Pelajari Customer Loyalty Agar Pelanggan Setia

customer loyalty

Customer loyalty atau loyalitas pelanggan adalah indikator penting dalam bisnis. Hal ini menggambarkan bagaimana pelanggan menikmati layanan atau produk yang kamu tawarkan. Loyalitas pelanggan yang bagus akan berdampak positif pada kelangsungan bisnis jangka panjang.

Bisnis yang mempunyai banyak pelanggan loyal akan tetap berdiri teguh di tengah gempuran persaingan. Sebanyak apa pun merek baru dan produk serupa di pasaran, pelanggan loyal tidak akan berpaling dan akan tetap menggunakan produkmu.  

Kendati demikian, tidak mudah membuat seorang pelanggan menjadi pelanggan loyal. Diperlukan strategi tepat dan pemahaman mengenai loyalitas pelanggan. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari hal dasar mengenai loyalitas pelanggan berikut ini.

Read More: Jualan Lebih Banyak dengan Trik Psikologi Marketing

Sekilas Tentang Customer Loyalty 

Loyalitas berarti keinginan pelanggan untuk tetap setia memilih produkmu dibanding kompetitor. Loyalitas dapat tercipta dari pengalaman positif pelanggan dengan produk atau pelayananmu. Rasa nyaman dan kepuasan akan menciptakan kepercayaan yang berujung pada loyalitas. 

Jenis Pelanggan Setia

Pelanggan setia terhadap suatu produk tentu memiliki alasan. Namun, relatif mudah mengelompokkan pelanggan setia dalam kategori loyalitas. Adapun jenis pelanggan setia, sebagai berikut.

Happy Customer

Pelanggan jenis ini menyukai produk atau layananmu sehingga hampir tidak pernah mengeluh. Meskipun sering membeli produkmu, pelanggan jenis ini cenderung mudah terpengaruh diskon atau hal menarik lainnya yang diberikan oleh kompetitor. 

Price Loyal

Pelanggan jenis ini tetap setia pada produkmu karena harganya murah. Apabila bisa mendapatkan produk serupa dengan harga lebih murah, mereka akan memilih kompetitor lain. 

Loyalty Program Loyal

Pelanggan jenis ini hanya setiap pada program loyalitas, bukan pada produk atau perusahaanmu. Kesetiaan mereka terhadap program loyalitas karena menilai program tersebut memberi lebih banyak keuntungan dan penawaran terbaik. 

Convenience Loyal

Pelanggan jenis ini setia pada produkmu karena dinilai lebih mudah ditemukan, proses pembelian cepat, dan pelayanan setelah pembelian yang baik. Lantaran merasa nyaman dan dimudahkan, pelanggan jenis ini tidak memikirkan masalah harga. Selama kamu tetap menjaga kualitas dan layanan, mereka akan tetap setia.  

Loyal To Freebies

Pelanggan jenis ini bukan tertarik pada merekmu, tetapi apa yang kamu tawarkan. Jenis pelanggan ini sangat menyukai produk gratis. Contoh: pembelian produk A bisa mendapatkan gratis produk B. Meskipun tidak begitu berkontribusi besar terhadap bisnis, pelanggan jenis ini termasuk setia selama bisa mendapatkan produk gratis.

Truly Loyal

Sesuai namanya, pelanggan ini adalah pelanggan yang benar-benar setia dan mendukung bisnismu. Mereka senang berbelanja produk atau menggunakan layananmu. Pengalaman tersebut sering mereka bicarakan kepada orang lain. Pelanggan jenis ini ingin orang lain mencoba produk yang dinilai telah berhasil memuaskan mereka. 

Manfaat Customer Loyalty 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari customer loyalty. Adapun manfaat tersebut, di antaranya:

Bisnis Makin Dikenal

Pelanggan yang loyal cenderung merasa bangga akan produk atau layanan yang digunakannya. Mereka tidak segan untuk membeli produk lain yang kamu tawarkan. Bahkan, pelanggan akan merekomendasikan produk yang dibelinya pada orang terdekat. Tentunya hal tersebut akan membuat merekmudikenal lebih luas dan peluang mendapatkan pelanggan baru terbuka lebar. 

Pembelian Teratur

Pelanggan loyal lebih sering melakukan pembelian teratur karena menyukai produk yang kamu jual. Tak jarang, pelanggan tersebut akan mencoba varian produk atau layanan lain dari merek yang sama. Kualitas produk yang terjaga dan pelayanan baik menjadi salah satu faktor pendorong kesetiaan pelanggan. 

Penjualan Meningkat 

Makin tinggi loyalitas pelanggan, mereka akan sulit berpaling ke merek lain. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menawarkan lebih banyak varian atau produk sama dengan inovasi dan manfaat baru. Apabila produk tersebut sesuai dengan keinginan pelanggan, mereka akan menghabiskan lebih banyak uang untuk mendapatkannya. 

