Pentingnya Cloud Server Bagi Manajemen Data Perusahaan PayTech

cloud server

Kebutuhan akan penyimpanan data dan kemampuan pemrosesan data diperlukan bagi perusahaan yang bisnisnya semakin berkembang. Dahulu, penggunaan server  konvensional dipilih sebagai penyimpanan data dan kemampuan pemrosesan data  perusahaan. Kebutuhan server ini, mengharuskan perusahaan untuk menyiapkan dana yang sangat besar di awal untuk membeli hardware, server, router dan SDM untuk memelihara server, storage dan infrastruktur. Dari segi pengelolaan, server konvensional membutuhkan backup database jika sistem down yang membuat semua sistemnya otomatis tidak berfungsi. Hal ini tentu akan memberikan biaya tambahan lagi bagi perusahaan. 

cloud server

Seiring berkembangnya teknologi, kini perusahaan bisa menyimpan data lebih efisien dan mengoptimasi daya pemrosesan. Salah satu teknologi yang sangat mendukung transaksi digital adalah teknologi cloud server. Cloud server adalah server virtual yang berada di lingkungan komputasi awan atau yang lebih dikenal dengan cloud computing. Teknologi ini bisa memadukan pengolahan, penyimpanan hingga jaringan data dengan memanfaatkan sumber daya internet. 

Baca juga: Juragan DOKU, Solusi Terima Pembayaran untuk Social Sellers

AliCloud Server untuk Penyimpanan Data dan Pemrosesan Data DOKU

Penggunaan cloud server memiliki beragam manfaat bagi operasional bisnis seperti penghematan biaya, akses yang mudah, skalabilitas yang luwes, hingga keamanan data. Teknologi cloud server ini memegang peranan penting dibalik operasional bisnis DOKU sebagai perusahaan teknologi pembayaran digital. Selama 16 tahun, DOKU fokus melayani bisnis perusahaan B2B, dan sejak pandemi, DOKU mulai memperluas jangkauan pasar untuk melayani UMKM dan personal seller

Berkembangnya bisnis DOKU dari payment gateway menjadi payment technology company yang disertai dengan bertambah lengkapnya rangkaian produk mulai dari accept payment, payouts, wallet as a service, hingga enhancement berdampak pada semakin banyaknya data terkait pembayaran dan transaksi merchant yang harus dikelola. Selain kebutuhan akan tersedianya kapasitas space server yang besar juga dibutuhkan analisa data yang tajam, cepat dan mumpuni, sehingga keputusan-keputusan strategis bisnis menjadi lebih tepat sasaran.  

Dalam perjalanannya, ada banyak tantangan dalam pengelolaan data yang semakin kompleks, dikarenakan bisnis DOKU yang semakin bertumbuh. Ada lebih dari 100 jenis data yang berbeda dengan jumlah data yang harus diproses lebih dari 1 juta data per harinya. Untuk itulah, butuh kinerja akses data yang terus meningkat sehingga pengelolaan data yang semakin banyak ini bisa membantu bisnis untuk mengambil keputusan yang lebih cepat dan menyeluruh. Oleh karena itu DOKU menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam cloud server yang disediakan oleh Alibaba Cloud. 

Terkait dengan pemanfaatan cloud server dari Alibaba Cloud ini, pada acara Alibaba Cloud Summit 2023 di Jakarta, Chief of Enterprise, Infra & Security of DOKU, M. Triana Walujadjati menjadi pembicara dan memaparkan berbagai tantangan yang dihadapi oleh DOKU. Tak hanya itu, ia juga menjelaskan solusi yang ditawarkan dari AI cloud server untuk DOKU sebagai perusahaan teknologi pembayaran yang kini semakin beragam produknya. DOKU mempercayakan Alibaba Cloud Server untuk membantu pengelolaan data. Artificial Intelligence (AI) tersebut adalah ApsaraDB dari Alibaba Cloud yang merupakan layanan database cloud-native.

ApsaraDB mampu meningkatkan data performa hingga 60% dan menjaga DOKU SLA menjadi 99,9%. Dengan demikian transaksi pelanggan dari para merchant yang diproses melalui sistem DOKU menjadi lebih responsif dan lonjakan jumlah data yang harus diolah dapat tetap lancar terlaksana.