Bangun Usaha untuk Masyarakat: Apa Itu Socialpreneur?

socialpreneur

Socialpreneur adalah usaha dengan fokus utama pada kegiatan sosial. Seperti apa contohnya dan gimana cara agar kamu bisa memulainya?

Istilah socialpreneur atau sociopreneur kini semakin lazim terdengar. Gabungan dari kata social dan entrepreneur, socialpreneur adalah model usaha yang unik karena berfokus pada aktivitas sosial, bukan profit.

Bagaimana sebenarnya cara mereka bekerja? Apa ciri-ciri seorang sociopreneur sejati? Yuk, cari tahu di sini sebelum kamu tertarik mencobanya.

Read More: 9 Cerita Pengusaha Sukses Lokal, Inspiratif Banget!

Pengertian Socialpreneur

Socialpreneur adalah pemilik usaha atau pebisnis yang tujuan utamanya adalah memberi kontribusi untuk masyarakat. Walau mereka juga menghasilkan profit, tujuan utama pengolahan uangnya adalah memenuhi kebutuhan masyarakat.

Metode kerja seorang sociopreneur bisa beragam. Ada yang berinvestasi pada kontribusi sosial atau lingkungan, menciptakan produk tertentu, atau merancang program kerja yang dilakukan bersama masyarakat.

Ciri-ciri Socialpreneur 

Apa yang bikin socialpreneur berbeda dari pengusaha tipe lain? Inilah beberapa karakteristik umumnya.

Fokus Usaha di Kegiatan Sosial

Socialpreneur berfokus pada kegiatan yang memiliki fungsi sosial, misalnya mendukung suatu misi, berbuat amal, atau mengatasi permasalahan spesifik yang dialami masyarakat. Fokusnya juga bisa ke komunitas tertentu, misalnya anak yatim atau masyarakat miskin.

Banyak Berhubungan dengan Komunitas

Seorang sociopreneur wajib berhubungan dengan berbagai komunitas. Hal ini karena dampak kegiatannya berdampak pada masyarakat luas. Kesuksesan hanya bisa diraih jika ada jaringan komunitas yang mendukung kegiatan tersebut.

Skala Dampak Kerjanya Luas

Karena kegiatan sociopreneur ditujukan untuk masyarakat, skala dampaknya pasti luas. Hal ini wajib menjadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan memulai hal serupa. 

Melibatkan Riset dan Inovasi

Salah satu tujuan pendirian usaha sociopreneur adalah mengatasi problem yang ada di masyarakat. Inovasi dan riset pun menjadi bagian yang tidak terpisahkan, apalagi jika problem yang akan diatasi tergolong rumit atau belum pernah ada.

Kegiatannya Melibatkan Masyarakat Setempat

Namanya juga usaha sosial, kegiatannya pasti harus melibatkan masyarakat setempat. Selain memudahkan pengembangan usaha, melibatkan masyarakat juga mendorong terciptanya komunitas yang terus berkembang berkat dukungan usaha socialpreneur.

Contoh Socialpreneur di Indonesia 

Indonesia punya banyak contoh usaha socialpreneur yang inovatif dan kreatif, lho! Berbagai usaha ini juga melibatkan teknologi terkini seperti media sosial dan aplikasi untuk mendukung kegiatannya.

Apa saja contoh sociopreneur terkenal di sini? Berikut beberapa contoh buat inspirasi kamu.

Waste4Change

Kamu mungkin sering melihat postingan Waste4Change di Instagram, tetapi tahukah kamu ap aitu? Waste4Change mungkin salah satu proyek sociopreneur paling ternama di Indonesia. Sejak 2014, Waste4Change menawarkan alternatif pengelolaan sampah.

Waste4Change menerima sumbangan sampah dari masyarakat (dengan kriteria tertentu). Sampah tersebut kemudian diolah menjadi produk daur ulang yang dipasarkan ke toko-toko. Waste4Change juga membuat berbagai program dan materi edukasi buat masyarakat.

KitaBisa.com

Pasti sudah tahu dong nama ini? KitaBisa.com adalah platform digital untuk membantu pengumpulan donasi. Tujuannya bisa untuk memberi sumbangan ke panti asuhan atau panti jompo, menggalang dana medis, hingga mendukung proyek sosial dan pendidikan.

WeCare.id

WeCare.id adalah usaha pengumpulan donasi untuk membantu masyarakat miskin yang membutuhkan pertolongan medis, tetapi tidak memiliki BPJS. Prinsip utamanya adalah kesetaraan dalam hak untuk mendapatkan layanan medis bagi sesama.

Dalam usahanya, WeCare.id nggak sendiri, tetapi menjalin kerja sama dengan rumah sakit, klinik, perusahaan medis, dan departemen CSR perusahaan komersial.

