebih Terjaga

Pemerintah di berbagai penjuru dunia mendorong ekonomi cashless karena beberapa hal, salah satunya adalah keamanan. QRIS menawarkan keamanan karena kamu tidak perlu lagi menyimpang uang cash dalam jumlah besar.

Manfaat QRIS untuk keamanan finansial juga dirasakan oleh konsumen. Mereka tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah besar ketika berbelanja. Risiko uang jatuh maupun dicuri pun menjadi sangat kecil.

Belum lagi, proses pembayaran dengan QRIS membutuhkan otorisasi pengguna. Untuk menyelesaikan pembayaran, pengguna perlu memasukkan PIN yang hanya diketahui olehnya. Meskipun ponsel hilang, uang pengguna QRIS tetaplah aman.

Selain itu, karena semua transaksi QRIS terekam di dalam sistem, kamu bisa mendeteksi kejanggalan dengan cepat. Begitu ada tanda bahwa sebuah transaksi dilakukan tanpa otorisasi, kamu bisa langsung menghubungi penyedia jasa.

3. Menawarkan Promo dengan Lebih Mudah

Sistem QRIS membantu kamu untuk menawarkan promosi dengan lebih mudah. Misalnya, toko kamu menerapkan diskon 20% untuk produk tertentu. Kamu tidak perlu lagi secara manual melakukan perhitungan diskon.

Dengan memasukan promosi tersebut ke dalam sistem, QRIS akan secara otomatis menagih nominal yang sesuai ke interface pembeli. Transaksi pun bisa dilakukan dengan lebih cepat, sehingga meningkatkan kepuasan konsumenmu.

Tidak hanya itu, terkadang bank atau platform pembayaran yang digunakan oleh pembeli menawarkan cashback khusus untuk pembayaran dengan sistem QRIS. Dengan menawarkan QRIS, kamu membantu pelanggan mendapatkan promosi ini.

Karena promo mudah mencapai konsumen, kamu akan merasakan peningkatan penjualan yang cukup pesat. Konsumen cenderung tergiur dengan promosi semacam ini.

4. Membantu Bisnis Melakukan Pembukuan 

Manfaat QRIS berikutnya adalah membantu bisnis melakukan pembukuan. Kamu bisa menyambungkannya ke sistem point-of-sale perusahaan. Semua transaksi QRIS tercatat secara otomatis sehingga pembukuan usahamu jadi lebih efisien.

Tahukah kamu kalau masalah pembukuan merupakan salah satu hal yang menyebabkan bisnis kecil sulit berkembang? Kesalahan pembukuan bisa menjadi penyebab utama bisnis merugi, bahkan bangkrut.

Bentuk pembukuan paling sederhana adalah uang masuk dan keluar. Bisnis yang melakukan pencatatan transaksi secara manual lebih mungkin melakukan kesalahan pembukuan sehingga neraca keuangan yang tidak sehat segera diketahui.

Pembukuan digital juga membantu kamu dalam mendeteksi semua pengeluaran usaha. Implikasi ternyata bermacam-macam. Kamu bisa menentukan harga produk atau jasa dengan lebih akurat. Ini juga mendorongmu untuk mencari supplier yang lebih terjangkau.

5. Bisa Digabungkan dengan Loyalty Program 

Semua konsultan bisnis akan mengatakan bahwa menarik pelanggan baru memakan biaya yang sangat besar. Bisnis yang stabil adalah yang dapat mempertahankan pelanggannya. Ada berbagai cara untuk melakukannya, salah satunya loyalty program.

Apakah kamu pernah melihat sebuah minimarket menerapkan sistem poin? Setiap pembeli berbelanja di minimarket tersebut, ia akan mendapatkan poin. Pelanggan tersebut dapat menukarkan poin yang dikumpulkan dengan hadiah tertentu.

Itulah sebuah contoh sederhana loyalty program. Salah satu keunggulan QRIS adalah mudahnya kamu bisa menggabungkan loyalty program dengan sistem pembayaran digital ini. 

DOKU merupakan salah satu penyedia layanan QRIS yang memudahkan pengguna untuk menerapkan loyalty program. Ketika memilih program yang tepat, perhatikan karakteristik demografis pelangganmu, ya! Tawarkan manfaat yang sesuai kebutuhan mereka.

Pertumbuhan UMKM

UMKM adalah penopang perekonomian nasional. Dengan maraknya e-commerce, kamu pasti menyadari bahwa jenis usaha kecil di Indonesia semakin beragam. Selain kebutuhan pokok, mulai ada usaha yang menawarkan produk tersier seperti parfum dan aksesoris.

Kalau kamu mempunyai ide bisnis, era ini menjadi waktu yang tepat untuk memulai usaha kecilmu. Promosi produk jadi lebih mudah karena kamu bisa memanfaatkan media sosial. Transaksi pun bisa dilakukan tanpa kontak atau contactless payment.

Meski banyak usaha kecil yang mulai dirintis, banyak juga usaha yang tidak sukses dan akhirnya harus berhenti di tengah jalan. Ada banyak permasalahan yang bisa membuat usaha kecil mengalami kegagalan, seperti:

  • Kurangnya modal usaha.
  • Model bisnis yang tidak sesuai.
  • Strategi pemasaran yang gagal.

Tentunya ada banyak lagi hal yang bisa menyebabkan sebuah UMKM mengalami kegagalan. Apakah ada cara untuk mencegahnya? Penggunaan QRIS bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi usahamu. Apalagi kalau kamu memilih penyedia jasa yang tepat.

Kamu bisa bergabung menjadi Juragan DOKU dan melebarkan sayap usaha kecilmu. Dengan mendaftarkan dirimu ke aplikasi ini kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, tidak hanya manfaat QRIS.

Aplikasi ini bisa membantumu membuat katalog elektronik sehingga calon pembeli bisa dengan mudah melihat semua produk yang kamu tawarkan. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa mengirimkan invoice secara cepat agar transaksi jadi lebih efisien.

Ingin merasakan manfaat QRIS untuk kemajuan bisnismu? Segera daftarkan usahamu. Tidak ada kata terlambat!