Mau Pelanggan Puas? Pahami Layanan Purna Jual: Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Layanan purna jual adalah salah satu upaya atau strategi dari perusahaan guna memberikan solusi terbaik bagi pelanggan yang merasa kurang puas.

Pernahkah kamu membeli suatu produk secara online yang tidak sesuai dengan deskripsi? Atau, pernahkah kamu mencicipi makanan yang dijual daring dan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi? Pastinya, kamu merasa sangat kecewa dan ingin melakukan komplain terhadap hal tersebut. 

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha, memberikan produk yang terbaik saja tidak cukup. Kamu tentu harus mempunyai strategi lainnya sehingga pelanggan tetap setia untuk memakai produk milikmu dan tetap menjalin relasi yang baik dengan pelanggan. Salah satunya adalah dukungan layanan purna jual. 

Read more: Inspiratif dan Penuh Motivasi, 5 Biografi Pengusaha Sukses Indonesia

Arti Layanan Purna Jual

Purna jual adalah suatu istilah yang berasal dari kata “purna” yang artinya “setelah” dan kata “jual” yang artinya menawarkan produk dengan harga tertentu kepada orang lain. Jadi, dalam segi bahasa, arti purna jual adalah setelah melakukan penjualan produk pada pelanggan. 

Oleh karena itu, saat membicarakan tentang purna jual, artinya kamu sedang membahas mengenai aktivitas yang dilakukan setelah produk dibeli oleh pelanggan. Salah satu yang menjadi sorotan adalah layanan purna jual. Mungkin kamu bertanya, mengapa setelah proses transaksi pemilik usaha masih harus memberikan layanan pada pelanggan.  

Mudahnya, hal ini ada hubungannya dengan bagaimana kamu membina komunikasi dan hubungan baik dengan pelanggan, termasuk memberikan layanan purna jual seperti tanggapan keluhan atau pemberian layanan gratis.

Tujuan Layanan Purna Jual

Adanya layanan purna jual tentu tidak terjadi tanpa alasan. Ada beberapa tujuan mengapa sebuah bisnis memerlukan strategi ini, antara lain: 

  • Layanan purna jual adalah bentuk tanggung jawab dari pemilik usaha atas kualitas barang yang ditawarkan. Contohnya adalah jasa konsultasi pemasangan atau mengganti suku cadang. 
  • Merupakan sarana untuk menciptakan loyalitas dari para konsumen. Pada akhirnya, konsumen bisa menjadi pelanggan tetap dari produk yang kamu punya. 
  • Bentuk antisipasi dari rasa tidak puas konsumen pada produk sehingga mereka tidak memviralkan kejadian ini sekaligus cara menjaga nama baik perusahaan.  
  • Jaminan keamanan dari konsumen yang membeli barang milikmu. Mereka bisa mendapatkan solusi terbaik jika mengalami kendala.
  • Saran untuk menjalin komunikasi dan menjawab semua pertanyaan pelanggan terkait produk yang kamu jual. 

Jenis Layanan Purna Jual

Ada beberapa jenis layanan purna jual yang bisa kamu terapkan dalam bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu: 

  1. Pelayanan pra-instalasi

Pelayanan ini bisa kamu berikan dalam bentuk yang sederhana, seperti memberi buku panduan pemakaian produk untuk kali pertama. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan bantuan memasang dan mengatur produk setelah membeli. Bantuan ini bisa kamu tawarkan dengan gratis atau berbayar. 

  1. Training penggunaan

Jenis ini dikhususkan untuk pembelian produk yang perlu keahlian dalam pemakaian dengan berbagai fitur yang rumit. Contohnya alat kesehatan atau pembelian mesin kasir. Adanya pelatihan penggunaan akan memudahkan konsumen dan mencegah potensi terjadinya kerusakan produk karena tidak tepat menggunakannya. 

  1. Jaminan

Selain itu;m, kamu juga dapat menawarkan jaminan untuk memperbaiki bagian produk yang mengalami masalah. Bisa pula berupa garansi waktu ketika memakai produk hingga tidak lagi mengalami kendala. 

  1. Layanan bantuan daring

Ini merupakan layanan bantuan online yang dapat digunakan oleh setiap konsumen dengan menggunakan internet. Jadi, konsumen bisa mengaksesnya di mana saja kapan pun sedang membutuhkannya. 

