7 Strategi Biar Nggak Salah Rekrut Karyawan Usaha

cara merekrut karyawan untuk usaha

Gimana sih cara merekrut karyawan untuk usaha biar kamu nggak salah pilih orang? Strategi berikut bakal bikin kamu sukses merekrut karyawan hebat.

Sudah pasang pengumuman lowongan kerja dimana-mana, tetapi belum banyak yang melamar? Apakah itu berarti orang zaman sekarang malas? Belum tentu! Bisa jadi kamu nggak mengikuti cara merekrut karyawan untuk usaha yang benar.

Menawarkan posisi bagus dan gaji menggiurkan ternyata nggak cukup untuk memikat calon karyawan. Cara kamu membuat iklan lowongan kerja bisa menentukan apakah orang bakal berminat melamar atau nggak.

Gimana caranya agar orang tertarik melamar ke tempat kerjamu? Inilah tujuh strategi membuat iklan rekrutmen yang dijamin mengundang banyak peminat.

Read More: 15 Usaha Kuliner Modal Kecil yang Auto Cuan Tiap Hari

1. Ciptakan Iklan Rekrutmen yang Mencerminkan identitas Perusahaan

Iklan rekrutmen ideal sebaiknya mencerminkan identitas perusahaan. Kamu bisa menunjukkannya dalam desain poster, kombinasi warna, serta kata-kata dan gaya bertutur yang digunakan.

Cerminan identitas perusahaan ini sama pentingnya seperti isi perusahaan, lho. Bayangkan jika perusahaan besar atau modern hanya menggunakan selembar kertas putih murah, kamu pasti susah percaya, ‘kan?

Gimana kalau bisnis kamu masih kecil atau belum mampu menyewa desainer grafis? Jangan khawatir. Kamu bisa cari template desain untuk membuat poster dan iklan lowongan kerja. Banyak di antara mereka yang gratis dan tetap terlihat profesional.

2. Pastikan Iklan Rekrutmen Spesifik 

Jika kamu membutuhkan karyawan dengan keahlian spesifik, pastikan isi iklan lowongan kerjamu jelas. Jangan sampai kamu merekrut orang yang salah hanya karena mereka tidak tahu keahlian macam apa yang dibutuhkan.

Hindari hanya menyantumkan informasi seperti, “Dicari: manajer”. Pastikan menyantumkan nama posisi yang lebih spesifik (misalnya: “manajer promosi dan pemasaran”). Jangan lupa beri deskripsi singkat tentang tugas yang akan dilakukan.

Lowongan kerja yang spesifik adalah kunci cara merekrut karyawan untuk usaha yang tepat. Kamu bisa menemukan karyawan yang cocok dan mampu meningkatkan usahamu. Kamu juga nggak perlu buang-buang waktu mewawancari orang yang tidak tepat.

3. Fokus Pada Portfolio dan Pengalaman 

Hindari memajang persyaratan yang tidak “nyambung” dengan kualifikasi pekerjaan di bisnismu. Selain bisa membuatmu gagal mendapat kandidat yang baik, pencari kerja masa kini semakin kritis tentang lowongan kerja!

Pastikan kamu fokus pada portfolio dan pengalaman seseorang. Hindari menolak kandidat hanya karena mereka terlihat tidak bekerja selama beberapa tahun, misalnya. Bisa saja mereka baru melahirkan atau mengalami PHK dan susah cari kerja.


Dengan fokus pada pengalaman dan portfolio, kamu akan lebih bisa menyaring kandidat yang memenuhi syarat. Perusahaan kamu juga akan mendapat nilai positif di kalangan pencari kerja sehingga berkas lamaran yang masuk juga akan bertambah.

4. Optimalkan Media Sosial untuk Menarik Kandidat yang Tepat 

Jangan salah, media sosial bisa jadi tempat yang bagus untuk mencari kandidat karyawan! Kamu bisa mendapat calon kandidat ideal dengan menyusuri media sosial, terutama jika incaranmu adalah karyawan muda. Strategi ini bahkan ada namanya: social recruiting.

Tren social recruiting kini semakin marak, terutama di era digital di mana banyak orang membagikan hasil karya, publikasi, atau kerja mereka di medsos. Generasi muda juga banyak yang mencari kerja lewat medsos sehingga perusahaan harus beradaptasi.

Ada beberapa cara merekrut karyawan untuk usaha yang bisa kamu lakukan lewat social recruiting. Inilah beberapa contohnya:

– Menggunakan Tagar Spesifik

Jika akun perusahaanmu ingin merekrut orang dengan keahlian tertentu, gunakan tagar yang tepat. Misalnya, kamu bisa menggunakan #lowongandesaingrafis atau #lowonganhrd. Sertakan tagar ini dalam iklan lowongan kerjamu.

