Harumkan Pemasukanmu! Mulai Usaha Parfum Dengan Cara Ini

usaha parfum

Siapa saja tentu akan merasa lebih percaya diri jika tubuhnya berbau wangi. Salah satu cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan parfum. Itulah mengapa usaha parfum menjadi salah satu industri yang tidak pernah sepi peminat.

Bahkan, meski persaingan saat ini sudah kian ketat, bisnis parfum tetaplah merupakan peluang usaha yang menggiurkan untuk dijalankan. Maka dari itu, ketahuilah kelebihan, risiko, dan tips dalam menjalankan usaha tersebut.

Apa Kelebihan Usaha Parfum?

Tujuan utama dalam menjalankan sebuah bisnis tentu adalah untuk meraih keuntungan. Dengan mengetahui kelebihan dari usaha parfum, kamu akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk memulai usahamu sendiri.

Keuntungan yang Besar

usaha-parfum

Jika bisnis parfummu berjalan lancar dan mendapatkan pelanggan secara konsisten, keuntungan yang didapatkan dari usaha ini bisa sebesar 50% hingga lebih dari 100% dari modal usaha yang digunakan.

Pilihan yang Beragam

Peracikan parfum membutuhkan bibit atau biang parfum, yang mana kebutuhan tersebut memiliki beragam pilihan dengan kualitas dan harga yang berbeda. Pilihan bibit parfum yang tersedia juga bisa kamu sesuaikan dengan modal usahamu.

Proses Belajar yang Cepat

Dibutuhkan kemampuan khusus untuk menjalankan sebuah usaha, dan kamu hanya membutuhkan waktu paling lama sekitar satu bulan untuk menguasai kemampuan meracik parfum sebagai kemampuan dasar menjalankan usaha parfum.

Bibit Parfum yang Awet

Kamu tidak perlu khawatir jika beberapa parfum yang dijual tidak habis dibeli secara cepat. Hal ini dikarenakan bibit parfum dapat bertahan hingga dua tahun selama kamu menyimpannya dengan tepat.

Risiko yang Mungkin Terjadi

Setiap bisnis tentu memiliki risikonya sendiri. Usaha parfum pun demikian. Nah, berikut ini beberapa risiko bisnis parfum yang patut kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa memiliki persiapan yang lebih baik dalam menjalankan usahamu.

Perubahan Aroma dan Warna Bibit Parfum

Meskipun bibit parfum mampu bertahan sangat lama, warna dan baunya bisa saja berubah jika cara menyimpannya salah. Karena itu, kamu harus memperhatikan peletakan bibit parfum. Sebaiknya jauhkan dari lokasi penyimpanan yang memiliki suhu terlalu panas.

Pelarut Parfum yang Sulit Didapatkan

Zat yang digunakan untuk melarutkan parfum adalah etanol, yang mana zat tersebut dapat dibeli di toko kimia. Meskipun begitu, mendapatkan etanol tidak selalu mudah, maka kamu perlu memastikan bahwa suplai etanol dari toko penyedia zat tersebut selalu lancar.

Tips Memulai Usaha Dengan Benar

Setelah mengetahui kelebihan dan risiko menjalankan usaha parfum, kamu akan merasa lebih bersemangat dan yakin untuk memulai usaha tersebut. Selanjutnya, kamu perlu mengikuti tips berikut ini agar bisnismu dapat sukses dan berkembang.

Mempersiapkan Modal

Sebuah bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya modal. Untungnya, jika tidak menghitung biaya penggunaan tempat, modal yang dibutuhkan untuk bisnis parfum cenderung cukup terjangkau.

Adapun biaya yang termasuk dalam modal awal usaha parfum adalah biaya operasional dan biaya tidak terduga. Contoh modal yang diperlukan saat memulai bisnis ini, yaitu bahan-bahan peracikan parfum, listrik, dan biaya pemasaran.

Akan tetapi, jumlah modal bisnis parfum tidak dapat ditentukan secara pasti. Hal ini dikarenakan setiap bisnis parfum membutuhkan modal yang berbeda, tergantung dengan parfum yang disediakan serta peralatan yang digunakan.

Menyediakan Tempat Usaha

Pengeluaran untuk tempat usaha sengaja dipisah dari modal awal karena jumlahnya yang relatif besar. Karena jumlahnya dirasa sangat besar, menyewa tempat tentunya akan lebih baik daripada membelinya. Selain itu, menyewa juga memungkinkanmu untuk berpindah tempat.

