Apa Itu Sales Force? Cari Tahu Secara Lengkap di Sini Biar Penjualan Melesat!

sales force adalah

Sales force adalah bagian yang penting dalam penjualan. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di sini!

Saat menonton Olimpiade atau kompetisi olahraga, kamu mungkin pernah melihat bagaimana kompetisi dayung dilakukan. Dalam olahraga ini, tim bekerja sama mendayung perahu mereka dan mencapai garis akhir untuk mengalahkan pesaing. Ini mirip dengan cara kerja sales force dalam dunia bisnis dan operasi penjualan.

Sales force adalah tim yang mendayung perahu penjualan ke arah yang diinginkan oleh perusahaan. Setiap anggota tim akan saling mencocokkan upaya dengan anggota lain agar tujuan tercapai. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai pengertian sales force dan berbagai hal penting lainnya. Simak sampai tuntas, ya!

Read More: Butuh Ide Bisnis Kreatif dan Unik? Ini 10 Daftarnya

Pengertian Sales Force

Sales force adalah divisi atau departemen dalam sebuah perusahaan yang bertugas untuk menjual produk atau layanan kepada konsumen. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mencari peluang, mengembangkan hubungan dengan konsumen serta mengubah peluang yang ada menjadi penjualan (konversi). 

Umumnya, sales force terdiri dari salesperson atau sales representative yang memiliki tanggung jawab menjual barang atau layanan pada pelanggan.

Untuk bisa menjual produk, sales force bisa memanfaatkan berbagai strategi penjualan mulai dari penjualan langsung (direct selling), penjualan online atau telemarketing. Mereka juga bisa menggunakan bermacam teknologi termasuk CRM (Customer Relationship Management) untuk dapat mengelola maupun menganalisis data konsumen. Dengan begitu, penjualan bisa berjalan secara efisien.

Tidak berlebihan jika banyak yang menyebut bahwa sales force itu seperti mata dan telinga bagi perusahaan. Sebab, merekalah yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Mereka mengetahui ‘denyut nadi’ pelanggan dan bisa membantu perusahaan untuk menyesuaikan penawaran agar cocok dengan kebutuhan konsumen.

Sales force adalah tenaga yang juga mampu mendengarkan masalah pelanggan dan menawarkan solusi yang memungkinkan. Secara umum, keberadaan mereka adalah membuat proses pembelian yang kompleks menjadi lebih mudah dan nyaman bagi konsumen.

Struktur Dalam Sales Force

Ada setidaknya 3 struktur utama dalam sales force. Masing-masing digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta jumlah produk maupun pelanggan yang dimiliki. Apa saja 3 struktur tersebut?

Sales Force Berbasis Lokasi

Ketika perusahaanmu menjual satu lini produk kepada pelanggan di lokasi yang berbeda, maka kamu perlu mempekerjakan sales force berbasis lokasi. Tenaga penjualan ini ditugaskan di berbagai area untuk menangani pertanyaan pelaggan sekaligus menjual produk. Perusahaan menetapkan tujuan penjualan serta metrik kinerja berdasarkan apa yang ingin dicapai di setiap daerah.

Untuk tenaga sales force berbasis lokasi, perusahaan perlu memilih orang-orang yang memahami dengan baik kondisi di lokasi tersebut. Mereka juga sebaiknya merupakan orang-orang yang memiliki koneksi yang mumpuni dengan penduduk atau konsumen lokal. Ini akan membuat pekerjaan mereka jadi lebih mudah.

Sales Force Berbasis Produk

Apabila satu perusahaan memiliki beberapa lini produk, mereka perlu mempekerjakan sales force atau tenaga penjualan berdasarkan lini produknya. Misalnya saja, ada perusahaan yang menjual kebutuhan rumah tangga termasuk furnitur dan alat-alat elektronik. Keduanya perlu menggunakan sales force yang berbeda.

Perekrutan tenaga sales force dilakukan berdasarkan skill yang mereka miliki serta pengalaman kerja mereka pada masing-masing jenis produk.

Sales Force Berbasis Klien

Perusahaan bisa menggunakan tenaga penjualan berbasis klien jika mereka ingin fokus dalam menangani kebutuhan klien secara personal. Masing-masing tenaga penjualan memiliki spesialisasi sehingga mampu menangani permintaan spesifik dari klien dan menyediakan solusi terkustomisasi untuk mereka. Biasanya, sales force semacam ini digunakan oleh bisnis B2B (Business-to-Business).

Peran Sales Force

Peran sales force dalam perusahaan sangat penting. Mereka adalah ujung tombak yang akan menghasilkan pemasukan bagi bisnis ketika produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan berhasil terjual.

Tidak hanya itu, sales force adalah orang-orang yang harus memiliki kemampuan dalam menjaga dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan. Dengan begitu, mereka akan memiliki kemampuan lebih dalam memahami kebutuhan serta preferensi pelanggan. Dari informasi yang mereka dapatkan, perusahaan bisa melakukan penyesuaian-penyesuaian yang pada akhirnya akan menghasilkan produk serta layanan terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tugas Sales Force

Secara umum, tugas sales force adalah sebagai berikut:

  • Melakukan penjualan produk atau layanan kepada konsumen/calon konsumen. Ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi peluang penjualan, menjawab pertanyaan konsumen, menawarkan produk kepada prospek serta memastikan konsumen merasa puas dengan produk yang dihadirkan oleh perusahaan
  • Bertanggung jawab untuk menganalisis dan mengelola data penjualan. Mereka juga bertugas untuk mengatur dan memantau anggaran yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk penjualan
  • Bekerja sama dengan divisi lain termasuk divisi produksi dan pemasaran. Kerja sama ini bertujuan agar goal perusahaan bisa tercapai.

Sales force juga merupakan orang-orang yang punya kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan serta menangani situasi yang tak terduga dengan baik. Lewat perpaduan skill ini, mereka bisa menjalankan tugas dengan baik serta membantu perusahaan tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan.

Manfaat dan Fungsi Sales Force

Sales force memiliki sejumlah manfaat dan fungsi yang perlu kamu ketahui. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

Sales force berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan. Merekalah orang-orang yang menjual produk atau layanan kepada pelanggan agar bisnis bisa menghasilkan keuntungan.

Memperluas Pangsa Pasar

Selain menjual produk kepada pelanggan, sales force juga memiliki kewajiban untuk menemukan peluang penjualan baru. Tujuannya adalah agar pangsa pasar perusahaan semakin luas dan pada akhirnya ini juga akan meningkatkan pemasukan perusahaan.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Sales force juga merupakan orang-orang yang bertanggung jawab dalam memelihara hubungan baik dengan konsumen yang ada. Hal ini dilakukan agar loyalitas pelanggan terhadap perusahaan menjadi lebih baik.

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Karena sales force adalah orang-orang yang bertemu langsung dengan konsumen/calon konsumen, mereka adalah wajah perusahaan. Dengan pelayanan yang baik dan memuaskan dari tim sales force, maka reputasi perusahaan pun bisa semakin baik.

Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan serta harapan konsumen, sales force juga berfungsi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaanmu.

Meningkatkan Efisiensi

Dengan menggunakan strategi dan teknik yang efektif dalam mengelola proses penjualan serta meningkatkan produktivitas, sales force bisa meningkatkan efisiensi perusahaan.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!