15 Ide Jualan Modal Kecil Tapi Cuan, Pemula Wajib Tahu

Pesatnya era digital menghadirkan banyak peluang usaha bagi siapa pun yang memang ingin berusaha. Memang, masalah modal kerap menjadi penghalang utama untuk memulainya. Padahal, banyak loh ide jualan modal kecil tetapi bisa mendatangkan banyak cuan. Mau tahu apa saja idenya? Simak terus uraian berikut ini.

Baca juga: Siap Dapat Uang Tambahan? Ini 5 Ide Jualan Makanan Ringan dan Simulasinya

15 Ide Jualan Modal Kecil yang Cuan untuk Pemula

Perlu diketahui bahwa rekomendasi ide jualan dengan modal kecil di bawah ini bisa dimulai dengan modal Rp5 juta atau kurang dari itu. Langsung saja simak ide-idenya berikut ini.

1. Jualan minuman kekinian

Minuman kekinian memang sedang populer beberapa tahun terakhir. Setiap tahun selalu saja ada minuman jenis baru. Mulai dari minuman boba, aneka es teh, kopi-kopian, dan masih banyak lagi. Peluangnya cukup besar di Indonesia, terutama di kawasan-kawasan dekat sekolah, kampus, atau pusat perbelanjaan. Kamu bisa memulai usaha ini dengan membeli franchise minuman kekinian yang sedang ngetren di daerah kamu.

2. Makanan ringan

Makanan ringan adalah produk makanan yang digemari hampir semua lapisan masyarakat. Jenis makanan ini juga bisa kamu jadikan ide usaha modal kecil. Selain itu, kamu juga tidak perlu membuatnya sendiri. Cukup mencari supplier yang menjual aneka makanan ringan bal-balan dan kamu jual kembali secara kiloan. Kalau masih merintis, modal di bawah Rp5 juta sudah cukup untuk memulai usaha ini.

3. Jualan sembako kecil

Warung sembako adalah usaha yang tak ada matinyam, terutama di kota-kota kecil. Modal untuk memulai usaha ini tidaklah terlalu besar, mulai dari Rp5 jutaan saja tergantung apa saja yang mau kamu jual. Produk yang dijual biasanya meliputi kebutuhan rumah tangga, seperti sembako, obat-obatan, dan keperluan mandi cuci kakus. Kalau kamu tertarik menggeluti usaha ini, beli produk secara grosir karena harganya lebih miring.

4. Jual pulsa dan token listrik

Jualan pulsa dan token listrik bisa menjadi ide jualan modal kecil yang menarik. Jenis usaha ini masih banyak dicari loh oleh masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di kampung atau desa. Modalnya relatif terjangkau, tidak sampai Rp5 juta tetapi untungnya lumayan. Selain pulsa dan token listrik, kamu juga bisa menawarkan paket data karena internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

5. Usaha agen pembayaran (PPOB)

Sambil jualan pulsa dan token listrik, kamu juga bisa membuka usaha agen pembayaran (PPOB). Kamu bisa menerima pembayaran listrik, air, internet, BPJS, dan/atau layanan transfer uang. Untuk memulai usaha ini, kamu hanya perlu modal sebagai saldo dan untuk membeli printer thermal. Setelah itu, pilih platform yang menawarkan kemitraan untuk usaha PPOB.

6. Jual jasa potong rambut

Usaha potong rambut termasuk salah satu jenis usaha dengan modal kecil. Jenis jasa ini juga selalu dibutuhkan masyarakat sehingga potensi keuntungan bisa dibilang cukup tinggi. Dengan catatan, kamu memiliki keterampilan memotong rambut dan harga jasa yang kamu tawarkan sesuai dengan harga pasaran. Agar makin menarik dan berbeda dari tukang pangkas rambut lainnya, kamu bisa menawarkan layanan tambahan, seperti pijat kepala.

7. Jualan jajanan tradisional

Jajanan tradisional, seperti serabi, onde-onde, kue lapis, dan masih banyak lagi, tetap populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buat kamu yang jago memasak, kamu bisa menawarkan jajanan tradisional dengan cara lebih menarik, seperti dibuat layaknya tumpeng. Meskipun sudah banyak yang mengadopsi ide ini, kamu tetap bisa menggelutinya juga. Ini lantaran daya saingnya tidak begitu besar tetapi tetap bisa mendatangkan keuntungan.

