Menguntungkan, Ini 10 Ide Bisnis Jasa Terkini

ide bisnis jasa

Ingin mencoba peruntungan di bisnis jasa? Simak beberapa ide bisnis jasa yang bisa kamu coba berikut ini!

Bicara soal membuka bisnis sendiri, ada dua jenis produk yang bisa kamu tawarkan kepada konsumen: barang atau jasa. Semua tergantung pada sumber daya dan modal yang kamu punya. Ide bisnis jasa semakin populer di kalangan pengusaha karena lebih mudah dijalankan karena tidak perlu mengemas atau mengirimkan produk.

Jika kamu berniat menjajal peruntungan bisnis dengan menawarkan jasa, simak beberapa ide bisnis jasa yang bisa kamu coba di tahun 2023 berikut ini!

Read More: Kunci Keberhasilan dalam Bisnis Adalah: Pelajari di Sini!

1. Barbershop atau Salon

Barbershop dan salon adalah dua jenis bisnis jasa yang mirip dengan modal yang tidak terlalu besar. Kedua bisnis ini menyediakan produk berupa layanan pangkas rambut, cukur rambut, hairstyling hingga pijat. 

Kalau kamu punya skill memotong atau menata rambut, kamu bisa menyewa tempat dan menyediakan peralatan sendiri. Tapi kalau modalmu terbatas, kamu bisa bekerja sama dengan investor dengan sistem bagi hasil tertentu sesuai kesepakatan bersama.

2. Membuka Coworking Space

Istilah coworking space semakin populer semenjak menjamurnya startup di Indonesia dan dunia. Aktivitas WFH yang semakin tinggi juga membuat kebutuhan akan ruang kerja bersama ini semakin tinggi. Karena itu, peluang bisnisnya pun menjanjikan.

Coworking space sendiri adalah ruang kerja bersama yang disewakan kepada banyak individu atau perusahaan. Konsep coworking space pun semakin beragam dengan fasilitas yang semakin lengkap. Beberapa coworking space menawarkan suasana kerja yang santai seperti di kafe. Kalau kamu punya modal yang mumpuni dan pasar di sekitarmu menjanjikan, usaha coworking space layak kamu jadikan pilihan.

3. Health Coach

Selama beberapa tahun ke belakang –terutama pasca pandemi melanda, kesadaran orang-orang akan gaya hidup sehat semakin tinggi. Ada yang mulai menargetkan untuk turun berat badan atau mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bagi kamu yang punya keahlian di bidang ini, menawarkan jasa sebagai health coach bisa jadi sumber cuan yang menjanjikan.

Tidak dibutuhkan pendidikan formal untuk bisa menjadi health coach. Tapi pastikan kamu sudah punya pencapaian tertentu yang bisa dijadikan pertimbangan bagi calon klienmu. Mereka tidak mungkin berkonsultasi tentang cara menurunkan berat badan padamu kalau kamu tidak pernah mempraktikkannya sendiri, bukan?

4. Personal Trainer

Suka berolahraga atau menghabiskan waktu berjam-jam di tempat fitness? Kamu bisa menawarkan jasa kepada calon konsumenmu sebagai personal fitness trainer. Sebagai PT, tugasmu adalah merancang rencana olahraga yang tepat untuk klienmu berdasarkan kondisi kesehatan serta tujuan mereka, mengajarkan mereka cara olahraga yang benar serta membantu mereka mencapai target.

Siapa saja yang bisa menjadi seorang personal trainer? Kalau kamu punya pengalaman fitness yang mumpuni dan pernah melatih orang lain sebelumnya serta punya pencapaian yang bisa dibuktikan, maka kamu bisa menjadi seorang personal trainer.

5. Makeup Artist

Ide bisnis jasa lainnya yang tidak kalah menjanjikan adalah menjadi makeup artist atau MUA. Pasarnya juga sangat luas, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa membutuhkannya. Terutama ketika mereka akan menghadiri acara-acara khusus seperti pesta pernikahan, wisuda dan berbagai acara lainnya.

