Sontekan Cara Menulis Copywriting Jualan yang Nendang!

copywriting jualan

Ayo tarik lebih banyak pelanggan potensial dengan ilmu copywriting. Cari tahu fungsi dan cara menulis copywriting jualan buat bisnis kamu di sini.

Akhir-akhir ini promosi jualanmu sepi alias nggak ada yang merespons? Mungkin ini saatnya kamu belajar copywriting, teknik promosi lewat tulisan atau teks iklan yang menarik dan efektif. 

Menulis copywriting jualan itu gampang-gampang susah. Kamu perlu memahami terlebih dahulu siapa target audiensnya, apa kebutuhan mereka, dan bagaimana menemukan cara menyampaikan pesan kamu dengan efektif. Simak seluk-beluk copywriting dan sontekan cara menulisnya di bawah ini, biar jualan kamu makin laris manis.

Read More: 10+ Contoh Copywriting Jualan Baju, Biar Bisnismu Makin Maju

Copywriting dan Fungsinya

Mengapa bisnis kamu membutuhkan copywriting jualan? Ini dia beberapa fungsi utama copywriting dalam sebuah bisnis:

1. Membangun brand image

Yang pertama, tentunya membangun brand image. Ini mengacu pada bagaimana kamu ingin bisnismu dilihat oleh audiens. Cara kerjanya adalah melalui pilihan bahasa dan tone (nada baca). 

2. Sebagai media komunikasi

Kebanyakan copywriter akan kehabisan ide setelah beberapa waktu. Biasanya, ini disebabkan karena mereka terpaku pada ide copy standar seperti deskripsi produk dan informasi tentang perusahaan. Padahal, hal ini nggak efektif. Mayoritas audiens lebih menyukai konten yang dipersonalisasi.

3. Membujuk audiens melakukan tindakan

Fungsi lain copywriting jualan adalah persuasi, yakni membujuk audiens atau calon pembeli untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mengklik tautan. Copywriting yang efektif adalah yang bisa meningkatkan konversi, meningkatkan penjualan, serta meningkatkan engagement dengan audiens.

Inilah mengapa seorang copywriter perlu memahami teknik persuasi dan psikologi manusia demi menyusun teks yang akan membuat audiens terpikat dan tertarik untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

Tips Menulis Copywriting

Para copywriter harus selalu berusaha meningkatkan skill menulis teks yang persuasif dan menarik. Berikut adalah beberapa tips untuk menulis copywriting jualan yang efektif:

1. Pahami buyer persona

Buyer persona merupakan strategi mengidentifikasi karakter calon konsumen atau target audiens. Sebelum menulis, pastikan kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu untuk mengenal dan memahami target audiens.

2. Gunakan bahasa jelas dan sederhana

Nggak perlu berbelit-belit, menulis copywriting lebih baik menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas. Jangan menggunakan kata-kata yang sulit dipahami atau teknis, karena bisa membuat audiens jadi nggak tertarik.

Kamu bisa menggunakan gaya penulisan formal maupun informal, tergantung siapa target pasarnya. Contohnya, pakai gaya kasual cenderung santai bila target pasarmu adalah kawula muda. Sebaliknya, gunakan bahasa formal-semi formal jika target market kamu adalah kalangan eksekutif.

3. Pakai metode storytelling

Melalui tulisan, kamu bisa menyentuh emosi audiens, lo. Salah satu contoh metode storytelling adalah menceritakan kisah menyentuh yang bisa membuat audiens merasa terhubung dengan pesan kamu.

4. Pakai call to action

Meski kebanyakan teks iklan copywriting jualan itu singkat, tetapi kamu harus memberikan instruksi yang jelas tentang tindakan apa yang harus diambil oleh audiens setelah membacanya.

5. Selalu double check sebelum mengepos

Nggak usah terburu-buru, sempurnakan dulu teks copywriting kamu sebelum mengeposnya, apapun media yang kamu gunakan. Cek lagi tata bahasa, ejaan, tata letak teks, juga call-to-action yang ingin kamu sampaikan.