Klinik Asuransi Sampah

Adalah program yang didirikan dokter bernama Gamal Albinsaid. Klinik Asuransi Sampah menawarkan sistem pelayanan medis di mana masyarakat bisa membayar dengan membawa sampah senilai 10 ribu Rupiah sebagai pembayaran.

Lewat usaha ini, Klinik Asuransi Sampah nggak hanya membidik masalah akses kesehatan, tetapi juga mengurangi penumpukan sampah. Kumpulan sampah hasil pembayaran kemudian diseleksi untuk didaur ulang atau dijadikan kompos.

Du’ Anyam

Du’ Anyam adalah upaya sociopreneurship lewat penjualan hasil kerajinan anyaman tradisional dari Flores. Pendiriannya terinspirasi dari niat untuk mengurangi efek malnutrisi di kalangan masyarakat ekonomi bawah.

Du’ Anyam memberi pelatihan terhadap wanita Flores agar bisa membuat berbagai kerajinan anyaman, seperti tas, sepatu, dompet, dan topi. Hasilnya kemudian dijual dan keuntungannya dijadikan sumber penghasilan bagi para wanita pengrajin dan keluarga.

Batik Kultur

Batik Kultur merupakan usaha lokal yang membuat dan menjual batik tulis di Semarang. Didirikan oleh Dea Valencia, tujuan utamanya adalah mendorong kemajuan usaha batik tulis pengrajin lokal dan memperkenalkan motif batik dalam pakaian modern.

Batik Kultur juga memberi sumbangsih bagi masyarakat penyandang disabilitas di komunitas sekitar. Dengan pelatihan membuat batik, para pekerja bisa mendapat penghasilan tambahan, keahlian, serta kemandirian.

Jawara Banten Farm

Jawara Banten Farm bukan sekadar bisnis peternakan. Didirikan oleh Agis Nur Aulia, sistem peternakan terpadu ini dibangun untuk menciptakan tujuan masa depan berupa kemandirian pangan sekaligus membantu petani lokal.

Jawara Banten Farm mendukung sistem pertanian terpadu dan mencegah masyarakat terjebak sistem tengkulak. Selain menjual ternak, Jawara Banten Farm menyediakan pelatihan serta sistem bagi hasil demi membantu peternak lokal.

Kiat Jadi Socialpreneur Sukses

Gimana caranya agar kamu bisa jadi socialpreneur sukses? Ikuti strategi ini:

1. Buat Rencana untuk Memecahkan Problem Tertentu

Sebagai sociopreneur, tujuan utama kamu adalah memecahkan problem tertentu yang dihadapi masyarakat. Apakah ada komunitas yang butuh didukung? Problem spesifik apa yang dihadapi lingkungan kamu sekarang?

2. Ciptakan Skala Prioritas

Jika kamu punya passion tinggi terhadap isu sosial, kamu mungkin bernafsu memecahkan semua masalah terkait. Akan tetapi, kamu justru harus bisa membuat skala prioritas jika ingin sukses. Tidak apa-apa jika tujuan awal kamu sederhana.

Kamu bisa mulai mengembangkan prioritas ketika usahamu sudah berkembang dan mendapat pendanaan yang cukup.

3. Libatkan Komunitas Lokal dalam Riset

Kegiatan sosial yang tidak melibatkan komunitas lokal dalam risetnya berisiko tidak tepat sasaran. Pastikan kamu membaur dengan komunitas lokal untuk berdialog dan melakukan survei serta riset.

Kamu juga bisa berdiskusi dengan tokoh pemuda atau aktivis lokal. Pihak-pihak ini biasanya dipercaya warga atau mampu menjabarkan hal-hal yang dibutuhkan masyarakat luas di lingkungan mereka secara rinci.

4. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Kegiatan socialpreneur melibatkan beragam aspek, banyak orang, dan lingkungan yang dinamis. Kamu harus melakukan evaluasi secara rutin untuk melihat arah perkembangan usahamu. Pastikan juga strategimu tepat sasaran.

5. Pastikan Passion Kamu Ada di Sana

Ingat, sociopreneur adalah usaha di mana banyak orang menaruh harapan. Kamu harus yakin bahwa bidang tersebut adalah passion-mu. Dengan begini, kamu akan lebih termotivasi untuk memastikan bisnis tersebut bertahan lama.

Passion juga dibutuhkan agar kamu konsisten dalam riset dan pengembangan usaha. Kamu juga akan lebih mampu menghadapi tantangan dan berkomunikasi dengan orang yang berbeda-beda.

Gimana cara mengembangkan usaha sociopreneur agar sukses di era digital?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!