Jualan Lebih Banyak dengan Trik Psikologi Marketing

psikologi marketing

Tak banyak yang menyadari bahwa psikologi marketing memengaruhi sebuah bisnis. Bahkan, penerapannya mampu membuat pemasaran bisnis lebih optimal. Alhasil, bisnis mampu berkembang lebih cepat dan unggul dari kompetitor. Tentunya sebelum menerapkan strategi ini, kamu harus mempelajari lebih dulu mengenai psikologi pemasaran dasar secara mendalam.  

Read More: Memahami Funding Adalah Kewajiban Untuk Bisnis, Pelajari di sini!

Pengertian Psikologi Marketing 

Psikologi pemasaran merupakan integrasi ilmu psikologi perilaku manusia ke dalam aktivitas pemasaran dengan tujuan penjualan maksimal. Psikologi pemasaran adalah ilmu untuk mempelajari psikologi manusia ketika membeli suatu produk. Singkatnya, ilmu ini adalah strategi pendekatan yang memengaruhi psikis pelanggan sehingga mendorong mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

Psikologi pemasaran tak lepas dari konsep dan prinsip yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. Adapun konsep dan prinsip tersebut, meliputi:

  • Priming: keadaan yang terjadi ketika suatu kejadian dapat menambah informasi yang sebelumnya telah diingat oleh pelanggan. Konsep ini cocok diterapkan pada bisnis yang memiliki situs website. Priming bisa membantu pengunjung website mengingat informasi penting mengenai bisnismu. 
  • Timbal Balik: dalam bisnis, prinsip timbal balik menjadi satu hal yang penting untuk diterapkan. Prinsip yang dikenal dengan sebutan Golden Rule ini mendorong pengusaha untuk memperlakukan pelanggan sebaik mungkin, sesuai dengan perlakuan yang diinginkan pengusaha dari pelanggan. Ketika kamu memberikan yang terbaik untuk pelanggan, pelanggan pun akan memberikan hal yang sama.
  • Social Proof: bukti sosial merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Melalui bukti ini, pelanggan akan mendapatkan apa yang mereka percaya dan sukai. 
  • Decoy Effect: konsep ini dilakukan dengan cara menyediakan sejumlah pilihan produk dengan tingkat kemiripan tinggi. Meskipun demikian, harga jual setiap produk tersebut berbeda. Selain memudahkan pelanggan mempertimbangkan produk paling tepat, hal ini juga dapat meminimalisasi kesalahan pembelian produk.
  • Prinsip Kelangkaan: makin jarang produk yang dinilai berharga atau unik, makin mudah orang-orang tertarik untuk memilikinya. Konsep kelangkaan pada produk yang populer, mendorong pelanggan lebih berpikir cepat untuk membeli produk tersebut.  

Manfaat Penerapan Psikologi Marketing 

Lantaran strategi ini menyasar mental dan pikiran pelanggan dalam melihat suatu produk, penguasaan psikologi pemasaran dapat memberikan banyak manfaat. Adapun manfaat tersebut, antara lain:

Win-Win Solution Bagi Pengusaha dan Pelanggan 

Penerapan psikologi pemasaran bukan hanya menguntungkan pengusaha, melainkan juga berdampak positif bagi pelanggan. Bagi pengusaha, penerapan yang tepat akan membuat produk atau jasa terjual dengan cepat. Bagi pelanggan, mereka akan merasa bahagia dan terbantu mendapatkan produk yang sesuai harapan.

Mendapatkan Pelanggan Tetap

Bukan hal mudah bagi pengusaha untuk memiliki pelanggan setia. Pasalnya, tingkat persaingan tinggi mudah membuat pelanggan berpaling dan mencoba produk atau jasa baru yang dinilai menarik. Penerapan strategi psikologi pemasaran akan membantu kamu mendapatkan pelanggan tetap yang setia pada produkmu.

Hal tersebut tak lepas dari pengaruh psikis pelanggan yang merasa cocok atau terbantu ketika mencoba produk atau jasa yang kamu tawarkan. Setelah mencoba dan mendapatkan pengalaman memuaskan, pelanggan akan membuat keputusan untuk terus membeli produk atau jasamu.

Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Manfaat lain dari penerapan psikologi pemasaran adalah meningkatkan keuntungan bisnis. Lantaran mampu memengaruhi pemikiran pelanggan, mereka tidak segan membelanjakan uangnya untuk membeli produk atau jasa yang dinilai cocok. Hal inilah yang membuat omzet penjualan meningkat. Alhasil, keuntungan bisnis makin besar.