Biaya yang diperlukan untuk menyewa tempat usaha bervariasi, dan faktor utamanya adalah lokasi dan ukuran bangunan. Biaya yang perlu dikeluarkan akan makin membengkak jika tempat usaha yang dipilih tergolong besar dan strategis, begitu pula sebaliknya.

Bila modal penyewaan tempat belum banyak, usaha parfum dapat dimulai di tempat yang tidak berada di keramaian agar biaya sewa lebih terjangkau. Selanjutnya, tempat juga tidak harus yang berukuran besar selama cukup untuk memulai usaha.

Apabila sudah memiliki modal lebih, menyewa tempat berlokasi strategis merupakan pilihan yang tepat karena dapat mendatangkan banyak pembeli baru. Pada akhirnya, banyaknya pemasukan akan mengungguli biaya tempat yang mahal.

Mencari Pemasok Bibit Parfum Terbaik

Sebagai bahan utama peracikan parfum, biang atau bibit parfum memiliki peran sangat penting untuk kesuksesan suatu bisnis parfum. Kepuasan pembeli berada pada kualitas parfum yang dibeli, yang mana kualitas tersebut bergantung pada kualitas bahannya.

usaha-parfum

Oleh karena itu, carilah pemasok bibit parfum dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kemampuanmu. Pemasok berkualitas tentu akan mematok harga yang tinggi, tetapi pemasok dengan harga murah perlu dicurigai kualitasnya.

Ikuti Tren dan Lengkapi Koleksi

Salah satu cara termudah untuk mendatangkan pelanggan ke usaha parfum milikmu adalah dengan menyediakan parfum dengan aroma yang sedang disukai banyak orang. Kamu harus memanfaatkan tren yang ada sebaik mungkin.

Terkadang, sebuah tren aroma parfum bahkan mampu menarik orang-orang awam untuk masuk ke dalam dunia parfum. Hal ini tidak jauh berbeda dengan tren-tren yang sudah ada seperti mainan lato-lato, es kepal, capcin, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, seperti halnya tren-tren yang pernah ada, tren tidak akan bertahan selamanya. Oleh karena itu, kamu juga harus melengkapi koleksi parfum yang ditawarkan kepada pelanggan agar bisnismu tetap berjalan setelah tren tersebut hilang.

Koleksi parfum dapat dilengkapi dengan parfum-parfum yang memiliki aroma unik. Kamu juga harus menyediakan parfum dengan aroma yang cocok untuk pria dan wanita, serta yang cocok digunakan untuk berbagai macam acara.

Parfum yang mengikuti tren dan koleksi lengkap memang penting untuk dikombinasikan. Pelanggan baru akan datang karena suatu tren, dan di saat yang sama, kamu bisa sekaligus memamerkan koleksi lengkapmu agar mereka tertarik membeli.

Optimalkan Pemasaranmu

Apa jadinya sebuah bisnis jika tidak melakukan pemasaran. Bisnis tersebut pasti akan gulung tikar dalam waktu singkat. Bagaimana tidak, orang-orang tidak akan mengetahui keberadaan bisnis tersebut tanpa adanya pemasaran.

Sejak awal memulai usaha parfum milikmu, kamu harus langsung melakukan pemasaran secara optimal. Di masa sekarang, pemasaran dapat dengan mudah dilakukan secara daring, tetapi pemasaran offline tetap tidak boleh dilupakan.

Cara-cara sederhana seperti mengadakan promosi melalui brosur, baliho, banner, atau dari mulut ke mulut masih dapat diandalkan hingga sekarang. Namun tetap saja, strategi pemasaran ini hanya mencakup wilayah sekitar saja.

Sementara itu, promosi secara daring melalui media sosial dapat menjangkau pelanggan lebih jauh lagi. Manfaatkan juga aplikasi jual beli daring dan ekspedisi yang ada untuk melayani pembeli yang berada di luar daerah.

Usaha parfum memang memiliki potensi yang sangat menarik. Akan tetapi, hal itu juga akan membuat persaingan bisnis makin sulit. Maka dari itu, manfaatkan ilmu yang kamu dapatkan dari artikel ini agar bisnismu lebih unggul dari para pesaing.

Read More: Strategi Sukses Memulai Usaha Perjalanan Wisata

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!