15 Ide Usaha yang Jarang Rugi dan Bisa Dijalankan dengan Modal Kecil

v

Mau punya usaha sendiri tapi takut rugi? Pilih saja jenis usaha yang jarang rugi. Ini 15 referensi usaha minim kerugian yang bisa kamu pilih!

Ketakutan banyak orang ketika ingin memulai usaha adalah risiko rugi. Apalagi, bagi mereka yang punya modal pas-pasan. Padahal, kalau mampu memilih dengan tepat, kamu bisa menemukan banyak pilihan usaha yang jarang rugi. Dengan menjalankan usaha tersebut, risiko kerugiannya bisa kamu minimalkan. 

Baca juga: Cara Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang Beserta Contohnya, Lengkap!

Lalu, apa saja jenis usaha yang memiliki tingkat kerugian rendah tersebut? Berikut ini adalah 15 referensi pilihan usaha dengan modal kecil dan jarang rugi yang bisa kamu pilih: 

1. Dagang Sembako

Ide usaha yang jarang rugi pertama dan bisa kamu jalankan dengan modal terbatas adalah dagang sembako. Kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas pemasaran produk sembako. Alasan utamanya adalah karena sembako dibutuhkan oleh setiap orang. 

Untuk bisa memulainya dengan modal kecil, kamu dapat memilih untuk berdagang sembako tertentu. Misalnya, jualan gula atau beras. Selanjutnya, kamu dapat memperbanyak barang dagangan ketika usaha sudah berkembang. 

2. Potong Rambut

Pertimbangan ide usaha yang minim kerugian berikutnya adalah dengan membuka jasa potong rambut. Usaha ini memiliki kebutuhan modal awal yang sangat minim. Kamu dapat memilih untuk menggunakan rumah sendiri atau bisa pula menjalankan usaha ini dengan cara berkeliling. 

Biar usaha potong rambut kamu ramai, kuasai teknik memotong rambut dengan baik. Selain itu, cari tahu tren model potong rambut yang banyak digemari masyarakat. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi permintaan berbagai model rambut dari para pelanggan. 

3. Les Privat

Buat kamu yang mempunyai kemampuan akademik bagus, pertimbangkan untuk membuka usaha yang jarang rugi berupa les privat. Target pemasarannya bisa sangat beragam. Kamu bisa membuka les privat untuk anak-anak SD, SMP, maupun SMA. 

Modal yang perlu kamu siapkan untuk menjalankan usaha les privat sangatlah minim. Kamu hanya perlu menyediakan ruangan khusus untuk belajar yang disertai dengan peralatan, termasuk di antaranya adalah papan tulis dan tempat duduk. 

4. Jasa Laundry

Pertimbangan selanjutnya adalah dengan menjalankan usaha jasa laundry. Usaha ini dapat menjadi solusi bagi orang-orang yang memiliki kesulitan dalam meluangkan waktu untuk mencuci baju. Target pemasarannya bisa kalangan mahasiswa, pekerja kantoran, maupun rumah tangga. 

Biar usaha laundry kamu ramai pelanggan dan untung besar, perhatikan kualitas pelayanan. Tak cukup dengan pelayanan yang ramah. Kamu juga harus memastikan kalau hasil cucian benar-benar bersih serta tidak ada pakaian pelanggan yang tertukar maupun hilang. 

5. Jastip

Solusi usaha yang jarang rugi selanjutnya adalah dengan membuka jastip atau jasa titip. Peluang usaha ini sangat potensial bagi kamu yang sering bepergian ke luar kota. Selain itu, usaha jastip dapat pula kamu jalankan ketika berdomisili di daerah yang terkenal dengan sebagai destinasi wisata, seperti Bandung, Jogja, maupun Bogor. 

Saat menjalankan usaha jastip, risiko kerugian sangatlah minimal. Bahkan, kamu bisa memulai usaha ini dengan modal sangat kecil. Caranya, kamu dapat menjalankannya dengan sistem pre-order dan meminta pelanggan untuk melakukan pembayaran secara penuh. Untuk urusan pemasaran, bisa kamu lakukan dengan media sosial. 

6. Bengkel Motor

Kalau kamu mempunyai keahlian sebagai seorang mekanik, dapat mempertimbangkan untuk membuka bengkel motor sendiri. Bengkel motor termasuk salah satu jenis usaha yang jarang rugi karena segmen pelanggannya yang begitu luas. Hal ini tak bisa lepas dari begitu banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia. 

