Penting! Inilah 7 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan bukanlah semata tentang membuat senang pelanggan. Tingkat kepuasan bisa berpengaruh pada masa depan bisnis. Berikut cara meningkatkannya.

Kepuasan pelanggan adalah sebuah ukuran yang menentukan seberapa senang pelanggan terhadap suatu produk, layanan, atau kemampuan. Informasi tersebut bisa diperoleh melalui kritik dan saran, pemberian rating, ataupun survey. Informasi ini merupakan masukan berharga bagi perusahaan atau pemilik bisnis. Dengannya, mereka bisa menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan.

Read More: Karakter Pasar Bisnis dan 5 Tipenya: Kenali Agar Tak Salah Target!

Pentingnya Kepuasan Pelanggan 

Pelanggan yang puas merupakan aset berharga bagi bisnis apa pun. Dari seorang pelanggan yang senang dengan produk atau layanan perusahaan, perkembangan bisnis bisa turut terdongkrak. Secara umum, berikut inilah beberapa alasan mengapa sangat penting untuk membuat pelanggan puas:

  1. Pelanggan yang puas akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih besar terhadap perusahaan.
  2. Ketika pelanggan puas, akan tumbuh loyalitas di dalam dirinya terhadap perusahaan.
  3. Pelanggan yang loyal akan kembali lagi untuk membeli yang kedua kali, ketiga kali, keempat kali, dan seterusnya.
  4. Meningkatkan popularitas dan kepercayaan masyarakat terhadap brand bisnis.
  5. Terjadinya promosi secara horizontal, yaitu pelanggan yang senang akan menceritakan pengalaman memuaskannya kepada orang lain.
  6. Tingkat kepuasan bisa membedakan bisnismu dari pesaing.

Dari beberapa manfaat di atas, bisa terlihat bahwa kepuasan pelanggan dapat membawa pengaruh positif terhadap prospek bisnis jangka panjang. Oleh karena itu, jika kamu adalah pemilik atau pengelola bisnis, penting bagimu untuk bisa mengukur tingkat kepuasan dari pelanggan yang berkunjung ke lapak bisnismu.

Ketika tingkat kepuasan telah terukur, perusahaan juga akan lebih mudah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan performa bisnis. Strategi tersebut tentu akan membawa perubahan yang lebih baik karena bukan hanya didasarkan pada studi teori, tetapi juga studi kasus.

Hubungan Kepuasan Pelanggan dengan Kesetiaan Pelanggan

Kepuasan pelanggan dan kesetiaan pelanggan saling terkait erat satu sama lain. Ketika pelanggan puas dengan suatu produk atau layanan, mereka berpeluang besar menjadi pelanggan yang loyal.

Ketika dapat terukur, kamu bisa menyusun strategi untuk memperbaiki, mempertahankan, atau meningkatkan performa perusahaan atau tim dan kemungkinan besar mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang. 

Selain berpeluang besar melakukan pembelian kembali, pelanggan yang puas juga tidak akan sungkan merekomendasikan bisnismu kepada teman-teman atau kenalannya. Pelanggan pun secara tidak langsung berperan menjadi duta perusahaan. Nilai lebihnya, cerita pelanggan kepada lingkar terdekatnya tentu lebih dipercaya daripada iklan langsung dari pemilik bisnis.

Dari penjelasan di atas, kamu dapat memahami bahwa pelanggan yang puas dapat berkembang menjadi pelanggan setia. Adapun, kesetiaan pelanggan juga akan membawa sejumlah manfaat pada bisnismu. Berikut inilah di antaranya.

  • Mengurangi biaya pemasaran: Pemasaran dari pelanggan ke calon pelanggan lain bisa terjadi ketika kepuasan dan kesetiaan telah tumbuh di hati pelanggan. Pemasaran ini dinilai cukup efektif dan lebih dipercaya karena dilakukan dengan hati.
  • Meningkatkan penjualan: Ketika pemasaran secara horizontal tersebar, penjualan pun niscaya akan turut meningkat.
  • Meningkatkan keuntungan: Peningkatan penjualan tanpa penambahan pengeluaran signifikan akan berpengaruh pada meningkatnya keuntungan.
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat: Cerita positif dari para pelanggan akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis terkait.
  • Meningkatkan citra merek: Kesetiaan pelanggan dan testimoni positifnya akan turut membangun citra merek yang baik pula atas bisnis terkait.
  • Meningkatkan retensi pelanggan: Pelanggan setia bukan hanya akan terus melakukan pembelian kembali, tetapi juga menjadi enggan untuk berpindah hati ke bisnis lain sejenis.

