Bisnis F&B Minim Modal Tapi Cuan, Pakai Cloud Kitchen!

cloud kitchen adalah

Cloud kitchen adalah salah satu inovasi yang perlu kamu lirik jika tertarik menjalankan bisnis food and beverage alias F&B dengan keterbatasan modal dan sumber daya. Lewat cloud kitchen, kamu dapat lebih fokus dan efektif menghasilkan profit dengan meminimalkan biaya-biaya operasional.

Kehadiran cloud kitchen di Indonesia sendiri sudah tidak terlalu baru. Sejak hadirnya layanan pesan-antar makanan oleh perusahaan teknologi besar Grab dan GoJek, cloud kitchen pun berkembang. 

Jadi sebenarnya, apa itu cloud kitchen? Apakah ada jenis-jenis cloud kitchen? Bagaimana potensi dan cara cloud kitchen menghasilkan profit secara maksimal? Simak ulasan berikut untuk menemukan jawabannya.

Read More: 9 Cerita Pengusaha Sukses Lokal, Inspiratif Banget!

Pengertian Cloud Kitchen 

Cloud kitchen adalah model bisnis F&B yang hanya menawarkan layanan pesan-antar alias delivery saja tanpa ada opsi untuk makan di tempat. Gaya bisnis yang juga disebut virtual kitchen atau ghost kitchen ini umumnya melayani pelanggan lewat pemesanan secara online seperti via aplikasi. 

Maka dari itu, ukuran dapur cloud kitchen pun cenderung tidak besar. Kamu hanya memerlukan ruangan secukupnya untuk memasak tanpa repot memikirkan ruang untuk konsumen yang datang dan mengantre meja untuk makan di tempat. Namun di sisi lain, karena hanya menyediakan pilihan delivery, kamu pun harus dapat bergerak cepat sehingga konsumen tidak menunggu terlalu lama dan mengurangi penilaian terhadap bisnismu.

Adapun idealnya, cloud kitchen terdiri dari sebuah ruangan besar untuk memasak yang nanti dibagi menjadi beberapa ruangan lebih kecil (seperti bilik). Pemilik cloud kitchen pun akan menyewakan bilik-bilik tersebut kepada pemilik bisnis F&B. Jadi, dalam sebuah cloud kitchen akan terdiri dari beberapa usaha dan brand F&B yang berbeda.

Dapur yang disewakan tersebut juga ada yang sudah dilengkapi dengan fasilitas memasak dan mengolah sajian. Dengan begitu, kamu pun “terima bersih” dan dapat langsung menggunakannya untuk usaha. Praktis, bukan?

Tak ketinggalan, cloud kitchen lazimnya berada di area yang cukup strategis. Hal ini pun akan membantu cukup signifikan untuk brand awareness serta kesuksesan bisnis yang kamu jalankan.

Contoh Cloud Kitchen

Konsep dapur virtual ini sudah cukup dikenal di Indonesia terutama di kota besar seperti Jakarta. Pelaku dan pengguna cloud kitchen pun sudah mulai banyak, termasuk beberapa brand F&B yang terkenal.

Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Yummykitchen

Yummy Corp merupakan induk dari Yummykitchen yang kini sudah mempunyai 50 cabang kerja tersebar di lebih dari 50 lokasi di Indonesia. Tak cuma di Jabodetabek, Yummykitchen bahkan sudah hadir di kota lain seperti Medan dan Bandung.

Di samping tempat fasilitas untuk memasak dan keperluan dapur lengkap lainnya, Yummykitchen juga menyediakan jasa karyawan untuk membantu pelaku bisnis F&B menjalankan operasional bisnis lebih praktis dan efisien.

2. Dapur Bersama

Cloud kitchen ini merupakan bagian dari GoJek. Layanan dapur virtual ini khususnya sangat terbuka untuk mitra bisnis F&B yang sudah bergabung dengan GoFood, tetapi tidak menutup kesempatan untuk F&B lainnya yang belum bermitra dengan GoFood.

Dapur Bersama by GOJEK ini menyediakan ruang kerja dengan fasilitas lengkap untuk keperluan operasional bisnis F&B. Kini sudah lebih dari 25 outlet Dapur Bersama yang tersebar di area Jabodetabek hingga luar Jawa sekalipun seperti Bali, Lampung, dan Palembang.

