DOKU Dukung Easyeat Hadirkan Pengalaman Dine-In  Kekinian Yang Buat Pelanggan Makin Nyaman Kulineran 

Jakarta, 30 Agustus 2023 – Bangkitnya industri kafe/restoran pasca pandemi dan  redanya ketentuan untuk social distancing membuat motivasi penggemar kuliner semakin  variatif, di mana pengunjung datang ke kafe/restoran tidak hanya untuk makan, tetapi  juga nongkrong, meeting hingga work from cafe (WFC). Tren lifestyle ini menginspirasi  bisnis F&B untuk berinovasi guna meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika dine-in.  EasyEat sebagai platform penyedia sistem manajemen pemesanan makanan untuk  kafe/restoran asal Singapura berkolaborasi dengan DOKU untuk mewujudkan  pengalaman dine-in kekinian yang lebih praktis untuk memfasilitasi ritme kehidupan  masyarakat modern yang serba cepat dan dinamis. 

Ditemui saat acara di salah satu restoran yang menggunakan solusi EasyEat, Lawless  Burger Bar Menteng, CEO EasyEat, Wassem Mohd. menjelaskan, ”Urusan memilih  menu dan memesan makanan bisa jadi menantang baik bagi pramusaji maupun  pelanggan ketika dine-in di kafe/restoran. Kegiatan ini berpotensi memakan waktu cukup lama, menambah tumpukan antrian dan berakibat kurang nyaman jika tidak dikelola  dengan baik. Dengan platform EasyEat, tantangan ini dapat teratasi karena semua  proses tersebut dilakukan secara real-time. Lebih canggihnya lagi, berkat kolaborasi  bersama DOKU, kini pelanggan tidak hanya dapat memilih menu dan memesan makanan via smartphone mereka, tapi juga bisa langsung membayar pesanan mereka  menggunakan metode pembayaran yang diinginkan, semua dalam satu platform yang  sama.”

Pasca-pandemi, tren dine-in mulai kembali diminati. Menurut hasil riset sebuah lembaga  independen, 79% konsumen sudah tidak ragu lagi untuk kembali makan di restoran.  Tren lifestyle ini berpotensi memperluas adopsi layanan EasyEat di Indonesia, di mana  saat ini tercatat lebih dari 500 kafe/restoran di Indonesia telah menggunakan solusi  EasyEat, di antaranya seperti Lawless Burger, Feel Matcha, Papa Ron’s Pizza, Kopi Oey,  Lokaholik, Electra Cafetaria (Gedung PT PLN Persero), dll. Di salah satu negara  pasarnya, Malaysia, EasyEat telah melayani setidaknya ribuan kafe/restoran, terhitung  sejak mulai beroperasi tahun 2020. 

Platform EasyEat memudahkan pengunjung dalam melihat dan memesan menu dengan  QR tanpa harus mengunduh aplikasi apapun. Setelah scan kode QR yang disediakan oleh  EasyEat, pengunjung restoran dapat langsung melihat dan memesan makanan tanpa  harus menunggu pramusaji datang. Setelah itu, pengunjung dapat langsung melakukan  proses pembayaran dengan pilihan opsi bayar beragam dan menunggu makanan datang  setelah proses pembayaran selesai. Hal tersebut juga dilakukan hanya melalui  smartphone tanpa perlu ke kasir. EasyEat memberikan kemudahan dan efisiensi untuk  pelanggan serta pihak restoran. 

Troy Hambali, VP of Business Development DOKU turut berkomentar, “Dalam kolaborasi  bersama EasyEat, DOKU berfungsi sebagai mitra teknologi yang mengadakan fitur  pembayaran dalam platform EasyEat, sehingga pengunjung dapat langsung  menyelesaikan pembayaran dalam satu platform. Dengan solusi All-in-One POS EasyEat  yang terintegrasi dengan platform pembayaran DOKU, pengunjung dapat memilih  metode pembayaran yang nyaman bagi mereka, mulai dari scan QRIS, e-wallet, m banking, debit card dan credit card. Dengan demikian proses pesan dan bayar jadi lebih  cepat dan operasional kafe/restoran secara keseluruhan menjadi lebih efisien.” 

Artikel ini juga dimuat dibeberapa media, seperti berikut: