Mengenal Lebih Dalam 7 Strategi Contoh Perusahaan Dagang Besar di Indonesia

contoh perusahaan dagang

Apa saja strategi yang dipakai perusahaan perdagangan besar di Indonesia? Berikut ini tujuh contoh perusahaan dagang beserta strategi yang mereka terapkan.

Di Indonesia, jenis perusahaan dibedakan menjadi perusahaan ekstraktif, perusahaan agraris, perusahaan industri, perusahaan perdagangan, dan perusahaan jasa. Dari lima jenis perusahaan ini, perusahaan perdagangan menjadi salah satu jenis usaha yang banyak diminati pelaku bisnis. Ada sangat banyak contoh perusahaan dagang di Indonesia, mulai dari usaha kecil, menengah, hingga besar.

Yang membedakan dengan jenis perusahaan lainnya adalah perusahaan dagang tidak melakukan proses produksi dan proses bisnisnya meliputi membeli barang, menyimpan, dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Selain jual beli barang, komersialisasi produk, pengiriman dan logistik, pemasaran atau branding, dan pengembangan pasar menjadi hal penting dalam perusahaan perdagangan.

Karena itulah, setiap perusahaan dagang memiliki strategi mereka masing-masing. Nah, di kesempatan kali ini, kami akan membahas strategi apa saja sih yang diterapkan tujuh perusahaan dagang besar di Indonesia. Baca terus artikel ini.

PT Indomarco Prismatama (Indomaret)

contoh perusahaan dagang

Siapa sih yang tidak kenal dengan toko retail Indomaret? Gerai Indomaret hampir bisa ditemukan di mana pun, mulai dari jalan raya yang strategis, lokasi wisata, rest area, sekolah, perkantoran, kampus, hingga daerah perumahan. Minimarket, yang menjual segala kebutuhan pokok dan sehari-hari ini, sudah berdiri sejak tahun 1988.

PT Indomarco Prismatama menerapkan beberapa strategi dalam bisnisnya hingga menjadikannya perusahaan dagang raksasa yang kita kenal saat ini. Strategi jitu pertama adalah pemilihan lokasi yang cukup strategis.

Dengan penempatan lokasi yang mudah dijangkau masyarakat, Indomaret hampir bisa dipastikan tidak pernah sepi pengunjung. Indomaret juga tidak melewatkan tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang seperti tempat wisata dan perkantoran. 

PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT)

Nah, perusahaan satu ini merupakan saingan Indomaret. Hampir di banyak tempat, kita temui gerai Indomaret yang berlokasi cukup berdekatan dengan gerai Alfamart. Sama halnya dengan Indomaret, Alfamart juga menyediakaan kebutuhan pokok sehari-hari baik grosir maupun eceran.

Strategi bisnis PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk adalah dengan menambah gerai untuk meningkatkan volume penjualan. Alfamart juga akan memanfaatkan teknologi yang saat ini sudah sangat banyak dipakai oleh masyarakat untuk berbelanja. Sedangkan menaikkan harga akan menjadi opsi terakhir.

Alfamart juga menerapkan merchandise plans. Strategi ini dilakukan dengan memosisikan barang di tempat, waktu, kuantitas, dan harga yang sesuai. Karyawan Alfamart juga dituntut untuk membersihkan display produk dan memastikan barang tidak kedaluwarsa.

PT Matahari Store

Contoh perusahaan dagang besar selanjutnya adalah PT Matahari Store. Telah dibangun lebih dari 60 tahun, PT Matahari Store memiliki 156 gerai di 81 kota dengan puluhan ribu karyawan. Perusahaan retail ini juga memiliki sekitar 850 pemasok dari dalam maupun luar negeri.

Konsep yang diusung oleh PT Matahari Store adalah Family Tree dengan 5 world, yaitu ladies world, shoes world, men’s world, youth world, dan children world. Strategi manajemen yang diterapkan yaitu memberi kemudahan bagi pembeli untuk melakukan transaksi ke berbagai jenis pembelian. Pricing dan promotional strategy juga menjadi kunci sukses perusahaan ini.

PT Matahari Store senantiasa melakukan survei kepuasan pelanggan dan memastikan kenyamanan pelanggan selama berbelanja di gerai Matahari. Berbagai fasilitas disediakan seperti kamar ganti, ruang duduk, kamar kecil, hingga layanan bungkus kado.

PT Akbar Indo Makmur Stimec Tbk. (AIMS)

Sudah berdiri sejak tahun 1998, PT Akbar Indo Makmur Stimec Tbk. (AIMS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan batu bara. Setelah masa pandemi, AIMS menetapkan tiga program dan strategi untuk menumbuhkan bisnis mereka.

Program dan strategi ini meliputi penyelesaian Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Khusus (IUP-OPK), kegiatan pengangkutan dan penjualan batu bara, dan memperoleh izin sebagai Eksportir Terdaftar (ET). 

