Manfaat QRIS & Tips Aman untuk Optimalkan Pembayaran Digital

QRIS adalah

Anda pasti sudah familiar dengan QRIS sebagai metode pembayaran masa kini yang banyak manfaat. Di era digital seperti sekarang ini, QRIS hadir untuk memudahkan banyak orang dalam bertransaksi. Penggunaan QRIS di Indonesia ternyata mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut terlihat dari banyaknya merchant atau toko yang mulai menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran mereka ke konsumen. Tanpa disadari, penggunaan QRIS untuk UMKM tidak hanya menguntungkan bagi konsumen yang berbelanja, tapi juga pemilik usaha. Dengan penggunaan QRIS, pemilik usaha bisa mengurangi biaya administrasi dan resiko keamanan yang terkait dengan transaksi tunai.

Perkembangan QRIS di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni 45 juta pengguna di tahun 2023. Nominal tersebut mengalami kenaikan sekitar 17,21 juta pengguna dari tahun 2022. Pengguna QRIS untuk pemilik usaha juga didominasi oleh merchant umkm yakni sebesar 91,17%. Dari data tersebut, kita bisa melihat bahwa penggunaan QRIS untuk umkm tumbuh dengan akseleratif. 

Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan QRIS di negara ini. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong inklusi keuangan dan mengurangi penggunaan uang tunai. QRIS juga menjadi bagian dari visi pemerintah untuk mewujudkan ekonomi digital yang lebih maju. Melalui QRIS, pemerintah dapat melacak dan mengawasi aliran uang secara lebih efektif, sehingga dapat mengurangi praktik-praktik ilegal seperti pencucian uang. Dengan dukungan yang kuat dari pemerintah dan tingginya adopsi oleh masyarakat dan bisnis, QRIS diharapkan akan terus berkembang dan menjadi bagian integral dari sistem pembayaran di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya tentang QRIS dan manfaatnya, simak ulasannya dibawah ini:

Apa itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standard yang merupakan penyatuan dari berbagai macam QR dari beberapa Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) dengan menggunakan QR. Maka, setiap penyedia PJP berbasis QR code (lokal atau asing) wajib menggunakan QRIS.

QRIS adalah kode QR yang keberadaannya diatur oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk memfasilitasi pembayaran tanpa uang tunai di Indonesia. Metode pembayaran QRIS ini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia. Kini, QRIS menjadi pilihan metode pembayaran yang memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis dan konsumen. 

Manfaat QRIS

Sebagai metode pembayaran masa kini, QRIS hadir untuk memudahkan penggunaannya. Tak hanya bermanfaat bagi konsumen, tapi juga bagi pemilik usaha. Pemilik usaha bisa memfasilitasi konsumen dengan adanya metode pembayaran QRIS ini, sehingga konsumen juga semakin nyaman dan mudah setiap bertransaksi. Lalu, apa saja manfaat QRIS yang bisa Anda rasakan, berikut ulasannya dibawah ini:

1. Transaksi Lebih Cepat

Siapa yang tak suka dengan manfaat QRIS yang satu ini, yakni cepat! Penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran cashless, ini memungkinkan Anda untuk bertransaksi lebih praktis dan cepat. Caranya sangat simpel! Anda hanya perlu scan QR pada aplikasi yang didukung tanpa perlu memasukkan nomor rekening. Dengan manfaat ini, maka Anda bisa lebih nyaman bertransaksi tanpa perlu membawa banyak uang tunai. 

2. Transaksi Lebih Mudah

Transaksi menggunakan QRIS juga lebih mudah, karena Anda hanya membutuhkan aplikasi di smartphone dengan berbagai sumber dana atau instrumen yang Anda miliki. Tidak lupa juga cukup dengan sinyal internet yang baik, maka proses transaksi lebih lancar dan cepat! 

Semakin memudahkan Anda, QRIS juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang melengkapi manfaatnya, antara lain:

  1. QRIS mampu mendukung pembayaran Lintas Negara dengan Thailand dan Malaysia. Kemudahan ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang suka travelling atau berpergian ke negara tersebut. 
  2. QRIS juga akan meluncurkan fitur lainnya yang semakin memudahkan hidupmu, seperti QRIS transfer, tarik tunai hingga setor tunai. Maka, dengan QRIS, Anda bisa merasakan banyak manfaatnya, QRISnya satu, Menangnya Banyak!

3. Transaksi Lebih Murah

Pakai QRIS, transaksi Anda tanpa ada biaya! Tak bisa disangkal lagi bahwa manfaat QRIS satu ini tentu akan menguntungkan bagi Anda. Tanpa biaya tambahan, sudah pasti Anda akan lebih nyaman saat bertransaksi menggunakan QRIS dimanapun. 

4. Transaksi Lebih Aman

Dengan QRIS, Anda bisa bertransaksi lebih aman karena dilindungi dengan PIN. Pada dasarnya, Anda hanya memindai kode QR lalu masukkan PIN, sehingga proses ini memungkinkan Anda bertransaksi lebih aman dan cepat. Jika pengguna merasa ada transaksi yang mencurigakan, maka bisa langsung melaporkan hal tersebut ke penyedia layanan QRIS. Jangan khawatir, karena semua transaksi tercatat secara online sehingga tingkat keamanannya pun lebih baik daripada bertransaksi menggunakan uang tunai.

