Mau Buka Bisnis? Belajar Cara Membuat QRIS Dulu, Yuk!

Cara membuat QRIS

Cara Membuat QRIS – Penasaran bagaimana cara membuat QRIS? Kamu bisa mempelajari step-by-step-nya di artikel berikut!

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak metode pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Salah satunya adalah metode pembayaran digital yang dilakukan dengan memindai QRIS. 

Dengan adanya QRIS, customer dapat melakukan pembayaran secara cashless dengan mudah dan cepat. Customer pun tidak perlu repot-repot berganti e-Wallet hanya untuk menyesuaikan e-Wallet merchant.

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh dengan membuat QRIS. Oleh karena itu, yuk, kenali bagaimana cara membuat QRIS di artikel berikut!

Read more: Makin Banyak! 3 Sistem Pembayaran Non Tunai yang Ada Saat Ini

Apa Itu QRIS?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat QRIS, akan lebih baik jika kamu mengetahui lebih dahulu apa yang dimaksud dengan QRIS.

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Dari singkatannya saja, kamu sudah bisa menebak bahwa QRIS adalah QR code yang menjadi standar dari QR code pembayaran digital di Indonesia.

QRIS merupakan sebuah inovasi yang dibuat oleh Bank Indonesia. Inovasi ini muncul dalam bentuk satu jenis QR code yang bisa dipindai menggunakan beragam aplikasi pembayaran–salah satunya adalah e-Wallet.

Sebelum ada QRIS, kamu perlu menyesuaikan QR code dengan e-Wallet apa yang tersedia di merchant. Jika merchant tersebut tidak menyediakan QR code untuk e-Wallet yang kamu pakai, maka pembayaran cashless pun jadi tidak bisa dilakukan.

Nah, adanya QRIS bisa mengatasi permasalahan ini. 

Berbagai macam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang mengeluarkan produk berupa e-Wallet diwajibkan untuk menyediakan fitur untuk memindai QR code QRIS. Dengan demikian, e-Wallet mana pun bisa digunakan untuk melakukan pembayaran cukup dengan menggunakan satu QRIS untuk setiap merchant

Seperti Apa Tampilan QRIS?

Sebagian besar dari kita mungkin sudah pernah melihat tampilan QRIS berupa QR code. Akan tetapi, banyak dari kita yang belum tahu bahwa QRIS sebenarnya ada beberapa macam. Jenis QRIS yang paling sering kita lihat adalah QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Statis.

Pada jenis MPM tersebut, tampilan QRIS akan memiliki beberapa komponen berikut:

  1. Logo QRIS dan kepanjangannya.
  2. Logo GPN
  3. Nama merchant
  4. NMID (National Merchant ID), yaitu nomor registrasi merchant yang diperoleh setelah melakukan registrasi di QRIS
  5. TID (Terminal ID)
  6. QR code yang spesifik untuk merchant tersebut
  7. Slogan ‘Satu QRIS untuk Semua’
  8. Penjelasan singkat mengenai cara menggunakan QRIS
  9. Informasi mengenai situs QRIS 

Jenis-Jenis QRIS

Jenis-jenis QRIS bisa kamu lihat di penjelasan berikut:

  1. Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Dengan jenis QRIS ini, merchant cukup memajang printout atau stiker QRIS di tempat usahanya. Untuk melakukan pembayaran, customer cukup melakukan scan QR code, memasukkan nominal yang perlu dibayar, memasukkan PIN, dan melakukan konfirmasi pembayaran.

  1. Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

QR code untuk jenis MPM ini akan dicetak/ditampilkan pada suatu alat (bukan kertas seperti pada MPM Statis). Untuk menggunakannya, merchant perlu memasukkan nominal yang dibutuhkan terlebih dahulu, lalu customer melakukan scan kode yang ditampilkan atau dicetak.

  1. Customer Presented Mode (CPM)

Berkebalikan dengan MPM, pada CPM pelanggan menujukkan QRIS dari aplikasi pembayaran yang dimilikinya. Biasanya merchant sudah menyediakan alat scan QRIS sendiri yang sifatnya tidak mobile.

Tipe QRIS CPM ini biasa digunakan pada merchant-merchant yang digunakan secara massal, misalnya seperti penyedia transportasi, parkir, atau self-checkout counter pada bisnis retail. 

Pentingnya Daftar QRIS untuk Bisnis

Mengapa sih penting sekali untuk daftar QRIS? Beberapa alasannya adalah sebagai berikut.

