Meningkatkan Angka Penjualan Adalah Alasan Perusahaan Perlu Co Branding, Penting!

co branding adalah

Ingin bisnis berjalan lancar dan punya omzet besar? Co branding adalah salah satu solusinya. Bisa mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis, lho!

Ketika menjalankan sebuah bisnis, kamu punya banyak pertimbangan dalam menerapkan strategi pemasaran produk. Bahkan, kamu dapat pula menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Co branding adalah salah satu bentuk kerja sama tersebut dan termasuk strategi yang cukup jamak dilakukan oleh banyak perusahaan.

Co branding dapat menjadi strategi yang jitu dalam meningkatkan angka omzet perusahaan. Banyak produk berkualitas yang tercipta lewat kerjasama co branding. Oleh karena itu, kamu perlu memahami secara mendalam tentang co branding dan mempraktikkannya dalam bisnis. 

Read More: Memahami Apa Itu Product Branding, Manfaat, dan Strategi Menjalankannya

Apa Itu Co Branding

Pengertian co branding adalah strategi pemasaran yang berlangsung ketika ada dua atau lebih pelaku usaha menjalin kerjasama untuk meraih profit. Dalam kerjasama tersebut, masing-masing pihak menyumbang dana, keahlian, serta teknologi untuk menciptakan produk atau layanan baru yang memiliki nilai spesial di mata pelanggan. 

Dalam praktiknya, penerapan co branding tidak bisa sembarangan. Seorang pelaku usaha biasanya memilih bekerja sama dengan pebisnis yang mempunyai kesamaan value, misi, serta target pemasaran. Lewat penerapan yang tepat, kampanye co branding dapat meningkatkan omzet perusahaan secara signifikan. 

Manfaat Penerapan Co Branding Bagi Perusahaan

Implementasi co branding bisa memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, termasuk di antaranya adalah: 

1. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Co branding adalah kerjasama oleh dua atau lebih perusahaan yang sama-sama mempunyai pasar masing-masing. Kolaborasi dari setiap bisnis, memungkinkan produk yang dihasilkan untuk menjangkau segmen pasar yang jauh lebih luas.

2. Meningkatkan Omzet Penjualan

Kesempatan menjangkau pasar yang luas berkaitan erat dengan tingkat penjualan atau omzet. Produk hasil kolaborasi punya peluang menjadi sumber penghasilan besar bagi masing-masing pihak yang terkait. Apalagi, kalau perusahaan yang berkolaborasi punya basis pelanggan kuat. 

3. Kesempatan Menciptakan Produk Berkualitas

Kolaborasi dalam co branding adalah momen yang bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan produk berkualitas. Produk hasil kolaborasi tersebut dapat terlihat jauh berbeda dibandingkan produk usaha kamu sendiri. 

Kerjasama co branding memiliki kaitan erat dengan kualitas produksi. Apalagi, kolaborasi tersebut juga disertai dengan pemanfaatan teknologi oleh masing-masing perusahaan. Dengan memanfaatkan kelebihan dari masing-masing perusahaan, kamu bisa memperoleh produk yang berkualitas tinggi. 

4. Mendorong Peningkatan Brand Awareness

Kamu bisa pula memperoleh manfaat berkaitan dengan brand awareness. Setiap perusahaan yang menjalin kerjasama dalam co branding adalah mereka yang telah mempunyai kekuatan brand tersendiri. Bahkan, dalam praktiknya perusahaan yang menjalin co branding mempunyai kesamaan dalam beberapa aspek. 

Kolaborasi brand mendorong masing-masing pihak yang terkait untuk memperoleh manfaat brand awareness yang meningkat. Kamu akan mendapatkan brand awareness yang dari target pemasaran perusahaan yang kamu ajak berkolaborasi. Demikian pula sebaliknya. 

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Manfaat yang tak kalah penting dari co branding adalah peningkatan kredibilitas bisnis. Kolaborasi dapat membuat brand kamu jadi lebih dipercaya di mata konsumen. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan ada beberapa di antara mereka yang berkeinginan untuk mencoba produk kamu yang lain. 

6. Menghemat Anggaran

Co branding dapat pula memberikan manfaat berkaitan dengan anggaran perusahaan. Kolaborasi co branding memungkinkan perusahaan untuk memproduksi sebuah barang dengan ketentuan terkait pembagian beban keuangan. 

Karena adanya ketentuan tersebut, pengeluaran untuk operasional bisnis tidak menjadi beban kamu sendiri. Namun, setiap perusahaan yang terlibat dalam kerjasama co branding turut serta dalam berpartisipasi menanggung biaya tersebut. 