Contoh Customer Loyalty 

Program loyalitas bertujuan untuk membuat pelanggan menjadi pelanggan setia yang terus menggunakan produk atau layananmu secara berkelanjutan. Apabila tertarik meningkatkan loyalitas pelanggan, berikut contoh yang bisa dijadikan pertimbangan.

Program Membership 

Program ini dirancang untuk memberikan perhatian lebih pada pelanggan loyal. Tingkatan membership dinilai berdasarkan keaktifan pelanggan. Makin sering pelanggan berbelanja, makin tinggi tingkatannya. Makin tinggi tingkatan, makin banyak keuntungan yang didapatkan.

Contoh: setiap pembelian kelipatan Rp25 ribu, pelanggan akan mendapatkan 1 poin. Poin ini dapat ditukar dengan hadiah khusus member. Selain membuat pelanggan merasa istimewa, mereka akan terpacu untuk mencetak lebih banyak poin dan mendapatkan hadiah eksklusif. 

Menggelar Event 

Menggelar event offline maupun online efektif meningkatkan loyalitas pelanggan. Contoh: kamu adalah produsen minuman kesehatan. Untuk menjaring lebih banyak pelanggan sekaligus meningkatkan kesetiaan pelanggan, kamu bisa bekerja sama dengan event olahraga. Produkmu akan menjadi minuman bagi para atlet yang mengikuti kompetisi.

Orang yang belum mengetahui produkmu akan mencari informasi. Peluang mereka membeli produk yang sama dengan atlet favorit tentu akan meningkatkan penjualan. Bagi pelanggan setia, hal tersebut akan membuat mereka merasa puas telah menjadikan  produkmu sebagai pilihan gaya hidup sehat terbaik.

Value Brand Program 

Program ini dirancang untuk memberikan pelanggan keuntungan yang membuat mereka terus menjadi pelanggan setia produmu. Contoh: pemberian potongan harga, hadiah langsung, promo belanja khusus tanggal lahir, cashback, buy 1 get 1, atau kupon diskon. 

Tips Meningkatkan Customer Loyalty 

Mengingat customer loyalty sangat penting dan berdampak positif bagi kelangsungan bisnis, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba: 

Mengetahui Alasan Pelanggan Menyukai Produkmu

Kesetiaan pelanggan biasanya muncul setelah mereka merasa produk atau layananmu dapat membantu mengatasi masalah yang ada. Sebagai pebisnis, kamu harus jeli melihat peluang. Sangat disarankan untuk membuat target pasar, mencermati persaingan, mengetahui kebutuhan dan perilaku konsumen, dan menetapkan strategi penjualan.

Cara terbaik untuk mendapatkan seluruh jawaban tersebut adalah dengan melakukan survei atau menganalisis kebiasaan pelanggan melalui media sosial. 

Mengadakan Loyalty Program 

Untuk menjaga kesetiaan pelanggan, tak ada salahnya mengadakan loyalty program. Sesuai namanya, program ini dirancang untuk menambah kesetiaan pelanggan loyal sekaligus membangun basis pelanggan setia yang baru. 

Lantaran berfokus pada kepuasan pelanggan, kamu harus mau mendengarkan setiap masukan yang ada. Baik komentar pujian maupun kritik dan masukan. Meskipun sepele, hal ini sangat disukai pelanggan karena kamu dinilai mampu menghargai keberadaan mereka. 

Supaya produk dan layanan yang kamu tawarkan makin baik setiap harinya, gunakan masukan yang berasal dari pelanggan sebagai fokus perbaikan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, transkrip chat dengan pelanggan, email, analitik website, dan kotak saran. Berbekal hal tersebut, kamu akan lebih mudah mengetahui kebutuhan dan masalah yang sering dihadapi pelanggan serta solusi tepat untuk mengatasinya.

Konsisten 

Fokus membangun loyalitas pelanggan memang penting. Namun, jangan sampai kamu mengabaikan kualitas dan layanan. Alangkah bijak apabila kamu tetap mempertahankan konsistensi sembari berinovasi untuk menciptakan lebih banyak produk yang dibutuhkan dan dicari oleh pelanggan. 

Terus Berinovasi 

Pelanggan yang setia juga rentan terhadap rasa bosan. Rasa bosan ditambah upaya kompetitor yang gencar menawarkan produk dengan klaim lebih unggul dibandingkan produk kamu bisa membuat pelanggan goyah. Agar pelanggan tetap setia, jangan ragu melakukan inovasi produk atau layanan kamu. 

Inovasi tidak hanya menjaga kesetiaan pelanggan, melainkan juga membuat bisnismu makin kompetitif karena dianggap mampu menciptakan produk bernilai serta sesuai dengan keinginan pelanggan. Inovasi produk juga efektif membuat produkmu makin dikenal dan bisa bersaing dengan produk serupa lainnya baik skala nasional maupun internasional.

Demikianlah informasi mengenai customer loyalty yang dapat kamu pelajari. Berbekal pemahaman tersebut, kamu bisa meningkatkan jumlah pelanggan setia. Supaya bisnismu makin lancar, ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!