Evolusi Sistem Pembayaran: Bertransaksi Lebih Praktis atau Jadi Rumit?

evolusi pembayaran

Sistem pembayaran di Indonesia mengalami evolusi dari masa ke masa. Perubahan ini terjadi dilatarbelakangi oleh berbagai faktor seperti perubahan aturan, peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) hingga perkembangan teknologi dan instrumen pembayaran di Indonesia. Menurut Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, evolusi digital dan teknologi finansial adalah perubahan besar yang fundamental dan tak bisa diabaikan.

Pergerakan sistem pembayaran pun berubah dalam bentuk platform yang merupakan bagian dari digitalisasi finansial dimana sebelumnya, transaksi dilakukan secara konvensional seperti pembayaran tunai. Evolusi tersebut terjadi pada fondasi sistem pembayaran dan dilanjutkan evolusi perkembangan teknologi finansial (fintech). Fintech menjadi salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Hal itu diperkuat dengan capaian nilai transaksi ekonomi digital yang tumbuh 22% (2022) jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Dengan adanya fintech yang kini semakin banyak, maka hal ini bisa menciptakan efisiensi dan layanan keuangan yang mudah di akses banyak orang. Layanan fintech bisa digunakan bagi mereka yang memiliki uang maupun pemilik bisnis. Ragam layanan fintech tersebut seperti e-Wallet, e-katalog, payment gateway dan remittance

Layanan Fintech bagi Pemilik Uang

Salah satu layanan fintech bagi pemilik uang adalah e-wallet. Kehadiran e-wallet menjadi kian populer dengan didukungnya infrastruktur digital saat ini. Menurut riset Insight Asia “Consistency that Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook” menunjukkan sebanyak 74% responden aktif menggunakan dompet digital. Data tersebut memperlihatkan adanya potensi bisnis untuk semakin berkembang dengan melengkapi infrastruktur pembayaran digital dengan layanan e-Wallet.

Terlebih lagi, dompet digital menjadi pilihan tertinggi oleh konsumen yakni sebanyak 81% (2022) sebagai metode pembayarannya. Ini menjadi salah satu evolusi pembayaran yang cukup menyita perhatian banyak orang, karena mudah digunakan ketika bertransaksi online. Kehadiran e-wallet sebagai metode pembayaran baru semakin memperluas opsi pembayaran bisnis dan mendukung pebisnis untuk mewujudkan kenyamanan pembayaran bagi  pelanggannya. Dengan mengadopsi e-wallet maka bisnis bisa semakin relevan dengan gaya hidup masyarakat masa kini dan ikut tumbuh di era digital.

evolusi pembayaran

Layanan Fintech bagi Pemilik Bisnis

Bagi pemilik bisnis terima dan kelola pembayaran pelanggan menjadi salah satu pilar penting yang menentukan kesuksesan bisnis. Oleh karena itu sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin digital, penting sekali bagi bisnis untuk menerapkan teknologi digital agar perputaran keuangan dan pelaksanaan kelola pembayaran bisnis menjadi semakin produktif dan efektif. Beberapa inovasi Fintech pembayaran dari sekian banyak layanan yang dikembangkan untuk mengakselerasi proses terima pembayaran bisnis adalah Payment Gateway, Remittance dan E-Katalog. Ketiga layanan tersebut tersedia di DOKU dan sudah banyak digunakan oleh merchant DOKU maupun mitra institusi domestik maupun global dari lintas kategori bisnis dan model bisnis. 

Payment Gateway (PG) merupakan solusi terima pembayaran handal dan aman yang membantu bisnis untuk terkoneksi dengan beragam metode pembayaran yang dimiliki perbankan maupun non perbankan dengan sekali proses integrasi (saat ini tersedia juga solusi tanpa integrasi yang cocok digunakan oleh UMKM). Solusi PG memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar lebih luas lewat online, mengelola pembayaran dari transaksi online lebih cepat (real-time), sehingga kesuksesan setiap transaksi menjadi lebih pasti dan semuanya tercatat dengan detail, dimana keakuratan dan transparansi data transaksi dapat terwujud. 

Berikutnya adalah layanan Remittance atau cross border transfer. Di DOKU, layanan inbound remittance yang berlandaskan kemitraan ini dimanfaatkan oleh perusahaan remitansi global di beberapa koridor negara kerja sama dengan pelanggan yang memiliki kebutuhan kirim dana ke Indonesia. Beberapa keunggulan dari layanan remitansi melalui Fintech pembayaran seperti DOKU adalah dana dapat langsung masuk ke rekening penerima di tanah air secara real-time tanpa si penerima harus datang ke gerai seperti alur yang biasa diterapkan oleh perusahaan remitansi konvensional.

evolusi pembayaran

Yang terakhir adalah e-Katalog. Inovasi Fintech yang ada di DOKU ini sangat mumpuni digunakan oleh para social sellers atau UMKM yang memiliki multi produk dan aktif berjualan di berbagai platform digital dan chat. Tidak perlu menunggu punya website atau terkoneksi dengan marketplace besar atau jasa logistik tertentu, seller dapat langsung gunakan e-katalog untuk mempromosikan barang/jasanya, menampilkan katalog produk, terima pembayaran pelanggan dan mengirimkan barang ke pelanggan yang sudah melunasi pembayaran transaksi. Solusi praktis dan ekonomis yang DOKU persembahkan agar jualan seller semakin gencar.  

Baca juga: Ragam Layanan DOKU untuk Dukung Digitalisasi Pembayaran

Demikian beberapa contoh layanan Fintech pembayaran yang saat ini digunakan oleh bisnis dengan beragam latar belakang dan kebutuhan. Evolusi sistem pembayaran dari tunai ke non-tunai menjadi semakin terasa perkembangan dan kecanggihannya dengan campur tangan teknologi digital. Tidak hanya model bisnis para merchant dan mitra pembayaran saja yang semakin berkembang, bisnis DOKU sendiri sebagai salah satu pionir Fintech pembayaran di Indonesia mengalami lompatan transformasi, dari penyedia layanan payment gateway menjadi perusahan teknologi pembayaran (paytech company) yang memiliki rangkaian produk terluas dalam satu platform.