Jenis biaya yang diperlukan dalam proses kerjasama co branding bisa sangat tinggi dan beragam, termasuk di antaranya adalah: 

  • Biaya pemasaran produk
  • Pengembangan teknologi
  • Event promosi

7. Menekan Risiko Kerugian

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan manfaat berupa tingkat risiko kerugian yang relatif kecil. Seperti halnya pembagian biaya operasional bisnis, co branding juga disertai dengan adanya pembagian risiko. 

Berbagai jenis risiko yang bisa terjadi dalam bisnis co branding merupakan tanggungan dari setiap pihak yang terlibat. Kalaupun produk hasil co branding tidak memperlihatkan hasil yang memuaskan di pasaran, kamu tidak akan menanggung kerugian itu sendiri. 

8. Kesempatan Menjalin Kerjasama di Masa Depan

Manfaat yang tidak kalah penting dari co branding adalah adanya kesempatan kerjasama di masa mendatang. Apalagi, kalau produk co branding memperlihatkan hasil yang memuaskan di pasaran. Kerjasama tersebut pun tidak hanya berkaitan dengan co branding, tetapi juga hal-hal lainnya. 

Contoh Co Branding

Dengan memahami pengertian co branding beserta manfaatnya, kamu jadi tahu kenapa banyak perusahaan menerapkan strategi ini, kan? Beberapa contoh kerjasama co branding tersebut di antaranya adalah: 

1. Kanye West dan Adidas

Penyanyi rap dunia, Kanye West pada tahun 2013 menjalin kerjasama co branding dengan Adidas. Keduanya berkolaborasi untuk menciptakan produk sepatu. Hasilnya adalah sebuah produk yang kini bernilai miliaran dolar di bawah co brand bernama Yeezy. 

Dalam kerjasama tersebut, Kanye West bertugas untuk perancangan serta pemasaran produk. Sementara itu, Adidas memiliki peran berkaitan dengan proses produksi serta distribusi sepatu.

2. Starbucks dan Spotify

Selanjutnya, kamu dapat pula menemukan kerjasama co branding antara Spotify dengan Starbucks. Kedua perusahaan tersebut menjalin kolaborasi pada 2015. Dari hasil kerjasama ini, para pelanggan bisa mendengarkan musik dari Spotify di ribuan outlet Starbucks di Amerika Serikat. 

Kerjasama ini memberikan manfaat untuk kedua brand. Starbucks dan Spotify bisa menyediakan hiburan untuk segmen masing-masing pelanggan. Di waktu yang sama, co branding tersebut juga bentuk dukungan terhadap para musisi.

3. Mizzu dan Khong Guan

Kamu bisa pula menjumpai kolaborasi co branding antara Khong Guan dengan Mizzu. Khong Guan sudah memiliki reputasi sebagai produk biskuit. Sementara itu, Mizzu adalah brand kosmetik. 

Kolaborasi keduanya menciptakan produk kosmetik dengan desain kemasan yang unik. Mereka merancang produk tersebut dengan kemasan yang identik dengan produk Khong Guan. Karena keunikannya tersebut, produk ini pun cukup banyak diburu konsumen. 

4. Burger King dan McDonald’s

Kamu mungkin berpikir kalau co branding dengan perusahaan kompetitor adalah hal yang mustahil. Namun, fakta di lapangan memperlihatkan hal berbeda. Co branding adalah bentuk kerjasama yang tidak mengenal kompetitor ataupun bukan. Buktinya, bisa kamu lihat pada co branding McDonald’s dan Burger King. 

Kolaborasi tersebut berlangsung pada tahun 2019, ketika keduanya menyelenggarakan kampanye Day Without a Whopper. Kampanye ini mereka selenggarakan untuk kegiatan amal, yaitu donasi untuk anak-anak pengidap kanker. 

Dalam kerjasama ini, McDonald’s akan mendonasikan US$ untuk setiap penjualan Big Mac. Di sisi lain, Burger King untuk sementara waktu menghapus menu Whopper untuk mendorong konsumen agar membeli Big Mac dan sekaligus berdonasi. 

Sekarang, kamu dapat memahami berbagai keuntungan dari strategi co branding, kan? Kamu pun bisa menerapkan strategi ini dengan berbagai cara yang unik atau menggunakan referensi seperti yang telah disebutkan. 

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari co branding, kamu perlu memperhatikan aspek pelayanan konsumen, terutama dari segi pembayaran. Usahakan untuk memberi kemudahan para pelanggan dalam melakukannya. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!