  1. Dengan QRIS, customer bisa melakukan pembayaran dengan lebih mudah

Customer tidak perlu lagi menyiapkan uang tunai untuk membayar tagihan belanjanya. Cukup bawa smartphone dan pastikan smartphone terkoneksi ke internet–pembayaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

  1. QR Code yang universal

QRIS bisa mengakomodasi perbedaan aplikasi pembayaran yang digunakan customer. Dalam artian, QR code yang ditampilkan/dicetak bisa di-scan dan diproses menggunakan aplikasi pembayaran apa pun yang digunakan customer.

  1. Menghindari uang palsu

Selain agar pembayaran bisa dilakukan lebih mudah, dengan menggunakan QRIS kamu bisa menghindari kemungkinan menerima uang palsu. Bagaimanapun juga, kamu menerima pembayaran secara cashless (nontunai), bukan?

  1. Tidak perlu menyediakan banyak uang kembalian

Salah satu kendala yang dihadapi ketika menggunakan sistem pembayaran tunai adalah kebutuhan akan uang kembalian. 

Dengan pembayaran cashless, tentunya kendala ini bisa dicegah. Sebab, customer bisa melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang ditagihkan saja. 

  1. Transaksi bisa tercatat dengan lebih mudah

Dengan QRIS, transaksi yang kamu terima bisa terekam secara otomatis. Nantinya, data ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pembukuan dengan lebih mudah. Tidak perlu lagi menuliskan data penjualan menggunakan buku!

Hal ini juga bisa membantumu untuk menekan biaya pengelolaan kas. Di samping itu, tindak kecurangan yang terjadi karena adanya pembukuan transaksi tunai juga bisa dihindari. 

Bagaimana Cara Daftar QRIS?

Cara mendaftar QRIS bisa kamu lakukan dengan mudah, kok. Dilansir dari situs resmi QRIS, berikut ini adalah cara membuat QRIS untuk bisnis kamu.

  1. Pertama, kunjungi situs resmi QRIS dan lakukan registrasi. 

Situs resmi QRIS bisa kamu akses di qris.id Lalu, klik ‘Daftar QRIS’. 

  1. Siapkan dokumen dan mulai isi formulir

Lanjutkan dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan serta isi formulir yang tertera di situs tersebut. Dokumen yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung dari jenis usaha yang akan didaftarkan. Misalnya:

  • Untuk jenis usaha perseorangan, dokumen yang dibutuhkan adalah KTP dan  nomor KK pemilik nama pada KTP yang terdaftar.
  • Untuk badan usaha, dokumen yang dibutuhkan adalah KTP pemilik usaha dan nomor KK, file scan Akte Perusahaan, NPWP Perusahaan, NIB/SIUP, dan surat kuasa (jika pendaftaran diwakilkan).

Untuk jenis usaha lain, kamu bisa lihat detail dokumen yang dibutuhkan di situs resmi QRIS. Setelah menyiapkan dokumen, lanjutkan pengisian formulir hingga selesai.

  1. Setelah pengisian formulir, kamu akan diarahkan untuk membayar pendaftaran QRIS dengan e-Wallet. Untuk QRIS jenis MPM statis, kamu hanya perlu membayar Rp28.000,00 untuk mendapatkan softcopy QR code yang bisa dicetak nantinya.
  2. Username dan password akan dikirimkan ke email dan WhatsApp-mu setelah pembayaran selesai dilakukan. Setelah itu, lakukan login di dashboard QRIS dengan memasukkan username dan password tersebut.
  3. Lakukan upload file dokumen  yang dipersyaratkan. Jika sudah selesai, kamu hanya perlu menunggu pengajuanmu selesai diproses. Prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari kerja.
  4. Ketika pengajuanmu selesai diproses, kamu akan mendapatkan NMID dan QR code yang bisa dicetak langsung.
  5. Jika terdapat kesalahan/ketidaksesuaian data, pihak QRIS akan menginformasikannya kepadamu baik melalui WhatsApp maupun email. 

Apabila terdapat data yang perlu direvisi/dilengkapi, maka kamu akan diminta untuk melakukan revisi atau melengkapi data terlebih dahulu.

Nah, itulah informasi mengenai cara membuat QRIS. Ternyata, cara buat QRIS tidak susah, ya!

Daftar QRIS Lebih Mudah Dengan DOKU

Sebagai platform pembayaran pertama di Indonesia, kamu bisa menggunakan DOKU untuk berbagai transaksi pembayaran–termasuk juga pembayaran QRIS.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!