Hindari Keterlambatan Pengiriman Barang dengan Inventory Management yang Andal

inventory management adalah

inventory management adalah faktor krusial dalam pengiriman barang untuk mencegah terjadinya keterlambatan. 

Pengiriman barang secara online merupakan layanan yang membuka peluang bagi perusahaan untuk menjangkau pelanggan lebih banyak. Namun demikian, ini juga diikuti dengan tuntutan pengiriman yang tepat waktu. 

Bila terjadi keterlambatan satu hari saja, akan ada komplain dari konsumen yang bisa berpengaruh pada reputasi perusahaanmu. Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan butuh inventory management yang andal. 

Read More:  Cari Tahu Apa Itu Competitive Advantage, Langkah Krusial yang Bikin Bisnis Lebih Maju

Apa Itu Inventory Management

Inventory management adalah  manajemen yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi apa dan berapa banyak stok yang dipesan dan harus dikirim pada waktu tertentu. Kehadirannya bisa melacak mulai dari pembelian hingga penjualan barang.

Sebelum dijual, persediaan barang diibaratkan sebagai piutang yang belum diambil. Setelah terjual, stok akan berubah menjadi pendapatan. 

Karena itu, bila terlalu banyak stok yang tersimpan, maka akan memperbesar biaya operasional penyimpanan dan mengganggu arus kas. 

Dijalankannya inventory management sangat penting untuk kesehatan perusahaan baik dari segi keuangan maupun manajemen di dalamnya. 

Manajemen inventory akan membantu memastikan stok barang tidak menumpuk terlalu banyak atau terlalu sedikit, membatasi risiko kehabisan stok dan pencatatan arus kas yang tidak akurat.

Manfaat Inventory Management 

Inventory management memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan yakni: 

1. Memangkas biaya transportasi

Biasanya, stok barang disimpan pada satu lokasi saja dan tidak terdistribusi. Padahal perusahaan yang kamu jalan memiliki banyak toko cabang dan gudang yang banyak. 

Penyimpanan di satu lokasi saja memiliki risiko kerugian yang besar karena stok barang yang tidak terjual. Selain itu, ada risiko pencurian atau bencana alam. 

Inventory management akan membantu perusahaan untuk mendistribusi barang ke beberapa gudang dan toko secara merata beserta dengan jumlah stok yang disimpan di setiap lokasi. 

Jika barang sudah tersedia di toko atau gudang terdekat, maka anggaran transportasi bisa dipangkas jika butuh tambahan stok.  Ini juga bisa mengurangi jumlah stok barang yang tidak terjual karena sudah usang 

Bila ada kebutuhan pesanan yang besar, kamu dapat mengambil dari berbagai lokasi untuk memenuhi pesanan. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan stok. 

2. Meningkatkan arus kas

Melalui inventory management yang tepat, kamu bisa mendapatkan pemasukan untuk setiap produk inventaris yang terjual. Adanya pemasukan berupa uang tunai membuat arus kas lebih seimbang antara pengeluaran dan pemasukan. 

3. Memuaskan konsumen

Salah satu strategi untuk mendapatkan pelanggan yang setia adalah memastikan mereka menerima barang yang diinginkan tanpa menunggu atau melewati waktu penerimaan yang sudah ditentukan. 

Dengan inventory management, maka dipastikan stok barang selalu ada. Kamu bisa langsung mengirim produk sesegera mungkin begitu menerima pesanan. 

Tantangan Dalam Inventory Management 

Meskipun dapat membantu pengembangan bisnis, cukup banyak tantangan yang harus dihadapi saat menjalankan sistem dalam inventory management. Beberapa tantangan dalam inventory management adalah

1. Stok yang terlalu banyak

Demi menekan biaya produksi, biasanya produsen memilih untuk memproduksi produk dalam skala besar. Namun demikian, selera pasar bisa saja berubah dan barang tidak laku. 

2. Tidak punya stok produk yang cukup

Terkadang pesanan produk yang datang melebihi stok yang tersedia. Akibatnya produsen tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini sangat merugikan terutama bila pelanggan memilih beralih ke produsen lain.  