  1. Garansi (Penggantian atau pengembalian produk rusak)

Jika konsumen ternyata mendapatkan produk yang rusak, maka sudah pasti mereka akan mengembalikannya. Kamu dapat menawarkan bantuan purna jual ini tanpa membayar dan pilih berapa lama kamu memberikan bantuan ini. Misalnya, keluhan penggantian produk rusak bisa dilakukan maksimal satu bulan setelah transaksi. Penggantiannya juga dapat berupa produk baru atau uang. 

  1. Free upgrade

Umumnya, peningkatan produk bebas biaya atau free upgrade menjadi strategi purna jual dari bisnis elektronik. Contohnya, pelanggan yang memakai ponsel dengan dukungan Android akan mendapatkan peningkatan software secara gratis dan otomatis.

  1. Customer retention

Bentuk layanan purna jual lainnya adalah retensi konsumen yang bisa kamu lakukan dengan mengirimkan katalog maupun buletin. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan beberapa program loyalitas, misalnya voucher khusus,  diskon member, hingga merchandise untuk menjaga loyalitas pelanggan.

  1. Service gratis

Jenis layanan ini sangat pas untuk produk yang memerlukan perawatan dan pengecekan berkala. Contohnya, pembelian kendaraan roda dua pada dealer berhak mendapat layanan berupa pemeriksaan gratis selama 5 tahun, termasuk ganti oli dan cuci kendaraan. 

Contoh Layanan Purna Jual

Supaya lebih mudah dipahami, kamu bisa simak bagaimana cara perusahaan elektronik terkemuka, Acer memberi fasilitas purna jual pada pelanggan. Tidak sebatas menawarkan berbagai perangkat dengan kualitas terbaik, Acer juga memberi layanan pascapenjualan guna memenuhi setiap kebutuhan konsumen. 

Sekarang, para pelanggan Acer bisa langsung berkomunikasi melalui fitur Live Chat dengan dr. Acer selama 24/7 pada blog Acer atau melalui fitur WhatsApp dan Hotline. Selain itu, pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan, dan tanggapan melalui akun media sosial Acer, baik Facebook, email, dan Twitter.

Khusus untuk pelanggan yang ingin memperbarui sistem atau memasang sistem baru bisa langsung membawa perangkat ke Acer to Acer Customer Service Center atau ACSC. Fasilitas ini memberikan layanan proses pemasangan OS Windows Server, Cisco, dan Linux Redhat dengan biaya yang cukup terjangkau. 

Tak hanya itu, Acer juga memberikan pelayanan jasa pasang atau konfigurasi perangkat keras untuk solusi bagi bisnis. Contohnya, operating system, Mounting Rack Server dan cabling, dan service seperti AD, SQL, WEB, dan virtual machine. Semuanya ditunjang dengan tenaga teknisi yang ahli.

Faktanya, masih banyak bisnis lain yang menawarkan layanan purnajual guna memastikan para pelanggan nyaman dan selalu menggunakan produknya. Kamu bisa mengawali dengan hal kecil yang menarik minat pelanggan. Contohnya, beri potongan harga khusus untuk pelanggan setia pada hari ulang tahun. Khusus bagi pelanggan yang menyampaikan keluhan, coba tawarkan bonus sambil tetap berupaya memberi solusi. 

Pentingnya Layanan Purna Jual bagi Bisnis

Purna jual adalah sebuah bentuk layanan yang sangat penting bagi bisnis. Sebab, layanan ini dapat menjadi strategi untuk menarik pelanggan baru, sarana promosi yang hemat biaya, dan menekan terjadinya umpan balik negatif dari para pelanggan.

Selain itu, layanan purna jual juga dapat membantu menaikkan pembelian kembali dari pelanggan. Tak ketinggalan, adanya layanan setelah pembelian juga secara tidak langsung dapat menjaga citra perusahaan tetap positif. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat? Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsAppe-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, juga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR.

Satu lagi yang nggak boleh dilewatkan, kamu bisa mendapat pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing para mentor bisnis andal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang dapat di-donwload via smartphone di Play Store atau App Store, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, usaha makin gencar, gabung jadi Juragan DOKU, sekarang!