14 Ide Bisnis Sampingan yang Bikin Cuan, Bisa Online dan Offline

Kata siapa berbisnis itu kudu punya modal banyak dan tempat yang luas? Terutama di zaman now yang serba canggih ini, bisnis bisa dijalankan dari rumah, bahkan dengan modal internet dan handphone saja.

Nah, bila sedang mencari ide bisnis untuk menambah pemasukan, simak ide-ide kreatif bisnis sampingan berikut ini. Beberapa bisnis di daftar berikut bisa dikerjakan secara online. Namun, ada pula yang bisa dipilih oleh kamu yang lebih suka bisnis offline. Apa saja?

Baca juga: Gaji Pas-Pasan? Cek 5 Usaha Sampingan Karyawan Berikut Ini!

Ide Bisnis Sampingan Online

Ada banyak sekali jenis usaha online saat ini yang bisa dijadikan referensi. Di bawah ini adalah beberapa ide jualan online paling diminati. Pilihlah yang paling sesuai dengan skill juga fasilitas yang kamu miliki.

1. Reseller dan dropshiper

Dua jenis usaha ini sama-sama menjual kembali. Bedanya, bila menjadi reseller kamu harus membeli dahulu sebelum menjual kembali dengan harga baru. Biasanya, reseller mendapat harga khusus dengan syarat minimal pembelian. Kamu juga akan melakukan promosi, penjualan, hingga packing dan pengiriman.

Sementara itu, dropshiper bisa menjual produk tanpa membeli dan tidak perlu repot tentang urusan packing dan pengiriman. Menjadi dropshipper hanya perlu mengandalkan pemasaran dan akan mendapat komisi penjualan dari produsen.

2. Menjadi penulis

Menulis adalah passion kamu? Kenapa tidak dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan penghasil cuan? Kamu bahkan bisa menjadikan ini sebagai profesi bergengsi, loh. Beberapa profesi penulis yang tersedia adalah content writer, copywriter, technical writer, penulis buku, UX writer, dan ghostwriter.

Media menulis pun sudah tersedia banyak, mulai dari blog, website, juga melalui agen penulisan. Bila sudah memiliki portofolio, kamu bisa menawarkan jasa menulis ke lebih banyak klien. 

3. Penerjemah

Keahlian kamu berbahasa asing rupanya bisa menjadi modal utama berbisnis, loh. Salah satunya adalah menjadi penerjemah. Tak terbatas pada bahasa Inggris, permintaan penerjemahan kini makin luas seperti bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, dll.

Yuk, mulai pasang iklan dan promosikan jasa kamu. Melansir Himpunan Penerjemah Indonesia, acuan harga jasa penerjemah adalah mulai Rp250 ribu per 250 kata (Indonesia ke Inggris dan sebaliknya).

4. Bikin blog

Memulai bisnis sampingan ini cukup mudah. Kamu bisa menggunakan layanan blog gratis seperti WordPress dan Blogger. Isi blog kamu dengan konten-konten bermanfaat. Bila pengunjung sudah makin banyak, kamu bisa mendaftarkan blog ke Google AdSense dan menerima cuan dari iklan.

5. Jasa periklanan digital

Ada Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya. Platform-platform periklanan ini bisa jadi pilihanmu untuk memulai jasa iklan digital. Target pasar utamanya adalah para pemilik usaha/bisnis yang sedang beralih ke go digital. Keahlian digital advertising bisa dipelajari melalui beberapa platfrom populer misalnya Facebook Blueprint ataupun HubSpot Academy.

6. Jasa desain grafis

Masih banyak pemilik bisnis yang tak punya keahlian desain grafis. Nah, peluang emas ini sebaiknya kamu manfaatkan menjadi usaha sampingan. Beberapa kebutuhan desain yang populer adalah desain logo, desain kemasan, desain poster/banner, desain company profile, desain maskot, dll.

7. Jasa membuat website toko online

Sudah zamannya digitalisasi, makin banyak pemilik usaha yang ingin membuat website atau toko online. Mengapa? Tentu agar bisa menjangkau lebih banyak audiens dan pembeli potensial. Manfaatkan peluang ini untuk membuka jasa membuat website dan toko online

Ide Bisnis Sampingan Offline

Lebih tertarik membuka bisnis secara offline? Ini daftar ide usaha yang bisa dijadikan inspirasi!

1. Tutor les privat

Usaha sampingan menjadi tutor les privat dinilai menguntungkan dan tidak pernah mati. Alasannya, karena masih banyak orangtua yang merasa kesulitan ketika mengajari sendiri anak-anak mereka. Selain karena tak sempat, orangtua tentu lebih mempercayakan pengajaran dari ahlinya.