– Menghubungi Kandidat Potensial Langsung

Cara ini cocok untuk media sosial berbasis karier seperti LinkedIn. Kamu bisa mencari profil orang-orang dengan keahlian spesifik, mengecek status kerja mereka, lalu langsung mengirim pesan. Cocok jika kamu mencari orang dengan pengalaman spesifik.

Strategi ini juga bisa kamu gunakan di akun media sosial lain. Akan tetapi, pastikan kandidat yang kamu hubungi membagikan kualifikasi meyakinkan di akun mereka atau mudah diajak berkomunikasi, ya.

– Gunakan Iklan Berbayar

Jika kebutuhan akan karyawan tidak bisa kamu tunda, kamu bisa menggunakan fasilitas iklan berbayar di media sosial (ads). Postingan yang kamu daftarkan sebagai iklan akan disebar dan diekspos lebih banyak dibandingkan postingan biasa.

Kalau kamu mendaftarkan usahamu di akun khusus perusahaan di Facebook, kamu akan mendapat tab Job Openings. Di sini, pengunjung halamanmu bisa langsung mengakses semua lowongan kerja yang kamu buat.

5.Optimalkan Referensi dalam Proses Seleksi

Referensi bisa menjadi sarana pendukung untuk membuat penilaian yang lebih adil dan rinci. Walau tidak wajib, referensi bisa menjadi nilai plus untuk memeriksa latar belakang pelamar kerja.

Sebelum mulai mengecek referensi pelamar kerja, pastikan kamu mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  • Pastikan informasi dari sumber referensi mendukung semua yang disampaikan di CV/wawancara
  • Perlalukan setiap pelamar kerja dengan adil dan tetap pertimbangkan keahlian serta portfolio
  • Ketika menghubungi sumber referensi, fokus pada informasi yang berkaitan dengan posisi yang kamu tawarkan saat ini
  • Perlakukan setiap jenis informasi yang dipertukarkan secara rahasia

Ingat, nggak semua calon karyawan bisa menyediakan referensi, misalnya karena tempat kerja sebelumnya tutup/bangkrut atau memang bukan sumber referensi yang bagus. Jadi, jangan terlalu berpatokan pada syarat ini, walau penting.

6. Buat Beberapa Saluran Rekrutmen 

Cara merekrut karyawan untuk usaha di era digital harus kreatif, tetapi bukan berarti cara tradisional nggak manjur, lho. Jika kamu memang butuh banyak karyawan dan tenaga ahli, misalnya, kamu harus buat beberapa saluran rekrutmen.

Semakin banyak saluran rekrutmen yang kamu sediakan, semakin banyak pula kemungkinan orang melamar. Selain media sosial, kamu bisa gunakan situs perusahaan, job fair, koran, poster di sekolah dan kampus, dan direktori seperti Jobstreet.

7. Pastikan Proses Wawancara Dilakukan Ahlinya 

Akhirnya, jangan sampai kamu gagal mendapat kandidat bagus hanya gara-gara wawancara yang nggak berkualitas! Orang yang mewawancarai kandidat harus paham seluk-beluk lowongan yang ditawarkan dan mampu menganalisis aspek psikologis kandidat.

Jika mungkin, ada baiknya proses wawancara dilakukan dua orang: satu perwakilan dari departemen yang posisinya dijadikan lamaran kerja, dan satunya dari HRD. Keduanya mampu mengulik kecakapan kandidat dari berbagai aspek.

DOKU, Kunci Bisnis Sukses Selain Karyawan Keren

Merekrut karyawan berkualitas bukan satu-satunya kunci kesuksesan bisnis, lho!

DOKU adalah platform pembayaran digital yang bisa kamu jadikan kunci kesuksesan dalam pengembangan bisnis. Selain menyediakan berbagai alternatif pembayaran, DOKU membantumu membuat invoice atau tautan pembayaran untuk Whatsapp.

DOKU juga memiliki fitur untuk pemilik usaha kecil atau usaha mandiri. Kamu bisa membuat katalog toko online lengkap dengan integrasi ke berbagai saluran pembayaran. Kamu juga tidak perlu lagi membuat terlalu banyak rekening bank untuk mengakomodasi semuanya.

Bagaimana dengan keamanannya? DOKU diawasi oleh OJK dan Bank Indonesia sehingga kamu tidak perlu khawatir. Sama seperti strategi keamanan dalam mencari kandidat tepat, kamu pun bisa menerapkan prinsip kehati-hatian dengan cara menggunakan DOKU.
Melakukan strategi rekrutmen yang tepat penting sebagai cara merekrut karyawan untuk usaha biar sukses.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!