8. Jualan pakaian bekas/thrift shop

Jual beli pakaian bekas dari luar negeri atau istilah kerennya thrift shop adalah salah satu ide jualan modal kecil yang banyak digeluti kalangan muda. Potensi keuntungannya cukup menarik karena pakaian-pakaian seperti ini banyak diminati oleh anak-anak muda. Agar bisnis kamu laku, pilih pakaian-pakaian yang memang sedang ngetren, kualitasnya masih bagus, dan pastinya harga belinya miring.

9. Jualan tanaman hias

Kamu punya hobi berkebun, khususnya tanaman hias? Coba jadikan hobi kamu tersebut sebagai bisnis. Usaha ini termasuk jenis usaha yang produktif karena budidaya tanaman hias tidak begitu sulit kendati tetap membutuhkan keterampilan. Namun keterampilan tersebut bisa dipelajari dan dikuasai. Peminatnya juga banyak, terutama di kawasan perkotaan yang penduduknya membutuhkan vegetasi di rumah mereka.

10. Usaha warkop

Kopi adalah salah satu minuman favorit di Indonesia. Meski kafe modern kini menjamur, kamu tetap bisa memulai bisnis ini di teras rumah misalnya dengan peralatan kopi sederhana. Tentu dibutuhkan sedikit latihan agar terampil untuk mengolah kopi dengan baik. Ditambah dengan manajemen yang baik, bisnis rumahan ini berpotensi berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa mendatang.

11. Menjual makanan menu diet

Gaya hidup sehat dan teratur telah menjadi tren di kalangan masyarakat modern, terutama bagi mereka yang ingin membentuk tubuh atau mencapai berat badan ideal. Tren ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memulai usaha jualan makanan menu diet. Pasalnya, orang yang diet kerap kali sulit konsisten untuk mengonsumsi makanan bernutrisi. Sebagai alternatifnya, mereka lebih memilih berlanggan menu-menu khusus untuk diet.

12. Jual bibit tanaman

Selain budidaya tanaman hias, usaha bibit tanaman juga banyak dicari masyarakat. Usaha ini menarik untuk digeluti karena pemasaran bibit bisa dilakukan secara offline maupun online. Artinya, target pasar tak hanya berasal dari orang-orang sekitar, tetapi juga dari luar kota atau bahkan pulau. Jenis bibit yang dijual bisa ditentukan sendiri, mau bibit tanaman hias, sayuran, buah-buahan, atau mungkin tanaman impor. Masing-masing tanaman sudah ada peminatnya sendiri.

13. Jualan telur bebek

Buat kamu yang mungkin tinggal di kampung atau desa dan punya lahan cukup luas, coba geluti usaha jualan telur bebek. Modalnya cukup ringan, yakni hanya untuk membeli bebek dan pakan mereka. Keuntungannya juga lumayan karena bebek bertelur hampir setiap hari dan satu butir telur mentah bisa dijual mulai dari Rp3 ribuan.

14. Jualan gas LPG

Kalau kamu cari ide jualan modal kecil yang tak memerlukan keterampilan khusus, mungkin jualan gas LPG cocok buat kamu. Bisnis ini bisa kamu geluti sebagai usaha sampingan karena yang kamu butuhkan hanya modal uang. Hanya saja, proses pendaftaran administrasinya mungkin agak sulit karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Namun begitu pendaftaran diterima, kamu sudah bisa langsung berjualan gas.

15. Ternak lele

Ide jualan yang terakhir adalah ternak lele. Eits, jangan menyepelekan pengusaha ternak lele, ya. Mereka yang sudah sukses bisa meraup keuntungan bersih mulai dari Rp2 juta rupiah setiap musim panen. Kamu pun bisa menggeluti usaha ini dengan modal minim terlebih dahulu. Kalau sudah berjalan dan mulai menghasilkan keuntungan yang signifikan, barulah untuk meningkatkan usaha kamu.

Nah, itulah beberapa ide jualan modal kecil tetapi bisa mendatangkan banyak keuntungan. Selain modal, ada satu lagi yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis, yakni strategi agar bisnis tetap bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Banyak metode yang bisa kamu terapkan agar bisnis tetap berjalan, salah satunya dengan bergabung bersama Juragan DOKU.

Juragan DOKU bisa membantu bisnis kamu untuk go digital. Banyak fitur yang ditawarkan, seperti payment link untuk mempermudah pembayaran non-tunai, e-Katalog, dan QRIS untuk menerima pembayaran dengan satu kode QR. Bagaimana, menarik kan? Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Juragan DOKU sekarang.