Fintech & Bank, Bersaing atau Saling Melengkapi?

fintech

Kehadiran fintech menjadi solusi keuangan yang efisien dan cepat. Fintech dibagi menjadi beberapa bagian seperti teknologi pembayaran, layanan pinjaman online, dan investasi. Dalam dunia keuangan, fintech juga berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan dengan aksesibilitas yang lebih mudah jika dibandingkan dengan layanan keuangan konvensional. Sebagai pihak yang berpotensi untuk mempercepat tercapainya inklusi keuangan, saat ini semakin banyak langkah kolaborasi yang terjalin antara fintech dan perbankan untuk meningkatkan kinerja bersama sehingga kualitas layanan konsumen menjadi lebih baik lagi.

Seperti pada data yang dirilis oleh OJK pada 2022, Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan meningkat dibandingkan pada tahun 2019 dimana 85,1% naik dari sebelumnya 76,2%. Untuk semakin mendorong inklusi dan literasi keuangan, fintech juga harus melakukan berbagai hal, salah satunya menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan. Hal itu perkuat dengan hasil riset AFTECH kepada respondennya (anggota AFTECH) yakni sebanyak 62,9% menjalankan inisiatif literasi keuangan dengan bekerjasama dengan bank. 

Fintech

Dukungan Fintech untuk Bank Konvensional

Dengan bekerja sama, fintech dan bank bisa menyediakan layanan keuangan yang terjangkau, mudah, aman dan cepat. Selain itu, hubungan baik dengan sektor riil juga mampu menciptakan ekosistem ekonomi digital yang baik. Lantas, bagaimana fintech mendukung bank konvensional?

  1. Kolaborasi 

Banyak bank konvensional mengakui inovasi fintech, dan telah memilih untuk berkolaborasi dengan fintech. Kemitraan dan kolaborasi antara bank dan perusahaan fintech memungkinkan bank untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan kemampuan fintech sembari mendapatkan keuntungan dari basis pelanggan yang sudah mapan dan infrastruktur yang memadai.

  1. Inovasi

Fintech bertindak sebagai katalis untuk inovasi dalam industri perbankan. Dengan memperkenalkan teknologi, model bisnis, dan pendekatan baru, fintech mendorong bank konvensional untuk berinovasi, mengadopsi solusi digital baru dan meningkatkan layanan mereka agar tetap kompetitif.

fintech
  1. Transformasi Digital

Fintech mendorong bank konvensional untuk mempercepat upaya transformasi digital mereka. Bank ikut berkembang dalam teknologi, meningkatkan infrastruktur digital mereka, dan meningkatkan layanan online dan mobile banking mereka untuk memenuhi harapan pelanggan.

  1. Perluasan Pasar

Fintech dapat membantu bank konvensional dalam menjangkau segmen pelanggan baru dan memperluas kehadiran pasar mereka. Dengan bermitra dengan perusahaan fintech atau mengadopsi solusi dari fintech, bank dapat menawarkan layanan tambahan, seperti opsi pembayaran digital, untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Baca juga: Apa Itu QRIS? Intip Kepanjangan, Definisi, dan Manfaatnya, Yuk!

Berbagai dukungan yang dilakukan fintech merupakan hal baik untuk bersama tumbuh dengan bank konvensional guna mewujudkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Sebagai pionir payment gateway di Indonesia, DOKU sudah berkolaborasi dan menjadi bagian dari transformasi teknologi berbagai bank dan institusi finansial non perbankan  di Indonesia selama lebih dari 16 tahun. Kolaborasi ini sudah membantu banyak merchant DOKU maupun nasabah korporat dari mitra perbankan untuk mengimplementasikan sistem pembayaran digital yang tepat guna dan aman.