Selain itu, AIMS berupaya menambah kuota batu bara, mendapatkan pelanggan baru, dan melakukan trading sendiri. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mendapatkan pendanaan serta bekerja sama dengan pelabuhan Nuansa Sakti Kencana (NSK).

PT Ace Hardware Indonesia Tbk

contoh perusahaan dagang

PT Ace Hardware Indonesia Tbk didirikan sejak tahun 1995 dan merupakan pemegang lisensi tunggal ACE Hardware Indonesia. Sudah ada lebih dari 150 gerai toko Ace Hardware dengan berbagai produk kebutuhan rumah tangga, elektronik kantor, pembersih, elektronik dapur, hingga peralatan kecantikan.

Berdasarkan laporan 2021, ACE Hardware memiliki tiga strategi dalam kegiataan usahanya. Tiga strategi ini adalah sustainable workplaces, sustainable workforces, dan sustainable business. Dalam sustainable workplaces, perusahaan memiliki komitmen menciptakan tempat kerja yang ramah lingkungan. 

Sustainable workforces berfokus pada wellbeing humanity, education, green habits, dan disaster relief. Sedangkan dengan sustainable business, PT Ace Hardware akan menghadirkan produk unggul yang mengutamakan ciri khas budaya Indonesia.

PT Gramedia Asri Media

Contoh perusahaan dagang yang satu ini menyediakan berbagai jenis buku, perlengkapan alat tulis, kantor, musik, dan olah raga. Perusahaan yang sudah didirikan sejak tahun 1970 ini telah bekerja sama dengan penerbit-penerbit besar baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam aktivitas retailnya, Gramedia menggunakan merchandise plan, yaitu menempatkan gerai-gerai di mall-mall besar di hampir seluruh kota di Indonesia. Kemudahaan pembayaran baik cash maupun cashless juga menjadi prioritas. Pricing strategy yang dipakai Gramedia adalah memberikan penawaran khusus seperti Back to School atau New Year Promo.

Srategi lainnya adalah promotional strategy. Promotional strategy ini mencakup pemasangan spanduk yang menarik perhatian, diskon pembelian, bursa buku murah, dan konten-konten menarik di berbagai platform media sosial. 

PT Hypermart

PT Hypermart merupakan salah satu jaringan supermarket terbesar di Indonesia. Perusahaan ini awalnya dimulai di tahun 1958 dengan toko kecil bernama Mickey Mouse di Pasar Baru, Jakarta. Strategi ekspansi yang agresif dari Hypermart membuatnya memiliki lebih dari 250 gerai di banyak kota di Indonesia.

Strategi bisnis yang dipakai PT Hypermart adalah menyediakan produk yang lengkap, menetapkan harga produk di bawah harga pasar, menggunakan sosial media sebagai media promosi, menggunakan YouTube untuk menginformasikan produk, dan menyediakan sistem belanja online.

Menentukan lokasi gerai yang strategis dan mengedepankan tata letak dan desain gerai yang rapi guna meningkatkan pengalaman belanja konsumen juga menjadi kunci utama keberhasilan PT Hypermart. PT Hypermart juga kerap memberikan promo menarik di event-event spesial seperti lebaran, natal, tahun baru, imlek, dan banyak lagi.

Baca juga: Daftar Bisnis Omset 50 Juta per Bulan, Hasilkan Untung Besar!

Itu tadi berbagai strategi dari tujuh contoh perusahaan dagang terbesar di Indonesia. Apakah kamu sudah cukup terinspirasi? Nah, buat kamu yang juga tertarik dengan jenis bisnis perdagangan, pastikan untuk bergabung dengan Juragan DOKU. Sahabat penjualan UMKM dari DOKU yang merupakan Platform payment gateway pertama di Indonesia ini tidak hanya akan membantumu mengelola keuangan usaha, tetapi juga menyelenggarakan pelatihan bisnis gratis secara online yang bisa diikuti oleh para merchant.

Juragan DOKU

Di samping itu, Juragan DOKU juga punya beragam fitur menarik di dalamnya. Mulai dari fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa memperbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog untuk membuat toko online sendiri, juga QRIS yang bisa menerima pembayaran dengan satu kode QR.

Semuanya dapat membantu meningkatkan omzet penjualan dengan menjangkau lebih banyak pelanggan. Di samping itu, Juragan DOKU juga menjadi sarana untuk membawa usaha yang bergerak di bidang makanan disebut usaha kuliner ini Go Digital. Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Daftar jadi bagian dari Juragan DOKU sekarang juga! Caranya sangat mudah, cukup install aplikasinya di smartphone melalui Play Store ataupun App Store sekarang juga. Di samping itu, kamu juga bisa mendaftar lewat tautan berikut ini. Gabung Juragan DOKU, terima pembayaran lancar, usaha pun makin gencar!