5. Sistem yang Handal untuk Bertransaksi

Salah satu manfaat utama QRIS adalah kehandalannya sebagai sistem pembayaran yang teruji dan dapat diandalkan. QRIS telah melalui pengujian dan penerapan yang ketat sehingga dapat memberikan layanan yang konsisten dan terpercaya. Dalam situasi di mana transaksi non-tunai menjadi semakin penting, kehandalan QRIS menjadi faktor kunci dalam memastikan kelancaran bisnis dan kemudahan bagi pengguna. Selain itu, QRIS juga menawarkan layanan bertransaksi 24/7 yang berarti dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentu memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa batasan waktu atau lokasi, sehingga meningkatkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Dengan keandalan sistem yang teruji dan layanan yang tersedia sepanjang waktu, QRIS memberikan solusi pembayaran yang efisien dan handal bagi individu dan bisnis di era digital ini.

Tips Bertransaksi Aman dengan QRIS

Penggunaan teknologi perlu diiringi dengan tingkat kesadaran pengguna untuk selalu sadar akan keamanan bertransaksi secara digital. Maka, ada beberapa tips yang sangat berguna bagi Anda yang ingin bertransaksi aman dengan QRIS. Dengan bertransaksi aman menggunakan QRIS, maka akan lebih terasa manfaatnya. Simak ulasan lengkap tipsnya dibawah ini:

  1. Pastikan Kewajaran Lokasi Pemasangan QRIS

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kewajaran lokasi pemasangan QRIS. Anda perlu memastikan bahwa kode QR berasal dari tempat yang jelas, artinya lokasi pemasangannya berada pada lokasi dimana Anda bertransaksi. Sebagai contoh, saa Anda ingin membayar belanja buku, maka kode QR juga harus berada di toko buku tersebut, bukan di toko lainnya. 

  1. Memastikan Nama Tujuan QRIS sesuai dengan Nama Merchant

Tips selanjutnya agar bertransaksi aman dengan QRIS adalah Anda harus memastikan nama tujuan QRIS sudah sesuai dengan nama merchant yang muncul pada layar smartphone saat melakukan scan QRIS. Jadi, selalu perhatikan kesesuaian tersebut saat bertransaksi dengan QRIS agar lebih aman.

  1. Pastikan Kesesuaian Nominal & Notifikasi Keberhasilan Transaksi

Tips selanjutnya untuk bertransaksi aman dengan QRIS adalah selalu pastikan kesesuaian nominal dan notifikasi keberhasilan transaksi. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa lebih merasakan manfaat QRIS yakni transaksi cepat dan aman. Jika nominal tidak sesuai antara transaksi yang Anda lakukan dengan nominal pembelanjaan, maka pembayaran dianggap gagal karena merchant tidak menerima pembayaran, sedangkan saldo pengguna sudah terdebet.

  1. Mengadukan ke Penyelenggara QRIS (PJP) jika Menemukan Perbedaan Nama Merchant / Nominal

Penting bagi Anda, jika menemukan adanya perbedaan nama merchant atau nominal transaksi  segera mengadukannya ke penyelenggara QRIS (PJP). Setelah Anda menghubungi call center atau customer service PJP, maka informasikan aduan Anda terkait perbedaan nama merchant ataupun nominal.

Bagi pemilik usaha, menyediakan QRIS sebagai pilihan metode pembayaran tidak hanya menjadi cara mudah dan praktis bertransaksi, tetapi juga mampu menghindari resiko fraud pengelolaan kas kasir. Hal ini tentu akan mendatangkan banyak manfaat bagi pemilik usaha. Selain itu, pemilik usaha perlu mengetahui bahwa setiap bertransaksi dengan QRIS akan dikenakan tarif MDR. Tarif MDR adalah tarif yang dikenakan kepada merchant oleh bank. Besaran MDR akan ditetapkan tersendiri oleh Bank Indonesia (BI). Kedepannya, tarif MDR QRIS akan ada penyesuaian untuk menjaga sustainability penyelenggara QRIS oleh industri. Tak hanya itu, adanya tarif MDR yang akan disesuaikan juga untuk meningkatkan efisiensi bagi merchant, kualitas layanan dan kepatuhan atas aturan yang sudah ditetapkan. 

Demikian ulasan tentang manfaat QRIS bagi penggunanya. Untuk Anda yang ingin mencoba bertransaksi cashless, maka segera gunakan QRIS. Jangan lupa juga ya untuk perhatikan tips bertransaksi aman dengan QRIS diatas ya untuk pengalaman bertransaksi yang cepat, mudah, murah, aman dan handal. QRISnya satu, Menangnya Banyak! Dimanapun lakukan transaksi yang lebih menguntungkan karena #QRISSatuMenangBanyak.

Sebagai pionir payment gateway pertama di Indonesia, Anda bisa menggunakan DOKU untuk berbagai transaksi pembayaran–termasuk juga pembayaran QRIS. Cara pakainya mudah dan transaksi pastinya aman. Untuk para pelaku usaha, Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, tempan pembayaran persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online Anda dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, Anda bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa Anda download via smartphone, atau Anda juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!