6. Lakukan tes A/B

A/B testing atau tes A/B adalah metode pengujian terhadap dua versi dari sesuatu hal untuk mengetahui yang mana yang lebih efektif atau bekerja dengan lebih baik. A/B testing bisa dipakai membandingkan apa saja? Banyak. Salah satunya copywriting

Contohnya, kamu sedang membuat copywriting untuk landing page situs web. Kamu lalu ingin membandingkan dua button dengan fungsi sama tetapi berbeda warna. Jadi, kamu bisa membuat satu button “Beli Sekarang!” berwarna kuning dan satunya berwarna biru. Dengan tes A/B, kamu bisa tahu button “Beli Sekarang!” yang mana yang mendatangkan lebih banyak penjualan.

7. Lakukan analisis dan evaluasi

Analisis data dan evaluasi terhadap hasil dari copywriting jualan kamu bisa memudahkan kamu dalam meningkatkan keterampilan menulis copywriting yang efektif.

Sontekan Copywriting Jualan untuk Bisnis Kamu

Sudah makin paham dengan teknik copywriting, bukan? Sekarang, kamu bisa berlatih menuliskannya. Bingung mulai dari mana? Simak beberapa contohnya berikut ini.

Contoh Copywriting Produk Fashion

  • “Bahannya adem dan bikin kamu nyaman beraktivitas apa saja. Koleksi Cantika skirt ada banyak pilihan warna, loh! Nggak cuma itu, ukurannya super lengkap, dari XXS sampai XXL! Cuma hari ini Rp100.000 bisa dapat dua Cantika skirt! Pesan sekarang di sini (masukkan link atau button call-to-action)!”
  • “Ini nih yang lama ditunggu-tunggu, set gamis Aisha series yang lagi hits! Bahannya nggak nerawang, tebal, tetapi tetap nyaman dan nggak bikin gerah sama sekali. Rp239 ribu sudah satu set dengan khimar syari yang cantik! Chat Kakak Admin di (nomor WhatsApp bisnis kamu) untuk stok dan pemesanan, ya!”

Contoh Copywriting Jualan Food and Beverage

  • Katanya, ini bebek peking panggang terenak se-Jogja! Dimasak dengan resep bumbu rempah warisan Ibu dan disajikan dengan sambal dabu-dabu. Sekali coba bakal susah berhenti! Di Resto Bebek Emas Warisan Ibu lagi ada promo diskon 50% loh! Ayo ajak semua nyobain bebek peking panggang halal di sini!
  • Ngebet pengen nyobain es coklat viral tapi khawatir pemanis buatan? Mari ke Nyoklat Sultan! Manisnya nggak kebangetan, karena pakai gula asli, bukan pemanis buatan! Pesan di (nomor WA bisnis kamu) yuk!

Contoh Copywriting Promosi dan Diskon

  • Hai, Shoppers! Ada potongan harga 48% untuk setiap pembelian dress Sahara hari ini! Nggak ada minimal pembelian! Beli di sini (masukkan cta link atau button)!
  • Sudah siap merasakan sensasi belanja yang berbeda? Kami memiliki diskon besar-besaran yang tidak boleh Anda lewatkan! Dapatkan potongan harga 20% untuk semua produk di toko kami hanya dengan menggunakan kode promo “DISC20” saat checkout. Ingin menghemat lebih banyak? Beli lebih dari 2 produk dan dapatkan potongan harga tambahan 10%. Jangan tunggu lebih lama lagi, cek toko online kami sekarang dan nikmati diskon menggiurkan ini!”

Contoh Copywriting Produk Properti

  • Al-Bani Residence adalah opsi hunian terbaik untuk Anda yang mendambakan rumah dengan lingkungan islami. Anda pun bisa bertransaksi dengan tenang karena akad jual belinya insyaallah dilakukan sesuai syari’at Islam. Info akad dan detail lainnya, hubungi CS Al-Bani Residence di layanan 3465-6749-0007.
  • Mulai dari Rp279.999.999! Perumahan Safira Aseri tipe 36 bisa jadi milik Anda! Dapatkan bonus gratis biaya BBN, BPHTB, dan AJB. Info persediaan stok dan detail bisa melalui nomor WA 0899 1234 4321.

Demikian beberapa contoh copywriting jualan yang bisa banget kamu tiru dan modifikasi sesuai kebutuhan. Jangan lupa, sesuaikan tata bahasa yang akan kamu pakai dengan target pasar bisnis kamu. Nah, sekarang kamu bisa bersiap menikmati omzet meroket dengan copywriting.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini.

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!