Mulai dari les membaca, matematika, bahasa Inggris, hingga menggambar dan musik; kamu bisa mengalihkan keahlian diri menjadi tutor les. Untuk menarik minat calon murid, tawarkan jadwal fleksibel dengan metode pembelajaran yang tidak membosankan.

2. Jasa laundry sepatu

Tak butuh modal banyak layaknya laundry baju, jasa ini bisa dimulai meski dengan modal pas-pasan. Siapa target market-nya? Pegawai kantor, mahasiswa, hingga kolektor sepatu pasti akan tertarik menggunakan jasa ini. Pastikan kamu menggunakan sabun cuci dan alat khusus untuk membersihkan sepatu, ya.

3. Menjadi pedagang musiman

Pernah melihat mobil pribadi yang disulap menjadi toko? Nah, bila kamu memiliki kendaraan dan bingung memilih bisnis sampingan, jadi pedagang musiman saja! Tidak perlu sewa tempat, manfaatkan bagian belakang mobil kamu untuk menyusun barang-barang, lalu stand by di tempat-tempat ramai seperti taman kota atau stadion olahraga.

Ada banyak produk yang bisa dijual, seperti masker, baju anak, boneka, kacamata, makanan kemasan, hingga sayuran segar. Tidak perlu berjualan setiap hari dan di tempat yang sama, kamu bisa dengan leluasa memilih lokasi dan waktu yang paling ramai.

4. Jasa menjahit

Kamu bisa dan suka menjahit? Jangan sia-siakan keterampilan satu ini. Bukalah bisnis kecil-kecilan dengan mulai menerima pesanan jahitan dari tetangga atau rekan kerja. Lebih menarik lagi, usahakan kamu menambah keahlian menjahit dengan spesialiasi, contohnya jahit tas, kebaya, atau baju pengantin.

5. Menjadi agen properti

Jam kerja fleksibel dengan komisi menggiurkan; menjadi agen properti bisa jadi ide bisnis sampingan yang kamu cari-cari. Selain menambah relasi, bila klien deal untuk membeli, kamu punya peluang mendapatkan komisi sebesar 2 sampai 5 persen dari nilai transaksi.

Sementara itu, untuk sewa menyewa, menurut peraturan pemerintah, kamu bisa mendapat imbal jasa sekitar 5 sampai 8 persen. Cukup tinggi, bukan? Bayangkan saja bila kamu berhasil menjual hunian seharga Rp500 jutaan, maka potensi komisi yang didapat mencapai Rp20-an juta.

6. Jasa katering

Hobi bisa jadi inspirasi bisnis, loh. Kamu suka memasak dan banyak yang menyukai masakanmu, misalnya, manfaatkan potensi ini untuk memulai usaha jasa katering. Target pasarnya beragam, mulai dari anak sekolah, pekerja kantoran, pekerja pabrik, rumah sakit, hingga rumah tangga. Tidak terbatas itu, ada juga konsumen yang tertarik dengan tren katering kekinian, yakni katering sehat untuk diet.

Kamu bisa mulai menyusun menu harian yang tidak hanya mengandalkan rasa yang enak tetapi juga sehat dan bergizi lengkap. Setelah itu, promosikan ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. Bila laris, kamu bisa mulai mempromosikannya ke sosial media.

7. Membuka warung sembako

Manfaatkan ruang di rumah untuk toko sembako dan jual barang-barang kebutuhan pokok seperti telur, beras, gula, dan minyak goreng. Salah satu strategi menarik calon pembeli adalah dengan menawarkan paket hemat. Contohnya, paket berisi minyak goreng, beras, gula pasir, teh, dan mi instan.

Selain itu, kamu juga bisa menjual produk lain seperti makanan ringan, minuman, alat tulis, dan lain-lain. Tips penting: lakukan riset harga sebelumnya. Bila beruntung, kamu bisa mendapat supplier dengan penawaran harga bersaing dan bersedia mengantar sampai ke depan rumah.

Itulah ide-ide kreatif bisnis sampingan yang bisa dijalankan dari rumah, online maupun offline. Dari daftar di atas, bisnis yang mana yang sudah kamu jalankan?

Ingin pelanggan lebih banyak dan omzet naik? Gabung yuk bersama Juragan DOKU! Tak cuma menikmati fitur pembayaran digital canggih, kamu juga bisa membuat e-katalog dan mengikuti pelatihan bisnis gratis! Jangan berlama-lama lagi, download DOKU melalui App Store atau Play Store sekarang!