3. Detail Stok yang akurat

Jika kamu tidak memiliki detail stok yang akurat, maka tidak ada informasi mengenai mengetahui kapan harus mengisi ulang stok atau stok mana yang laku di pasaran. 

4. Proses produksi

Proses produksi manual atau yang sudah ketinggalan zaman dapat membuat pekerjaan rawan kesalahan dan memperlambat operasional. Karena itu, perusahaan wajib berinvestasi pada teknologi yang lebih canggih. 

Metode Inventory Management yang Bisa Diterapkan 

1. EOQ

Economic order quantity (EOQ) adalah metode inventory management yang bisa dianalisis untuk menemukan jumlah produksi ideal yang harus dilakukan. 

Beberapa variabel yang dipertimbangkan dalam metode ini adalah besar biaya produksi, tingkat permintaan, hingga kebutuhan bahan baku. 

2. MOQ

Minimum order quantity (MOQ) merupakan jumlah bahan baku minimum yang bisa dijual oleh supplier kepada perusahaan yang ingin memproduksi suatu unit barang.

Bila perusahaan tidak mampu membeli dalam jumlah tersebut, supplier tidak akan menjualnya sama sekali.

3. JIT

Just in time (JIT) merupakan metode dalam inventory management yang dilakukan untuk mengatur waktu pemesanan bahan baku dari supplier supaya sesuai dengan jadwal produksi.

Metode ini terbukti efektif untuk mengurangi biaya penyimpanan akibat pemesanan terlalu awal atau tidak tepat waktu. Produk yang dipesan terlalu awal juga bisa mengalami penurunan kualitas. 

4. FIFO dan LIFO 

Dua metode selanjutnya adalah First in, first out (FIFO) dan last in, first out (LIFO). Keduanya berperan penting dalam proses pengontrolan inventaris dan dilakukan untuk mengetahui biaya yang dihabiskan untuk penyimpanan.

Metode FIFO penting dilakukan untuk mengetahui mana barang yang sudah tersimpan lebih lama supaya bisa dijual terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebaruan inventaris dan meminimalkan kerusakan produk. 

Sementara, LIFO merupakan sistem barang baru yang justru harus dijual lebih awal untuk mencegah sebuah produk kehilangan kualitasnya.

5. Safety stock inventory

Ketika menggunakan metode safety stock inventory, maka perusahaan harus memesan bahan baku atau barang dengan kapasitas yang lebih banyak dari jumlah permintaan yang diterima. 

Ini dilakukan untuk mencegah kekurangan atau kehabisan barang ketika ada permintaan lebih. Namun semua hal bisa berubah bila ada perubahan selera konsumen secara tiba-tiba. 

Akibat Bila Inventory Management Buruk 

Inventory management yang buruk dapat berdampak buruk pada tata kelola perusahaan dan dapat memengaruhi lebih dari sekadar keuntungan. Berikut akibat jika inventory management perusahaanmu buruk. 

1. Keterlambatan pengiriman

Minimnya kontrol pada inventory dapat mengakibatkan keterlambatan pengiriman produk ke pelanggan. Para pelanggan dapat merasakan ketidakpuasan dan bisa memberi citra buruk pada klien yang tengah menjalin kerjasama. 

2. Bisa merugikan secara finansial

Jika kamu memiliki terlalu banyak persediaan produk, maka itu berpotensi hancur atau rusak dari waktu ke waktu. Jika belum menerapkan sistem yang baik, maka produk yang disimpan bisa berakhir dengan kerugian besar. 

3. Tidak bisa memenuhi pesanan

Inventory management memungkinkan setiap perusahaan dapat memenuhi pesanan mereka setiap saat. 

Namun demikian, bila kamu melakukan perencanaan yang buruk, maka jika pesanan besar yang tidak terduga tiba-tiba datang ada kemungkinan perusahaan tidak dapat memenuhinya.

Menguasai inventory management adalah salah satu strategi jitu untuk memenuhi permintaan pelanggan. Selain soal pengiriman produk, kamu juga sudah harus berpikir untuk menyediakan layanan pembayaran yang lebih modern. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!