3. Everplate

Everplate punya layanan yang cukup berbeda dibandingkan beberapa cloud kitchen lain pada umumnya. Pasalnya, Everplate tidak cuma menawarkan akses ke dapur bagi para penyewanya.

Jika menggunakan layanan Everplate, kamu juga akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan bagaimana melakukan analisis data, memasarkan produk dan brand, hingga dibantu pendaftaran untuk masuk ke dalam seluruh platform food delivery.

Jenis-Jenis Cloud Kitchen 

Cloud kitchen juga punya banyak variasi terutama dari segi layanan yang ditawarkan. Selengkapnya mengenai jenis-jenis cloud kitchen adalah sebagai berikut.

1. Restoran Online

Seperti namanya, jenis cloud kitchen ini biasanya hanya untuk satu brand saja dan fokus untuk melayani pesan antar Adapun jenis bisnis yang menggunakan konsep ini adalah untuk keperluan membuka cabang yang hanya melayani pesanan via online.

2. Cloud Kitchen 

Ini adalah cloud kitchen yang dimiliki oleh sebuah operator, terdiri dari sebuah ruangan besar yang dibagi menjadi beberapa ruangan kecil untuk disewakan ke beberapa tenant. Umumnya fasilitas untuk memasak pun sudah disediakan oleh pihak operator.

3. Shared Kitchen

Shared kitchen merupakan cloud kitchen yang dikelola oleh pihak operator, sehingga kamu tidak perlu lagi mencari karyawan dan sibuk terkait urusan manajemen operasional. Mulai dari persiapan bahan baku hingga persiapan akhir sebelum pengiriman, semua telah dikelola operator.

Potensi dan Keuntungan Cloud Kitchen 

Salah satu alasan mengapa cloud kitchen disarankan dan cukup banyak direkomendasikan bagi pemilik bisnis F&B baru adalah minim risiko. Kamu tidak perlu memikirkan lagi soal fasilitas untuk mendukung operasional. Kamu pun lebih punya banyak waktu dan tenaga untuk fokus terhadap hal-hal strategis lain untuk mengembangkan bisnis.

Modal yang kamu keluarkan pun cenderung lebih efisien, termasuk soal lokasi yang strategis. Dibandingkan harus menyewa sendiri lahan di lokasi ditambah menyiapkan perlengkapan memasak dan sebagainya, menggunakan layanan all in dari operator cloud kitchen akan lebih hemat biaya, tenaga, dan waktu.

Selengkapnya, keuntungan menggunakan layanan cloud kitchen adalah sebagai berikut.

  • Modal awal lebih terjangkau dengan berbagai keperluan operasional yang sudah tersedia
  • Meminimalkan biaya operasional seperti biaya listrik, pajak properti, servis fasilitas, dan sebagainya
  • Mendorong untuk lebih fokus terhadap hal-hal strategis yang lebih penting
  • Meningkatkan profit dengan maksimal

Strategi Bisnis Menggunakan Cloud Kitchen 

Cloud kitchen menawarkan cukup banyak kemudahan, tetapi kamu juga tetap perlu memiliki strategi yang tepat untuk mengoptimalkan fasilitas yang tersedia. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan rencanakan dengan cermat saat berbisnis F&B menggunakan layanan cloud kitchen.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Barangkali kamu tidak perlu cloud kitchen dengan segudang layanan pendukung. Jika kamu merasa cukup dengan ruangan untuk dapur dan beberapa fasilitas untuk menunjang operasional pengelolaan sajian, maka kamu tidak harus memilih cloud kitchen yang menawarkan layanan pengelolaan sekaligus.

Tak lupa, sesuaikan pula dengan kemampuan. Hindari memaksakan sewa di luar kemampuan dan mengajukan rencana keuangan yang sudah kamu susun dengan matang.

2. Pilih Lokasi Strategis

Sekalipun tidak menyediakan layanan makan di tempat alias dine in, pelanggan juga akan mempertimbangkan lokasi bisnis yang kamu miliki. Lokasi yang strategis akan menambah kredibilitas dan kepercayaan pelanggan serta menjadi pertimbangan pelanggan terkait biaya pesan antar yang akan dibebankan.

3. Manfaatkan Kesempatan

Ini adalah hal yang jangan sampai kamu sia-siakan. Berbagai kemudahan ini jadi kesempatanmu untuk fokus mengembangkan bisnis, seperti merancang dan melakukan strategi pemasaran dan promosi yang pas, menyediakan layanan plus, dan sebagainya.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!