Mahasiswa, Yuk Belajar Bisnis dengan Ide-Ide Unik Ini!

ide bisnis unik mahasiswa

Cari usaha sampingan saat masih kuliah? Jangan pilih yang itu-itu saja. Tujuh ide bisnis unik mahasiswa ini bisa jadi inspirasi kamu.

Jadi mahasiswa bukan berarti kamu nggak bisa mulai mencicipi dunia bisnis! Berbagai ide bisnis unik mahasiswa bisa jadi peluang buat mencari uang tambahan. Kamu juga jadi punya pengalaman kerja dan nggak kaget lagi ketika berbisnis sungguhan saat sudah lulus.

Zaman sekarang, ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa di tengah waktu belajar. Kalau kamu ingin menonjol di antara mahasiswa lain yang juga sedang cari duit, coba saja ide-ide bisnis unik berikut.

Read More: Yuk, Cobain! 7 Ide Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

1. Bisnis Barang Bekas/Preloved 

Bisnis barang bekas sebenarnya bukan hal baru, tetapi saat ini, bisnis tersebut mendapat citra baru dengan istilah seperti preloved dan thrift. Peminatnya bukan hanya mahasiswa berkantung cekak, tetapi juga siapa saja yang gemar berburu barang murah.

Baju, sepatu, dan tas biasanya populer. Selain banyak penggemarnya, kamu bisa jadi penjual untuk bisnis thrift yang makin marak. Plus, saat ini semakin banyak anak muda yang sadar masalah fast fashion dan gemar berburu baju bekas untuk mengurangi jejak sampah.

2. Jadi Reseller buat Penerbit Buku 

Ini nih, ide bisnis unik mahasiswa yang cocok buat kutu buku! Kamu bisa jualan sambil memuaskan kegemaranmu berkutat dengan buku.

Meningkatnya tren membaca membuat banyak penerbit membuka kesempatan menjadi reseller. Kamu bisa memesan paket dengan harga dan jumlah tertentu untuk dijual kembali. Tergantung penerbitnya, kamu bisa jualan buku nonfiksi, fiksi, atau buku yang lagi tren.

Cara jualannya gimana? Bebas, sesuai kemampuanmu! Kamu bisa menawarkannya langsung ke teman, buka kios kecil buat yang tinggal di rumah sendiri, dititipkan ke toko dengan prinsip bagi hasil, atau jualan online/lewat media sosial.

Keuntungan bisnis ini banyak banget. Selain produknya digemari mahasiswa dan umum, kamu bisa menambah ilmu dan rekomendasi bacaan. Kamu juga bisa belajar seluk-beluk pemasaran buku buat bekal ilmu kerja nanti.

3. Mobile Pet Grooming 

Buat yang suka sama hewan peliharaan dan jago mengurus mereka, coba raih peluang buka bisnis mobile pet grooming. Kamu bisa menawarkan jasa memandikan kucing dan anjing langsung di rumah pemilknya, jadi nggak perlu punya tempat sendiri.

Coba mulai dengan mengiklankan usahamu dari mulut ke mulut, misalnya ke teman-teman yang punya hewan peliharaan. Kamu juga bisa bikin akun media sosial khusus promosi. Jangan lupa siapkan perlengkapan sebagai berikut:

  • Sampo dan kondisioner khusus anjing/kucing (tergantung hewan yang kamu grooming)
  • Handuk dan kanebo
  • Semprotan kutu
  • Sikat dan sisir
  • Gunting kecil dan gunting kuku
  • Alat cukur (untuk bagian bawah telapak kaki anjing/kucing)
  • Hair dryer dan blower
  • Cotton bud 
  • Sikat gigi dan odol khusus kucing/anjing
  • Snack kucing/anjing (untuk membujuk hewan peliharaan)

Sebagai mahasiswa, kamu bisa menawarkan jasa grooming murah. Misalnya, kamu bisa mengkhususkan diri di perawatan kucing, tetapi tanpa styling. Kamu juga bisa minta disediakan air atau selang dan colokan kabel di rumah si pemilik hewan.