Membantu Mengembangkan Produk

Lantaran bisa melihat pola pikir para pelanggan mengenai suatu produk, pengusaha lebih mudah menilai reaksi pelanggan. Apakah positif atau justru sebaliknya. Hal ini secara tidak langsung mendorong perusahaan melakukan pengembangan dan inovasi produk. Ketika produk mendapat kritik, lakukan perbaikan supaya produk menjadi lebih baik. 

Apabila produk mendapatkan pujian, pertahankan hal tersebut dan tetap melakukan inovasi untuk menarik lebih banyak calon pelanggan baru. Produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan akan lebih cepat terjual dan menjadi favorit banyak orang.

Trik Psikologi Marketing 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan psikologi marketing sangat penting dan memberikan banyak manfaat untuk kelangsungan bisnis. Untuk menerapkan strategi tersebut dibutuhkan trik supaya target yang ditetapkan tercapai dan sukses mencetak lebih banyak angka penjualan. 

Adapun sejumlah trik psikologi pemasaran yang umum dilakukan oleh pengusaha, antara lain sebagai berikut.

Memberikan Label Pada Pelanggan

Memberikan label pada produk yang kamu tawarkan efektif membuat pelanggan merasa istimewa. Tentunya hal ini bisa terjadi apabila kamu mengeluarkan produk eksklusif yang hanya bisa dibeli oleh pelanggan beruntung. Misalnya: kamu membuat pajangan dinding dengan ukiran dan ornamen khas Natal sebanyak 100 buah. Ketika berhasil mendapatkan produk tersebut, pelanggan akan merasa senang dan istimewa. 

Meminimalisasi Pelanggan Dari Action Paralysis

Teknik ini secara tidak langsung mendorong pelanggan mengubah pola pikirnya dalam waktu singkat. Contoh: mulanya, pelanggan tersebut tidak berniat membeli produkmu. Namun, penerapan teknik psikologi pemasaran yang tepat justru membuat pelanggan tersebut tergoda. Ketika pelanggan merasa produk tersebut cocok, ia akan membeli tanpa berpikir panjang.

Memahami Tipe Pelanggan

Memahami tipe pelanggan penting untuk memudahkan kamu menerapkan strategi paling tepat. Selain itu, hal ini juga membantu kamu untuk mengeluarkan produk yang memang dibutuhkan oleh semua kalangan. Tipe pelanggan sendiri terbagi menjadi tiga, yakni tightwads, spendthrifts, serta average spenders

Tightwads merupakan tipe pembeli yang lebih memilih menghemat pengeluaran daripada membeli banyak produk. Spendthrifts merupakan tipe pembeli yang tidak menyesal setelah berbelanja produk, sekalipun tidak dibutuhkan. Average spenders merupakan tipe pembeli suka menghemat biaya belanja, tetapi juga senang menghabiskan uang untuk berbelanja produk yang dibutuhkan.

Psikologi Warna

Penerapan trik psikologi warna tercatat sebagai satu strategi efektif untuk menarik minat pelanggan membeli suatu produk. Penggunaan warna berdampak besar pada pemikiran pelanggan ketika melihat iklan suatu produk. Apabila warna yang diusung cenderung gelap, pelanggan akan kurang terpengaruh. Lain halnya apabila kamu menggunakan warna cerah, pelanggan cenderung lebih cepat tertarik.

Foot In The Door

Teknik foot in the door menjelaskan bagaimana seorang penjual memengaruhi keputusan calon pelanggan membeli produk. Trik ini umumnya digunakan pada jasa seperti, streaming musik atau aplikasi film. Jika calon pelanggan ingin mencoba, ia bisa menerapkan kupon promo “coba 3 hari” atau “gratis layanan premium 7 hari”. Setelah percobaan habis, calon pelanggan akan diberikan pilihan membeli paket tersebut.

Kejutan

Pemberian kejutan bagi sejumlah pelanggan beruntung bisa memberikan pengalaman istimewa. Contoh: hari jadi bisnis tahun kedua, kamu menyiapkan 25 bingkisan khusus untuk pelanggan setia yang sering melakukan pembelian selama setahun terakhir. Meskipun tampak sederhana, hal ini efektif menciptakan loyalitas pelanggan.

Demikianlah informasi singkat mengenai psikologi marketing. Penerapan strategi psikologi pemasaran yang tepat akan membantu kamu mengembangkan bisnis dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!