Untuk meminimalkan modal, kamu dapat memulai usaha bengkel motor di rumah. Hanya saja, pastikan kamu mempunyai peralatan yang mencukupi. Dengan begitu, kamu bisa melayani berbagai jenis permasalahan yang dihadapi oleh para pelanggan. 

7. Jual Produk Kecantikan

Jualan produk kecantikan atau skincare saat ini termasuk jenis usaha yang booming di Indonesia. Apalagi, setiap wanita ingin tampil cantik dan punya wajah yang glowing. Saat mempunyai usaha ini, kamu pun berpeluang untuk memiliki pelanggan yang mempunyai tingkat loyalitas yang sangat tinggi. 

Hanya saja, kamu perlu cermat dalam memilih produk kecantikan yang ditawarkan. Jangan sekadar memilih produk yang bisa dipasarkan dengan harga murah. Namun, pastikan pula tingkat keamanannya. Hindari penjualan produk yang mempunyai kandungan bahan berbahaya serta tidak mempunyai sertifikat BPOM. 

8. Galon Air Minum

Kamu bisa pula meraih untung besar dan tingkat risiko rendah dengan menjalankan usaha galon air minum. Usaha ini memiliki tingkat perputaran modal yang cukup cepat. Apalagi, hampir setiap orang bisa menjadi pelanggan kamu. 

9. Catering

Opsi berikutnya adalah dengan memulai usaha yang jarang rugi berupa catering. Modal utama yang perlu kamu miliki dalam menjalankan usaha ini adalah kemampuan memasak masakan yang enak. Selain itu, kamu juga perlu melengkapi diri dengan keahlian dalam meracik berbagai jenis menu makanan. 

10. Frozen Food

Usaha minim kerugian selanjutnya adalah dengan berjualan frozen food. Saat ini, berjualan frozen food termasuk jenis usaha yang sangat potensial dan memiliki segmen pelanggan sangat luas. 

Kunci penting dalam memulai usaha frozen food adalah penentuan lokasi serta penyimpanan stok barang. Kamu perlu memiliki beberapa freezer sekaligus. Dengan begitu, kamu dapat menyimpan stok frozen food dengan baik. 

11. Content Creator

Peluang usaha yang tak kalah menariknya adalah dengan menjadi seorang content creator. Kamu dapat memulai usaha ini dengan modal yang sangat minimal, bahkan bisa kamu lakukan cukup dengan memanfaatkan smartphone

Sebagai tambahan, kamu perlu mempunyai kreativitas tinggi dalam menciptakan konten menarik. Tak lupa, bekali diri dengan kemampuan terkait digital marketing. Dengan begitu, kamu tahu cara agar konten kamu populer dan ditonton banyak orang. 

12. Jual Makanan Kekinian

Pilihan jenis usaha selanjutnya adalah dengan menjual makanan kekinian. Usaha dengan model seperti ini bakal laris dengan cepat. Hanya saja, kamu perlu terus-menerus mengikuti tren yang ada di pasar dan menyediakan menu kekinian yang sesuai. 

13. Jual Gorengan

Masyarakat Indonesia paling suka dengan jajanan berupa gorengan. Oleh karena itu, kamu berpeluang besar untuk meraih untung dengan menjalankan usaha jual gorengan. Pilihan gorengan yang bisa kamu jual juga sangat banyak, bisa berupa tempe mendoan, tahu isi, bakwan, pisang goreng, dan lain sebagainya. 

14. Supplier Sayur dan Buah

Selanjutnya, ada opsi untuk menjadi penyuplai sayur dan buah. Sasaran pemasaran yang potensial adalah para ibu rumah tangga. Biar dapat banyak pelanggan setia, pertimbangkan untuk memberi kemudahan mereka dalam berbelanja. Misalnya, menyediakan layanan pengiriman maupun pemesanan. 

15. Jasa Desain Grafis

Terakhir, kamu dapat menjalankan usaha jasa desain grafis. Usaha ini memiliki segmen pelanggan yang sangat luas. Tidak cuma pelanggan offline, kamu dapat pula mempertimbangkan untuk menyediakan jasa desain grafis secara online

Nah, itulah 15 referensi ide usaha yang jarang rugi untuk bisa kamu pertimbangkan. Tertarik untuk memulai salah satu usaha tersebut? Gabung saja dan menjadi Juragan DOKU.

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!