7 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Setelah memahami pentingnya kepuasan pelanggan, sudah selayaknya bagi setiap pemilik bisnis untuk memberikan perhatian besar terhadapnya. Berikut ini adalah di antara strategi yang bisa ditempuh untuk membuat pelanggan semakin memiliki keterikatan dengan bisnismu.

1. Berkomitmen pada kualitas produk atau jasa

Produk atau jasa adalah hal utama yang dijual kepada pelanggan. Segmentasi kualitas produk atau jasa bisa saja berbeda-beda sesuai target bisnis yang dijalankan. Namun, kualitas bukan hanya berarti tinggi-rendahnya mutu bahan utama. Kualitas di sini juga termasuk konsistensi dan improvisasi. Kamu perlu menjaga kualitas produkmu agar tetap mencapai kesan yang ditargetkan.

2. Memberikan fasilitas dan layanan ekstra kepada pelanggan

Setelah memberikan produk yang terbaik pada levelnya secara konsisten, fasilitas dan layanan terhadap pelanggan bisa juga lebih ditingkatkan. Layanan yang prima akan memberikan kesan mendalam terhadap pelanggan, sedangkan fasilitas ekstra akan memberikan nilai tambah. Keramahan dan kenyamanan biasanya memberikan pengaruh besar terhadap tingkat kepuasan.

Di antara fasilitas ekstra yang bisa kamu berikan ke pelanggan adalah kemudahan sistem pembayaran. Kamu bisa membuka akun DOKU sebagai payment gateway yang membantumu menyediakan berbagai metode pembayaran. Dengan demikian, pelanggan bisnismu bisa membayar dengan metode pilihan mereka. Transaksi finansial bisnismu pun turut dikelola secara profesional.

3. Membangun hubungan dekat dengan pelanggan

Ketika melakukan transaksi bisnis, hendaknya hubungan penjual dan pembeli tidak dibatasi pada aktivitas jual-beli semata. Penting bagi pebisnis untuk menjalin hubungan dekat dengan pelanggan sehingga pelanggan merasa dihormati, diapresiasi, dan diterima sepenuh hati. Dengan demikian, pelanggan tidak merasa diperlakukan sebagai sumber uang, melainkan diperlakukan sebagai manusia seutuhnya.

Hubungan dekat dengan pelanggan bisa dimulai dengan mendengarkan cerita pelanggan secara seksama. Pemilik bisnis berupaya untuk menumbuhkan perasaan empati dan berusaha memahami posisi pelanggan. Pada level tertentu, pelanggan bisa merasa diperlakukan sebagai sahabat yang siap menerima atau memberikan masukan yang membangun.

4. Menerima kritik dan saran dari pelanggan

Pebisnis yang baik memiliki kemampuan untuk bersikap lapang dada untuk menerima kritik maupun saran dari pelanggan. Sikap ini dibangun untuk setiap pelanggan, baik yang sudah dekat atau belum. Dalam menanggapi kritik dan saran pelanggan, hendaknya kamu tidak bersikap defensif atau membela diri. Sikap menerima, lapang dada, dan apresiasif hendaknya menjadi sikap-sikap yang dikedepankan.

5. Memberikan respons positif terhadap masukan dari pelanggan

Ketika menerima masukan dari pelanggan, hendaknya tetap mengedepankan respons positif meskipun pelanggan menyampaikan kritik kurang mengenakkan. Jangan sampai muncul sikap emosional ketika menanggapi masukan dari pelanggan. Apabila pelanggan berusaha memancing emosi, kamu bisa memberikan jeda sejenak dan tersenyum sebelum memberikan respons. Dengan demikian, kamu tidak terpancing untuk ikut ribut.

6. Memberikan apresiasi atas loyalitas pelanggan

Kamu juga bisa bersikap aktif dalam merebut hati pelanggan, misalnya dengan memberikan apresiasi untuk pelanggan-pelanggan setia. Kreatiflah dalam memberikan apresiasi, baik apresiasi tersebut berupa barang ataupun layanan. Kamu juga bisa memberikan hadiah kepada pelanggan pada momen-momen istimewa yang akan dikenang oleh pelanggan.

7. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas performa bisnis

Inilah salah satu strategi lain untuk membuat pelanggan puas. Di antara performa yang bisa ditingkatkan misalnya adalah waktu tunggu. Dengan merancang sistem kerja yang lebih efektif dan efisien, waktu tunggu sangat mungkin untuk dipangkas seminimal mungkin. Pelanggan akan senang memperoleh pelayanan prima tanpa harus menunggu lama.

Setelah memahami pentingnya kepuasan pelanggan dan cara meningkatkannya, aksi nyata berupa praktik merupakan langkah berikutnya yang harus ditempuh. Saatnya untuk mengimplementasikan berbagai pengetahuan berharga ke bisnismu sendiri. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!