Kalau kamu memiliki ketertarikan yang besar dalam dunia merias dan punya skill yang mumpuni, tidak ada salahnya menjadikannya sebagai profesi. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan meningkatkan kemampuan meriasmu. Temukan ciri khas riasanmu dan selalu update dengan tren terkini.

6. Penata Rambut dan Skincare Specialist

Tidak hanya perawatan kesehatan tubuh secara keseluruhan, perawatan rambut dan kulit juga semakin banyak menjadi perhatian saat ini. Kalau kamu punya pengetahuan terkait haircare atau hairstyling, kamu bisa memanfaatkan skill ini sebagai produk bisnismu. Kamu bisa membantu orang-orang yang punya masalah rambut serta memberikan tips tentang bagaimana cara menata rambut sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan mereka.

Profesi lainnya yang bisa kamu coba adalah skincare specialist. Untuk menjadi skincare specialist, kamu perlu memiliki gelar di bidang kesehatan seperti dokter atau perawat. Selanjutnya, kamu perlu mengikuti kursus atau pelatihan khusus untuk bisa menjadi pakar skincare dan kecantikan kulit.

Pastikan kamu memilih lembaga pendidikan yang sudah terakreditasi IDI agar pengetahuan yang kamu dapatkan benar-benar mumpuni dan sesuai dengan standar kedokteran terkini.

7. Content Marketing Specialist

Content specialist atau pemasaran konten merupakan cabang pemasaran yang menarik. Konten yang efektif bisa membantu sebuah bisnis menjangkau audiens yang tepat pada waktu yang tepat kemudian menarik mereka untuk berkunjung ke situs. Dengan semakin banyaknya bisnis yang go online, posisi content marketing specialist menjadi sangat penting.

Content marketing specialist bertanggung jawab untuk membuat, mengedit, mengoptimalkan serta menyusun strategi arah konten perusahaan. Dengan memberikan layanan ini, kamu harus memastikan konten –apapun bentuknya, menarik, relevan dan mudah ditemukan.

Untuk menjadi content marketing specialist, kamu perlu memiliki basic pendidikan di bidang marketing atau komunikasi. Kamu juga bisa ikut pelatihan online atau bootcamp untuk memperoleh ilmu yang mencukupi agar bisa melayani klien-klienmu.

8. Penulis dan Desainer Freelance

Bagi kamu yang memiliki skill di bidang copywriting atau content writing, kamu bisa menjajal peruntungan dengan menjadi penulis lepas. Kamu bisa bergabung dengan agensi atau menawarkan sendiri jasamu di situs freelancer yang ada di internet. Semakin tinggi jam terbangmu, semakin besar peluangmu mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Selain kepenulisan, kemampuan desain atau editing video maupun foto juga banyak dicari saat ini. Sama seperti penulis, kamu juga bisa menemukan klien dengan menawarkan jasa di situs freelancer atau bergabung dengan agensi.

9. Pet Grooming

Pet grooming secara sederhana bisa disebut sebagai salon untuk hewan peliharaan. Jasa yang ditawarkan mulai dari memandikan, memotong bulu, kuku serta menyikat bulu. Groomer bertugas memastikan penampilan hewan peliharaan kliennya terlihat sehat dan menarik.

Untuk membuka salon hewan, kamu bisa mengikuti pelatihan pet groomer. Nanti setelah kamu membuka toko sendiri, kamu bisa sekalian menjual perlengkapan hewan peliharaan seperti wadah makanan, makanan hingga mainan untuk hewan peliharaan.

10. Homeschool Teacher atau Guru Les

Kalau kamu suka mengajar atau punya latar belakang pendidikan yang sesuai, kamu bisa melamar menjadi guru homeschooling atau guru les. Memberikan jasa seperti ini tidak mengharuskanmu bekerja secara offline, tapi bisa juga dengan cara online. Semua tergantung preferensimu atau murid yang akan kamu ajar.

Itulah beberapa ide bisnis jasa yang bisa kamu coba di tahun 2023 ini. Sambil memulai persiapannya, ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!