4. Jasa Make-up 

Siapa yang suka iri lihat kanal YouTube atau akun Instagram makeup artist (MUA) yang keren-keren? Kamu bisa merintis jalan menjadi MUA dengan memulainya sebagai bisnis sampingan saat masih kuliah. 

Cara memulainya? Kamu bisa menawarkan jasa riasan untuk acara formal ke orang-orang terdekat, misalnya teman kuliah dan tetangga kos. Rias wisuda, ulang tahun, pesta, pernikahan (sebagai tamu) adalah contoh jasa yang bisa kamu tawarkan.

Produknya juga nggak perlu yang mahal. Saat ini, banyak produk kulit buatan lokal yang mutunya bagus. Kamu bisa menggunakannya untuk menekan modal. Jangan lupa promosikan hasil riasan kamu lewat media sosial biar lebih populer.

Sedikit tips untuk memamerkan hasil riasan kamu di media sosial, coba gunakan beberapa strategi ini:

  • Gunakan video before dan after untuk menunjukkan keahlianmu melakukan transformasi wajah
  • Bikin tutorial makeup berbagai event yang cocok buat pemula
  • Bikin ulasan produk makeup kesukaan kamu
  • Kerja sama dengan produsen makeup lokal untuk endorse dan dapat komisi
  • Minta izin klien untuk merekam proses rias dari awal hingga akhir

Dengan sedikit usaha, kamu bisa bikin usaha MUA sampingan semakin populer. Mungkin saja kamu bisa meneruskan bisnis tersebut sampai besar! Kamu juga bisa menggunakan akun media sosial MUA sebagai bagian dari CV, lho!

5. Jual Hasil Foto 

Punya hobi fotografi? Kamu nggak harus selalu jadi penyedia jasa foto. Sekarang, kamu punya banyak pilihan untuk menjual foto langsung di beragam situs yang memajang dan menjual foto profesional.

Kamu bisa membuat akun di Getty Images, Shutterstock, Dreamstime, iStockPhoto, dan 123RF. Semua situs ini adalah “pihak ketiga” yang menjembatani foto-fotomu dengan peminat. Kamu tinggal unggah foto dan tunggu pembeli yang tertarik.

Menjual foto profesional lewat situs ini bisa membuka jalan buat ketemu dengan berbagai macam pembeli. Nggak hanya pembeli individual, fotomu bahkan bisa dilirik media yang membutuhkan ilustrasi foto profesional.

6. Jualan Makanan dan Minuman Trendi 

Makanan dan minuman yang lagi tren cenderung “menantang” buat dijadikan usaha jangka panjang. Soalnya, kalau tidak pandai memanfaatkan momentum, pembeli bakal berkurang ketika hype-nya sudah selesai.

Akan tetapi, kalau kamu mahasiswa yang membutuhkan penghasilan cepat, kenapa tidak? Kamu bisa memanfaatkan momentum untuk berjualan sampingan. Uangnya bisa kamu gunakan untuk bayar semester atau memenuhi kebutuhan penting.

Soft cookies, dessert box, fruit sandwich, dan susu buah ala Korea bisa jadi pilihan makanan dan minuman trendi yang pembuatannya gampang. Kamu bisa mendapat uang dan belajar berbisnis sambil menangkap tren kuliner baru.

7. Jasa Buat Hampers dan Gift Box 

Oleh-oleh atau hadiah biasa sudah nggak zaman! Sekarang, banyak orang tertarik membeli paket hadiah cantik seperti hampers dan gift box karena kesannya istimewa. Uniknya, nggak seperti parcel lebaran, misalnya, isi hampers dan gift box bisa dikreasikan.

Kamu bisa bikin kreasi sesuai tema, misalnya hampers wisuda atau ulang tahun. Atau, kamu bisa menawarkan kreasi dengan isi tertentu, misalnya sabun organik, sampel parfum, mug keramik, dan baju bayi. 

Untuk menghemat biaya, kamu bisa mulai dengan menerapkan desain minimalis yang cantik. Kamu juga bisa menggunakan tutorial memanfaatkan barang bekas seperti kardus, kain perca, dan toples kaca untuk membuat hampers.

Buka Bisnis Kecil? Jangan Lupa Pakai DOKU

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!